Informasi Biaya SMA TN 2021

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Informasi Biaya SMA TN 2021

 

 

 

Informasi Biaya SMA TN 2021– Berikut ini kami akan mengulas Informasi Biaya SMA TN. SMA TN atau yang biasa disebut SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah menengah atas dengan sistem asrama. Sekolah ini berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai dunia semi militer karena sangat menekankan nilai kejuangan, kebudayaan serta kebangsaan. SMA Taruna Nusantara memiliki akreditasi A. Memiliki Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan menggunakan kurikulum 2013. Berlokasi di Jalan Raya Purworejo Km.5, Banyurojo, Magelang Jawa Tengah.

 

Informasi Biaya SMA TN 2021

 

SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian. SMA TN memadukan berbagai aspek, yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani dan kemandirian yang terlihat dari pendidikan fisik dan disiplin.

Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Oleh karena itu, SMA Taruna Nusantara Magelang berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Informasi Biaya SMA TN 2021

 

Informasi Biaya SMA TN 2021

Biaya Seleksi Panitia Daerah :

A. Pendaftaran : Rp 300.000.

B. Biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi ditanggung oleh Casis/orang tua Casis.

C. Casis Beasiswa yang di biayai LPTTN tidak dikenakan biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi (kecuali Beasiswa Pemerintah Daerah) ;

D. Seleksi Akademik, Placement Test, Wawancara dan Parade tidak dipungut biaya

 

Biaya Seleksi Panitia Pusat di Magelang :

A. Transportasi & akomodasi Rp 150.000 /hari/Casis, selama seleksi ditanggung Casis.

B. Pemeriksaan Kesehatan Jiwa di RSJ Prof. dr. Soerojo ditanggung oleh Casis/orang tua Casis.

 

Biaya Pendidikan selama tiga tahun :

A. Uang pangkal Rp 50.000.000 (dibayar satu kali).

B. Uang Komite Sekolah Rp 1.000.000 (dibayar satu kali).

C. Uang iuran sekolah/Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Rp. 5.000.000 per bulan.

D. Kontribusi Khusus minimal sebesar Rp 125.000.000 (satu kali).

E. Sumbangan sukarela sesuai pernyataan (satu kali).

 

 

Informasi Biaya SMA TN 2021

Waktu dan tempat pendaftaran

Untuk tempat pendaftaran terdapat di dua lokasi. Lokasi yang pertama berada di Makodam Jaya Kantor Ajendan Jaya di Jalan Mayjen Sutoyo No. 5, Cililitan, Jakarta Timur. Jika kalian berada di sekitar Magelang, kalian bisa melakukan pendaftaran di Jalan Purworejo Km. 5, Magelang, Jawa Tengah.

 

Informasi Biaya SMA TN  

Tata Cara pendaftaran SMA Taruna Nusantara, antara lain :

Datang ke lokasi pendaftaran

A. Membayar biaya pendaftaran yang dibebankan kepada setiap calon siswa SMA TN

B. Membawa kelengkapan berkas administrasi, yaitu :

  1. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah
  2. Surat keterangan sehat dari dokter instansi pemerintah (sipil / militer)
  3. Fotocopy kartu tanda pelajar
  4. Fotocopy akta kelahiran
  5. Fotocopy nilai rapot semester 1 sampai 5 yang telah dilegalisir dari pihak sekolah
  6. Pas foto memakai seragam sekolah berukuran 3 x 4 cm dengan latar belakang warna biru, sebanyak 3 lembar
  7. Daftar nilai konversi dan ijazah dilegalisir oleh kembuddikdasmen atar Dinas Pendidikan setempat untuk sekolah internasional

 

Bagi yang mengikuti jalur beasiswa murni, menyertakan pula berkas sebagai berikut :

A. Daftar gaji atau penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh instansi terkait

B. Fotocopy kartu keluarga

C. Fotocopy KTP orang tua atau wali

 

Bagi calon siswa yang mendaftar melalui jalur undangan, menyertakan pula berkas sebagai berikut :

A. Undangan yang didapat dari LPTTN

B. Fotokopi sertifikat kejuaran, seperti OSN, lomba MSI, atau LKIP SMA Taruna Nusantara

 

 

 

Informasi Biaya SMA TN 2021

Untuk sistem undangan terdiri dari 2 kategori. Kategori undangan akan terbebas dari seleksi akademik. Berikut ini merupakan kategori undangan SMA Taruna Nusantara, antara lain :

A. Undangan beasiswa, yaitu ditujukan bagi kalian yang pernah meraih medali olimpiade tingkat internasional (IMO, IpHO, IBO) dan peraih medali emas atau perak di OSN, serta juara 1 sampai 5 lomba yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara. Untuk kategori undangan beasiswa, maka akan dibebaskan biaya pemeriksaan kesehatan dan psikologi.

B. Undangan iuran sekolah, yaitu ditujukan kepada peraih medali perunggu OSN. Untuk kategori undangan iuran sekolah dikenakan biaya pemeriksaan kesehatan dan psikologi.

Informasi Biaya SMA TN 2021

 

Sejarah singkat SMA Taruna Nusantara

Sekolah yang menggunakan tanah sumbangan Akmil seluas 18,5 hektar ini pembentukannya bermula dari ideMenhankam RI Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta.Dari ide beliau inilah kemudian dibentuk kerjasama antara ABRI dan Taman Siswa. ABRI melalui Yayasan Kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, sedang dari pihak Taman Siswa melalui Yayasan Kebangkitan Nasional.

Sekolah ini diresmikan oleh Pangab saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 hektare dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa dan komplek perumahan pamong (guru) ini merupakan sumbangan dari Akademi Militer yang berlokasi tidak jauh dari tempat itu. Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektare.

 

Itulah Informasi Biaya SMA TN 2021  yang harus disiapkan oleh calon siswa di SMA Taruna Nusantara. Semoga Informasi Biaya SMA TN 2021 ini bisa membantu kalian untuk mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

 

Informasi Biaya SMA TN 2021

 

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus