Profil SMA Taruna Nusantara

By August 31, 2020 September 12th, 2020 Uncategorized

Profil SMA Taruna Nusantara

 

Profil SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian.

Secara harfiah, Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Oleh karena itu, SMA Taruna Nusantara Magelang berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia.

 

Sekolah yang menggunakan tanah sumbangan Akmil seluas 18,5 hektar ini pembentukannya bermula dari ideMenhankam RI Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta.Dari ide beliau inilah kemudian dibentuk kerjasama antara ABRI dan Taman Siswa. ABRI melalui Yayasan Kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, sedang dari pihak Taman Siswa melalui Yayasan Kebangkitan Nasional.

Sekolah ini diresmikan oleh Pangab saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 hektare dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa dan komplek perumahan pamong (guru) ini merupakan sumbangan dari Akademi Militer yang berlokasi tidak jauh dari tempat itu. Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektare.

SMA Taruna Nusantara berlokasi di Jl. Raya Purworejo Km5, Magelang,diresmikan langsung oleh Panglima ABRI Jenderal TNI Try Sutrisno, dengan nama SMA Taruna Nusantara.

 

 

Profil SMA Taruna Nusantara

Berikut ini merupakan arti dari setiap lambang logo SMA Taruna Nusantara, yaitu :

  • Lingkaran bertuliskan ” SATU NUSA- SATU BANGSA – SATU BAHASA” bermakna kesatuan bangsa Indonesia
  • Segi Lima Sama Sisi merupakan unsur ABRI, bermakna Wawasan Kejuangan sebagai pembela Pancasila dan Undang-Uandang Dasar 1945.
  • Bunga Teratai merupakan unsur Taman Siswa, bermakna Wawasan Kebudayaan.
  • Merah Putih unsur persatuan dan kesatuan, bermakna Wawasan Kebangsaan.
  • Kepulauan Nusantara, bermakna perwujudan Wawasan Nusantara.
  • Segi Lima Sama Sisi dan Bunga Teratai, merupakan unsur ABRI-Taman Siswa, bermakna kerjasama abadi antara ABRI dan Taman Siswa.

 

 

Profil SMA Taruna Nusantara

VISI

Sekolah yang membentuk Kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional

 

MISI

  1. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berbudaya
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki potensi kepemimpinan yang bewawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan kenusantaraan
  5. Menyiapkan lulusan yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif, dan distingtif dalam aspek Akademik, Kepribadian dan Kesamaptaan Jasmani serta kamampuan IPTEK sehingga mempunyai daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Internasional

 

 

Profil SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara Memilik beberapa kegiatan ekstrakulikuler, diantaranya :

  • Olahraga bela diri: Karate, Pencak Silat, Taekwondo
  • Olahraga lain: Renang, Tenis, Bulu tangkis, Sepak bola, Atletik, Basket, Tenis Meja, Voli, Takraw, Panjat Tebing
  • Seni: Marching Band (GBNMB), Paduan Suara (Nusantara Voice), Teater Taruna Nusantara (Tetanus), Gendang Rampak, Tari dan Karawitan, Band (Dream Band), Buletin Prasasti, Pembawa acara (Dragon Voice), Tari Modern (Eternite).

Marching band adalah salah satu ekstrakurikuler kebanggaan SMA Taruna Nusantara yang termasuk sebuah kegiatan kesenian dan dengan demikian berada di bawah pengelolaan Seksi 2B OSIS. Marching Band ini dibentuk pada tanggal 10 April 1993.

  • Lain: Pramuka, Palang Merah Remaja

 

 

Profil SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantar memiliki sejumlah peleton siswa yang merupakan perwujudan latihan kepemimpinan dan berorganisasi. Terdapat empat peleton utama di SMA Taruna Nusantara.

  • Tonpara

Peleton Upacara (Tonpara) merupakan peleton yang pertama kali berdiri di SMA Taruna Nusantara, dengan nama awal Peleton Inti (Tonti). Tonpara awalnya terdiri dari 25 siswa terpilih dari setiap angkatan.

  • Bantara

Ambalan Taruna Nusantara (Bantara) beranggotakan pramuka penegak baik bantara maupun laksana yang jumlahnya kurang lebih 30 siswa dari setiap angkatan. Mereka terpilih melalui seleksi baik teknik kepramukaan maupun kepribadian. Peleton ini dipimpin oleh seorang Pradana. Tugas utama Bantara adalah menjadi pembina kepramukaan bagi siswa lain. Oleh karena itu, setiap anggota Bantara diharuskan memiliki kecakapan kepramukaan yang kuat dan kemampuan survival di alam.

  • PKS

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bertugas menegakkan disiplin dan memeriksa kerapian siswa. PKS terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi terpilih tiap angkatan yang terbagi dalam 8 kode.

  • Pataka

Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) adalah pasukan khusus pembawa Lambang SMA Taruna Nusantara: Satya Pataka Wira Negara. Pataka terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi terpilih tiap angkatan.

 

 

Profil SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara menyelenggarakan dua kurikulum yaitu Kurikulum Depdiknas dan Kurikulum Khusus SMA Taruna Nusantara.

Adapun kurikulum khusus terdiri atas tiga mata pelajaran, yaitu kenusantaraan, kepemimpinan dan bela negara.

 

Profil SMA Taruna Nusantara

Kurikulum Umum di SMA Taruna Nusantara, yaitu:

Untuk mengembangkan kemampuan para siswa terutama di bidang akademis, digunakan Kurikulum Nasional yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Saat ini Kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum 2013.

Profil SMA Taruna Nusantara

SMA TN mengutamakan tiga Wawasan yang digunakan untuk mendidik siswa-siswinya yaitu: Kebangsaan, Kejuangan, serta Kebudayaan. Selain itu, para siswa diberikan Kurikulum Khusus, sebagai tambahan dari Kurikulum Umum yang dbuat oleh Depdiknas, yang digunakan untuk meningkatkan 3 Wawasan tersebut, yaitu :

3 Mata Pelajaran :

  • Kepemimpinan
  • Kenusantaraan
  • Bela Negara

 

dan 4 Mata Kegiatan :

  • Rutin Terjadwal
  • Terprogram
  • Terproyek
  • Kreatif Mandiri

 

Sekian informasi tentang Profil SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Profil SMA Taruna Nusantara

Leave a Reply

×

Solusi Lulus Seleksi Taruna Nusantara

× Ada pertanyaan ? Hubungi kami