Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

By November 28th, 2023 SMA Tarnus

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

 

 

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

SMA Taruna Nusantara adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Keunggulan SMA Taruna Nusantara banyak sekali lho. Ini yang membuat para orang tua selalu antusias untuk menyekolahkan anaknya di SMA Taruna Nusantara.

Apa aja sih keunggulannya ? Berikut keunggulan yang membuat SMA ini diminati banyak pelajar dan tak kalah dari menjamurnya SMA bertaraf Internasional di luar sana.

  • Menumbuhkan jiwa-jiwa nasionalisme

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit – Sistem yang ada dalam sekolah ini, membuat siswa-siswinya semakin cinta terhadap Tanah Air. SMA Taruna Nusantara memiliki tiga wawasan yang digadang-gadang, yaitu wawasan kebangsaan, wawasan kejuangan dan wawasan kenusantaraan. Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

Nah, untuk menunjang ketiga wawasan tersebut, SMA ini membuat satu pelajaran khusus yaitu Kenusantaraan dan Bela Negara. Dengan adanya mata pelajaran ini, membuat siswa-siswinya semakin bertumbuh jiwa nasionalismenya. Keren banget kan ?

 

  • Mencetak individu yang punya kepedulian sosial tinggi

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit – SMA TN mendorong agar siswa-siswinya mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Tak hanya diajarkan untuk menjadi manusia kuat, tapi SMA ini juga mengajarkan siswa-siswinya untuk dapat berempati kepada manusia lain.

Para siswa dijamin akan mengenal semua siswa yang bersekolah di situ, tak hanya itu, SMA ini juga mengharuskan mereka mengenali masyarakat di sekitar mereka. Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan disiplin

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit – Seperti telah diketahui banyak orang, SMA ini didampingi oleh TNI Angkatan Darat. Dengan demikian, menjadikan murid-muridnya mencontoh kedisiplinan dan rasa tanggung jawab para tentara. Mulai dari cara berpakaian, jam bangun dan jam tidur, sikap dan perilaku, dan lainnya. Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

 

  • Memperlakukan siswanya dengan hormat

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit – Hampir di semua SMA di Indonesia, peran guru adalah sebagai orang tua untuk para murid. Saat menjalankan proses belajar mengajar, guru akan menempatkan diri di level lebih tinggi dibanding siswa-siswanya yang dianggap masih sebagai anak-anak. Berbeda dengan SMA TN di mana semua guru atau yang biasa disebut pamong akan memperlakukan peserta didiknya sebagai manusia dewasa.

 

 

Biasanya hal ini tercermin dari panggilan sang pamong untuk murid, kalau biasanya seorang siswa disapa dengan menggunakan kata ‘kamu’, di TN semua siswa disapa dengan kata ‘saudara’. Dengan memperlakukan siswa secara dewasa, otomatis mereka juga akan bertindak layaknya orang dewasa pula.

 

Gimana ? Keren banget kan ? Nggak rugi lho kalau kami nyoba kepo dan daftar di SMA Taruna Nusantara yang keren itu. Yuk, bersiap dari sekarang untuk daftar dan bersaing dengan calon siswa dari seluruh nusantara..

 

Persyaratan Umum

a.    Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.
b.    Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/setingkat TP. 2018/2019 atau 2019/2020.
c.    Berijazah SLPT/setingkat.
d.    Tidak pernah tinggal kelas selama di SLTP/setingkat.
e.    Nilai rapor dari kelas 7 sampai 9 untuk mata pelajaran:

1)    Matematika
2)    IPA
3)    Bahasa Indonesia
4)    Bahasa Inggris
minimal 85 (delapan puluh lima).

f.     Usia maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan (Juli 2020).
g.    Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangn sehat dari dokter pemerintah/militer), tinggi dan berat badan proporsional.
h.    Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kelakuan baik dari sekolah).
i.    Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.
j.    Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk sekolah setingkat SLTP luar negeri atau Dinas Pendidikan setempat bagi Casis yang berasal dar SLTP berlatar belakang International School di dalam negeri, serta SLTP kurikulum 2013 dari skala 1-4 menjadi skala 0-100.
k.    Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah dan sumbangan sukarela sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.
l.    Seluruh proses seleksi tidak dikenakan biaya (gratis)

 

Waktu dan Cara Pendaftaran Online

a.    Waktu :  24 – 29 Februari 2020.
b.    Cara     : pendaftaran calon siswa baru SMA Taruna Nusantara Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan secara online dengan mengakses link pensisru.tarunanusantara.id.
Untuk calon siswa yang sudah mendaftar secara offline (mengambil formulir dan mengumpulkan di panitia daerah) diharuskan melengkapi data-data.

Isi dan unggah data-data yang diwajibkan, yaitu:
1)    Pas foto
2)    Foto seluruh badan (kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala)
3)    Foto surat keterangan kelakuan baik dari sekolah
4)    Foto surat keterangan sehat dari dokter sipil/militer
5)    Foto kartu pelajar.
6)    Foto akte kelahiran.
7)    Foto rapor semester 1-5
8)    Foto bukti prestasi (jika memiliki)
9)    Foto bukti penghasilan orang tua
10)    Foto kartu keluarga
11)    Foto kartu tanda penduduk orang tua/wali
12)    Foto form izin orang tua

 

Berikut ini artikel mengenai Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat.

Alasan SMA Taruna Nusantara Jadi Sekolah Favorit

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus