10 Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus

By November 28th, 2023 SMA Tarnus

10 Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus

 

Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus

Tips Lulus Seleksi SMA TarNus – SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan.

Di SMA Taruna Nusantara siswa dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia. SMA TN menerapkan pola pengajaran, pelatihan dan pengasuhan dalam proses pendidikannya yang merupakan cerminan masyarakat yang menggambarkan adanya interaksi dan tanggung jawab dari tiga pusat pendidikan yaitu pendidikan formal sekolah, pendidikan informal keluarga, dan pendidikan nonformal masyarakat. Proses pendidikan di SMA TN dilakukan dengan model sekolah berasrama penuh (full boarding school). Sekolah ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai dunia semi militer.

 

 

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.
  • Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/setingkat.
  • Berijazah SLTP/setingkat.
  • Tidak pernah tinggal kelas selama di SLTP/setingkat.
  • Nilai rapor dari kelas 7 sampai 9 untuk mata pelajaran dengan minimal nilai 85 (delapan puluh lima).:
    • Matematika
    • IPA
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
  • Usia maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangn sehat dari dokter pemerintah/militer), tinggi dan berat badan proporsional.
  • Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kelakuan baik dari sekolah).
  • Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.
  • Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk sekolah setingkat SLTP luar negeri atau Dinas Pendidikan setempat bagi Casis yang berasal dar SLTP berlatar belakang International School di dalam negeri, serta SLTP kurikulum 2013 dari skala 1-4 menjadi skala 0-100.
  • Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah dan sumbangan sukarela sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.

 

 

Persyaratan masuk SMA Taruna Nusantara tergolong  yang paling ketat untuk tingkatan SMA. Selain harus memiliki prestasi akademik yang baik, calon siswa juga harus bersaing dengan calon siswa lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini beberapa Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus, antara lain :

a. Belajarlah dengan giat seluruh materi Ujian Nasional.

Tes Akademik merupakan tes yang paling banyak menggugurkan para calon siswa SMA Taruna Nusantara. Jika para calon siswa lulus tes seleksi akademik, para calon siswa bisa mengikuti tes selanjutnya.

b. Persiapkan mental sekuat baja.

Karena pada saat masuk ke SMA Taruna Nusantara, para calon  siswa akan menjalani Pendidikan Dasar Kepemimpinan selama 3 bulan. Dalam  masa PDK  para calon siswa akan diperkenalkan bagaimana cara hidup di SMA Taruna Nusantara.

c. Persiapkan fisik kalian

d. Berdoa dan meminta restu kepada orang tua

Doa akan membuat kalian semakin percaya diri untuk menghadapi tes saat masuk SMA Taruna Nusantara.

e. Bangunlah mental kalian dari sekarang.

Pada saat masuk SMA Taruna Nusantara, para calon siswa akan bertemu dengan siswa-siswa dari seluruh pelosok negeri.

 

 

Nah, selanjutnya ini merupakan Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus tes kesehatan, antara lain :

  • Lakukan pemeriksaan awal pada instansi kesehatan yang terpercaya ( untuk memastikan jika tidak ada masalah pada kesehatan calon siswa)
  • Hindari rokok, obat-obatan jenis apapun, serta alkohol (1 minggu sebelum tes dilakukan)
  • Perbanyak minum air putih, minimal 3 liter sehari
  • Minum susu, minimal 1 gelas tiap hari atau kelapa muda untuk menghilangkan toksin atau racun
  • Tidur minimal 8 jam sehari , dan tidak begadang
  • Usahakan kalian dalam keadaan sehat
  • Yakin pada diri sendiri

 

Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus tes akademik, yaitu kalian bisa mempelajari soal Ujian Nasional dan sedikit materi kelas X SMA. Untuk soal Tes Akademik Masuk SMA Taruna Nusantara terdapat tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes  padanan  hubungan kata, tes angka, dan tes figural.

Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus pada saat tes wawancara, yaitu yakin dengan jawaban sendiri, jangan grogi dan jawab dengan jujur saat ditanya oleh panitia.

Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara merupakan sebuah proses yang sangat ketat dan panjang. Pada proses seleksi Casis (Calon Siswa), SMA Taruna Nusantara menjunjung tinggi sikap profesional dan integritas sehingga siswa-siswi yang akan diterima adalah siswa-siswi terbaik dari seluruh penjuru nusantara. Calon siswa yang diterima sebagai siswa baru SMA Taruna Nusantara, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala LPTTN selaku Ketua PanPus.

 

 

Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus – Sejarah singkat SMA Taruna Nusantara, Secara harfiah, Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Oleh karena itu, SMA Taruna Nusantara Magelang berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Pembentukan SMA Taruna Nusantara ini bermula dari ide Menhankam RI Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Dari ide beliau inilah kemudian dibentuk kerjasama antara ABRI dan Taman Siswa. ABRI melalui Yayasan Kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, sedang dari pihak Taman Siswa melalui Yayasan Kebangkitan Nasional.

 

 

Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus – SMA Taruna Nusantara diresmikan oleh Pangab saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 hektare dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa dan komplek perumahan pamong (guru) ini merupakan sumbangan dari Akademi Militer yang berlokasi tidak jauh dari tempat itu. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektare.

SMA Taruna Nusantara berlokasi di Jl. Raya Purworejo Km. 5, Magelang.

 

 

Itulah beberapa Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat untuk kalian. Selamat berjuang bagi kalian yang bergabung di SMA Taruna Nusantara.

 

 

Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus