Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara

By October 30, 2021 November 22nd, 2021 SMA Tarnus

Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara

 

Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara

 

Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara – SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian.

Pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara berorientasi pada tiga wawasan, yaitu wawasan kebangsaan, wawasan kejuangan dan wawasan kebudayaan. Melalui ketiga wawasan itu para siswa akan dibentuk menjadi manusia Indonesia dengan kepribadian utuh. Wawasan kebangsaan dikembangkan untuk menanamkan rasa kebangsaan Indonesia yang tumbuh karena kebersamaan cita-cita dan perjuangan, yang kemudian berkembang menjadi faham kebangsaan.

Wawasan kebangsaan akan melahirkan semangat kebangsaan yaitu motivasi dan dorongan jiwa untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Wawasan kebangsaan akan menumbuhkembangkan rasa persatuan kesatuan yang kokoh sebagai tali pengikat dan sumber kekuatan bagi kelangsungan hidup bangsa. Wawasan kejuangan dikembangkan untuk menanamkan jiwa kejuangan yang tinggi dan dilandasi oleh semangat kejuangan bangsa Indonesia 1945, yaitu pantang menyerah dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Wawasan kebudayaan dikembangkan agar para siswa menghayati keluhuran budaya bangsa Indonesia dengan tidak menolak unsur kebudayaan asing yang dapat memeperkaya kebudayaan nasional dan mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia menuju adab, budaya dan persatuan yang lebih tinggi.

SMA TN menggunakan empat macam pendekatan dalam pelaksanaan pendidikan karakternya yaitu pendekatan intelaktual, aktual, inspiratif, dan keteladanan. Pendekatan intelektual dilakukan melalui pengajaran yang didalamnya terkandung upaya penanaman nilai-nilai untuk memberikan pemahaman secara kognitif dan penghayatan secara afektif kepada siswa.

Pendidikan dasar kedisiplinan dan kepemimpinan merupakan salah satu bagian dari tahapan Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara biasa disebut sebagai tahap adaptasi dan inisiasi atau penyemaian nilai-nilai bagi setiap siswa baru. Pada tahap ini untuk para siswa sementara sengaja diputus komunikasi dengan keluarga, dengan tujuan melatih siswa mampu segera mandiri dan menyesuaikan diri serta memiliki kemampuan interaksi sosial yang baik sebagai dasar untuk menerima nilai-nilai baru dalam rangka membangun kedisiplinan dan jiwa  kepemimpinan sebagai calon pembangunan bangsa yang berakhlak mulia, berintegritas, berkarakter yang berwawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan indonesia untuk terwujudnya kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia.

Setelah berakhirnya masa PDK, bukan berarti tantangan dalam proses kegiatan belajar mengajar sudah selesai, tetapi justru sebaliknya tantangan ke depan semakin bertambah. Sembilan bulan kedepan akan memasuki tahapan yang di SMA Taruna Nusantara disebut Masa Penumbuhan.

Pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara Magelang diterapkan dalam bentuk mata kegiatan. Dalam pelaksanaannya pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara menggunakan seluruh kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari sistem pendidikan yang dijalankan. Strategi yang digunakan dalam penyampaian pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara yaitu dengan rekayasa rekayasa mental (mental engineering) dan rekayasa sosial (social engineering) terhadap lingkungan pendidikan dimana siswa berada. Lingkungan pendidikan mencakup lingkungan sosial, yaitu kehidupan di asrama dan kelas, hubungan pendidikan dengan para pamong pengajar, pamong administrasi dan masyarakat sekitar serta tamu atau orang tua peserta didik.

 

 

Sejarah singkat

Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara – SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian.

Secara harfiah, Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Oleh karena itu, SMA Taruna Nusantara Magelang berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Sekolah yang menggunakan tanah sumbangan Akmil seluas 18,5 hektar ini pembentukannya bermula dari ideMenhankam RI Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta.Dari ide beliau inilah kemudian dibentuk kerjasama antara ABRI dan Taman Siswa. ABRI melalui Yayasan Kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, sedang dari pihak Taman Siswa melalui Yayasan Kebangkitan Nasional.

SMA Taruna Nusantara berlokasi di Jl. Raya Purworejo Km5, Magelang,diresmikan langsung oleh Panglima ABRI Jenderal TNI Try Sutrisno, dengan nama SMA Taruna Nusantara.

Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara

 

VISI

Sekolah yang membentuk Kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional

MISI

  1. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berbudaya
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki potensi kepemimpinan yang bewawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan kenusantaraan
  5. Menyiapkan lulusan yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif, dan distingtif dalam aspek Akademik, Kepribadian dan Kesamaptaan Jasmani serta kamampuan IPTEK sehingga mempunyai daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Internasional

Sekian informasi mengenai Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat.

Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus