SMA Taruna Nusantara Magelang

By November 28th, 2023 SMA Tarnus

SMA Taruna Nusantara Magelang

 

SMA Taruna Nusantara (disebut juga dengan Tarnus atau TNI) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas dengan sistem asrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara Magelang
Informasi
Didirikan 14 Juli 1990
Jenis Sekolah Berasrama
Akreditasi A
Nomor Statistik Sekolah 384030810043
Kepala Sekolah Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman
Jumlah kelas X IPA: 12 kls, XI IPA: 11 kls, XI IPS: 1 kls, XII IPA: 10 kls, XII IPS: 2 kls
Kurikulum Kurikulum 2013 & Kurikulum Khusus
Jumlah siswa IPA dan IPS (1148)
Status Swasta
Alamat
Lokasi Jalan Raya Purworejo Km. 5, Banyurojo, Mertoyudan 56172, Kabupaten MagelangJawa Tengah,   Indonesia
Tel./Faks. (0293)364195/Fax(0293)364047
Situs web tarunanusantara.sch.id
Lain-lain
Lulusan 8.000-an
Moto
Moto Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa

 

SMA Taruna Nusantara Magelang

 

Etimologi

“Taruna Nusantara” berasal dari dua kata, yaitu “Taruna” yang diserap dari bahasa Pali yang berarti muda dan “Nusantara” yang memiliki arti sebagai Sekolah Menengah Atas para pemuda nusantara.

Sejarah

Ide pembuatan sekolah menengah atas berbasis semi – militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Ia memiliki visi luhur yakni untuk membangun sekolah yang mendidik manusia – manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator. Ide ini kemudian ditindaklanjuti dengan nota kesepakatan antara ABRI dan Taman Siswa yang merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Lembaga inilah yang menjadi kristatalisasi dari visi Jenderal Moerdani yang selanjutnya mengawasi proses pelaksanaan SMA TN. SMA TN diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu Jenderal Try Sutrisno, pada tanggal 14 Juli 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18,5 hektar dan terdiri dari kelas, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong (guru) berdiri di atas tanah milik Akademi Militer. Selama enam tahun pertama, SMA TN hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang per angkatan. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah ini pun diperluas menjadi 23 hektar. Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari ABRI yang saat itu mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para tenaga pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata serta fasilitas lain seperti sekolah lanjutan S2/S3 dan rumah dinas. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik pada tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa oenuh bagi para siswa. Sekarang pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang bersumber dari donatur individu, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

Sekolah Saudara

  1. Nan Chiau High School, Singapura
  2. Windaroo Valley State High School, Queensland, Australia

Ekstrakuliker

Kegiatan ekstrakurikuler

  1. Olahraga bela diri: Karate, Pencak Silat, Taekwondo
  2. Olahraga lain: Renang, Tenis, Bulu tangkis, Sepak bola, Atletik, Basket, Tenis Meja, Voli, Takraw, Panjat Tebing
  3. Seni: Marching Band (GBNMB), Paduan Suara (Nusantara Voice), Teater Taruna Nusantara (Tetanus), Gendang Rampak, Tari dan Karawitan, Band (Dream Band), Buletin Prasasti, Pembawa acara (Dragon Voice), Tari Modern (Eternite)
  4. Lain: Pramuka, Palang Merah Remaja

Selain ekstrakurikuler di atas, terdapat juga beberapa tim siswa:

  1. Tim Dekorasi (Dacota) (bertugas dalam dekorasi event-event besar)
  2. Tim Kaplog (bertugas mempersiapkan logistik dalam event-event besar)
  3. Tim Prasasti (bertugas menerbitkan majalah intern sekolah)
  4. Tim Sound System (bertugas dalam mempersiapkan perlengkapan sound dalam event-event besar)
  5. Tim Kosinus (bertugas dalam pelayanan koperasi intern siswa)

Peleton

SMA Taruna Nusantara Magelang memiliki sejumlah peleton siswa yang merupakan perwujudan latihan kepemimpinan dan berorganisasi. Terdapat empat peleton utama di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Tonpara

Peleton Upacara (Tonpara) merupakan peleton yang pertama kali berdiri di SMA Taruna Nusantara Magelang, dengan nama awal Peleton Inti (Tonti). Tonpara awalnya terdiri dari 25 siswa terpilih dari setiap angkatan. Mulai angkatan 19, bertambah menjadi 31 siswa (21 siswa putra dan 10 siswa putri) dan mulai angkatan 24 bertambah menjadi 34 siswa (24 siswa putra dan 10 siswi putri). Peleton ini bertanggung jawab mengerjakan seluruh tugas yang berkaitan dengan upacara umum (upacara bendera hari Senin), upacara khusus (peringatan hari besar atau upacara tradisi), serta Peraturan Baris Berbaris (PBB) siswa. Tonpara juga sering mengharumkan nama almamater SMA Taruna Nusantara Magelang dalam berbagai lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.siswa (21 siswa putra dan 10 siswa putri) dan mulai angkatan 24 bertambah menjadi 34 siswa (24 siswa putra dan 10 siswi putri). Peleton ini bertanggung jawab mengerjakan seluruh tugas yang berkaitan dengan upacara umum (upacara bendera hari Senin), upacara khusus (peringatan hari besar atau upacara tradisi), serta Peraturan Baris Berbaris (PBB) siswa. Tonpara juga sering mengharumkan nama almamater SMA Taruna Nusantara Magelang dalam berbagai lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.

Bantara

Ambalan Taruna Nusantara (Bantara) beranggotakan pramuka penegak baik bantara maupun laksana yang jumlahnya kurang lebih 30 siswa dari setiap angkatan. Mereka terpilih melalui seleksi baik teknik kepramukaan maupun kepribadian. Peleton ini dipimpin oleh seorang Pradana. Tugas utama Bantara adalah menjadi pembina kepramukaan bagi siswa lain. Oleh karena itu, setiap anggota Bantara diharuskan memiliki kecakapan kepramukaan yang kuat dan kemampuan survival di alam. Setiap tahun, Bantara menjalankan program Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) bagi siswa kelas X. Bantara juga memiliki kegiatan lapangan seperti rafting, hiking di Gunung Merapi, susur sungai, dan susur pantai. Peleton Bantara sering memberikan prestasi juara bagi SMA Taruna Nusantara baik di bidang teknik kepramukaan, PBB, hingga lomba ketangkasan/ketahanan fisik.

PKS

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bertugas menegakkan disiplin dan memeriksa kerapian siswa. PKS terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi terpilih tiap angkatan yang terbagi dalam 8 kode. Contoh kegiatan rutin PKS adalah apel pengecekan pesiar dan apel pengecekan rutin (biasa dilakukan pada hari Selasa). PKS juga bertugas menjaga ketertiban acara yang melibatkan kunjungan tamu dari luar SMA Taruna Nusantara Magelang.

PATAKA

Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) adalah pasukan khusus pembawa Lambang SMA Taruna Nusantara Magelang: Satya Pataka Wira Negara. Pataka terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi terpilih tiap angkatan. Lambang SMA Taruna Nusantara (dengan berat tiang 18 kilogram) dibawa dengan khidmat oleh pasukan khusus ini dalam sejumlah upacara tradisi SMA Taruna Nusantara Magelang, yaitu Upacara Pembukaan Pendidikan, Malam Renungan 16 Agustus, Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK), Kampanye Dialogis OSIS SMA Taruna Nusantara Magelang, dan Upacara Prasetya Alumni.

Gita Bahana Nusantara Marching Band

SMA Taruna Nusantara Magelang – Marching band adalah salah satu ekstrakurikuler kebanggaan SMA Taruna Nusantara yang termasuk sebuah kegiatan kesenian dan dengan demikian berada di bawah pengelolaan Seksi 2B OSIS.

Gita Bahana Nusantara Marching Band atau yang biasa disingkat GBNMB dibentuk pada tanggal 10 April 1993 dan saat itu mengawali latihannya dengan bermodalkan alat-alat musik yang merupakan sumbangan dari PT. BUKAKA milik Ir. Fadel Muhammad.[2]

Agus Harimurti Yudhoyono yang juga merupakan putra sulung Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A. tercatat pernah menduduki jabatan penting dalam GBNMB yaitu sebagai pemegang tongkat pandu utama atau yang biasa disebut Penatarama. Dalam tugasnya, Penatarama dibantu oleh Gitapati yang memimpin keteraturan irama dari lagu-lagu yang disajikan. Ciri khas GBNMB adalah adanya sejumlah pemain Bass Aktif yang disebut “Macan”. Para Macan dituntut untuk memiliki ketahanan fisik yang tinggi karena harus memainkan alat musik sekaligus melakukan gerakan dan manuver atraktif.

Selain berfungsi sebagai korps musik dalam acara internal di kampus SMA TN, Gita Bahana Nusantara Marching Band sering mengharumkan nama almamater dengan tampil di berbagai acara luar kampus setingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

OSIS dan PK

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Taruna Nusantara Magelang adalah organisasi induk bagi seluruh kegiatan siswa. OSIS dipimpin oleh Pengurus Harian dan meliputi delapan Seksi:

  1. Seksi I Pembinaan Mental dan Spiritual
  2. Seksi IIA Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
  3. Seksi IIB Pengembangan Nilai Budaya
  4. Seksi IIIA Kemandirian dan Kewiraswastaan
  5. Seksi IIIB Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  6. Seksi IIIC Pengembangan Jasmani
  7. Seksi IVA Kepemimpinan dan Organisasi
  8. Seksi IVB Kehidupan Berasrama

Perwakilan Kelas (PK) adalah organisasi yang menjadi wadah aspirasi siswa sekaligus pengontrol kegiatan OSIS. PK dipimpin oleh Pengurus Harian dan membawahi lima Komisi. Tiap komisi bertugas memantau dan mengevaluasi kegiatan seksi OSIS, kecuali Komisi 5 yang merupakan komisi hukum.

Tim Mata Pelajaran

SMA Taruna Nusantara Magelang memiliki wadah khusus bagi siswa yang ingin mengembangkan kemampuan akademis hingga tingkat mahir dan mengikuti kejuaraan di luar sekolah. Tim Mata Pelajaran merupakan bagian dari Seksi IIIB OSIS dan terdiri dari tim olimpiade dan non-eksak:

  1. KIRTARA (KIR SMA Taruna Nusantara)
  2. Aeromodeling (Tim Aeromodeling)
  3. Fractura (Tim Fotografi)
  4. Tomat (Tim Olimpiade Matematika)
  5. Elephyte (Electromen and Physics Team)
  6. Cesium (Chemistry Squad with Incredible and Unbeatable Members)
  7. BioHolic (Tim Olimpiade Biologi)
  8. TNCC (Taruna Nusantara Computer Club)
  9. Astrogank (Tim Olimpiade Astronomi)
  10. TNEC (Taruna Nusantara Economics Club)
  11. Granity (Geology and Geography Taruna Nusantara Community)
  12. Hiperbola (Himpunan Pecinta Sastra dan Bahasa Indonesia dengan Obsesi Piala)
  13. TNESC (Taruna Nusantara English Speaking Club)
  14. TNT (Taruna Nusantara Ni Hon Go Team)
  15. Deutsch Club (Tim Olimpiade Bahasa Jerman)
  16. TNRC (Taruna Nusantara Robotic Club)
  17. Konsisten (Tim PPKn)

Kepala Sekolah

  1. Prof. Dr. Tarwotjo Tjitrosoedjono Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine., M.Sc (1990-1994)
  2. Mayjen Bambang Hartoyo Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine.; MBA (1994)
  3. Brigjen TNI (Hor) Drs. Sadja Moeljoredjo Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine. (1994-1998)
  4. Brigjen TNI Bambang Pradjuritno Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine., S.H. (1998-2004)
  5. Brigjen TNI Drs. Untung Susoro Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine. (2005-2006)
  6. Brigjen TNI Purn Djuwari Sarmyanto Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine., S.Ip., M.Sc (2006-2010)
  7. Laksma TNI Purn Ir. Djoko Sasongko Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine.. (2010-2011)
  8. Brigjen TNI Purn Bambang Sumaryanto Diarsipkan 2016-03-07 di Wayback Machine., S.E., M.M. (2011-2013)
  9. Brigjen TNI Purn Wahid Hidayat, S.Ip. (2013-2015)
  10. Brigjen TNI Purn Adi Wijaya, M.Sc (2015-2016)
  11. Drs. Usdiyanto. M.Hum (2016 – 2018)
  12. Brigjen TNI Purn Soebagio, S.IP. (2018-2019)
  13. Mayjen TNI Purn Tono Suratman, S.IP (2019-sekarang)

Lulusan Terbaik

Lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara Magelang berhak mendapatkan penghargaan Medali Emas “Garuda Trisakti Taruna Tama”. Predikat lulusan terbaik diberikan kepada siswa/siswi yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi pada akumulasi tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian.

Daftar lulusan terbaik:

  1. Firman Dwi Cahyono (1993)
  2. Jati Setiawan (1994)
  3. Dito Sutejo (1995)
  4. Yusa Adi Hartanto (1996)
  5. Agus Harimurti Yudhoyono (1997)
  6. Andy Arvianto (1998)
  7. Achmad Hikam (1999)
  8. Wulan Asti Rahayu (2000)
  9. Muhammad Syaiful Anam (2001)
  10. Ina Damayanti Dwi Artiningsih (2002)
  11. Muh Farid Isnawan (2003)
  12. Dhana Putra Prasetya (2004)
  13. Intan Nur Asma Hardhani (2005)
  14. Satrio Tegas Wicaksono (2006)
  15. Ronggo Wiyono S. Putro (2007)
  16. Ryan Putera Pratama (2008)
  17. Bagas Dhanurendra (2009)
  18. Guinandra Luthfan Jatikusumo (2010)
  19. Fauzy Pratama (2011)
  20. Anggara Putra Bagustama (2012)
  21. Anastasha Puspagita Herasmoro (2013)
  22. Fransiska Herline Novitasari (2014)
  23. Neo Aditya Kuntar (2015)
  24. Annisa Fajriani (2016)
  25. Deas Makalingga Emiri (2017)
  26. Apandi Purba (2018)
  27. Rahmat Akbar Berliano Ulurura (2019)
  28. Jofanka Hendhico Arintio (2020)
  29. Magistra Fauzi Hibatullah (2021)

Prestasi

Nasional

  • Olimpiade Sains Nasional 2006[3]
  1. Bidang Astronomi: 1 Perak, 1 Perunggu
  2. Bidang Biologi: 1 Emas, 1 Perak
  3. Bidang Ekonomi: 2 Perak
  4. Bidang Fisika: 1 Emas, 2 Perak, 1 Perunggu
  5. Bidang Kimia: 1 Emas, 1 Perak
  6. Bidang Komputer: 2 Emas, 1 Perak
  7. Bidang Matematika: 1 Perak
  • Olimpiade Sains Nasional 2007[4]
  1. Bidang Astronomi: 2 Perak, 1 Perunggu
  2. Bidang Biologi: 1 Emas
  3. Bidang Ekonomi: 1 Perunggu
  4. Bidang Kimia: 2 Perunggu
  5. Bidang Komputer: 1 Perunggu
  6. Bidang Matematika: 1 Emas, 2 Perak
  • Olimpiade Sains Nasional 2008
  1. Bidang Biologi: 1 Emas, 1 Perunggu
  2. Bidang Ekonomi: 1 Emas, 1 Perak
  3. Bidang Fisika: 2 Perunggu
  4. Bidang Kebumian: 1 Perak
  5. Bidang Kimia: 2 Emas
  6. Bidang Matematika: 2 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2009
  1. Bidang Astronomi: 1 Emas
  2. Bidang Biologi: 1 Perunggu
  3. Bidang Ekonomi: 1 Perak, 1 Perunggu
  4. Bidang Fisika: 1 Perunggu
  5. Bidang Kimia: 1 Perunggu
  6. Bidang Komputer: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2010
  1. Bidang Astronomi: 2 Emas, 1 Perunggu
  2. Bidang Biologi: 1 Perunggu
  3. Bidang Ekonomi: 2 Perak
  4. Bidang Kebumian: 1 Emas
  5. Bidang Kimia: 1 Emas, 2 Perunggu
  6. Bidang Komputer: 1 Emas, 1 Perak
  7. Bidang Matematika: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2011
  1. Bidang Astronomi: 1 Perak
  2. Bidang Biologi: 1 Perak
  3. Bidang Ekonomi: 1 Perunggu
  4. Bidang Kebumian: 1 Perunggu
  5. Bidang Kimia: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2012
  1. Bidang Biologi: 1 Emas
  2. Bidang Ekonomi: 1 Perunggu
  3. Bidang Kimia: 1 Perak
  4. Bidang Komputer: 1 Perak
  • National Young Inventor Award (NYIA) 2012 di LIPI
  1. 1 Perak
  • Olimpiade Sains Nasional 2013
  1. Bidang Ekonomi: 1 Emas, 1 Perak
  2. Bidang Kebumian: 1 Perunggu
  3. Bidang Kimia: 1 Perak
  4. Bidang Matematika: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2014
  1. Bidang Astronomi: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2015
  1. Bidang Biologi: 1 Perunggu
  2. Bidang Fisika: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2016
  1. Bidang Biologi: 1 Emas
  2. Bidang Kebumian: 1 Perunggu
  3. Bidang Komputer: 2 Perak
  • Olimpiade Sains Nasional 2017
  1. Bidang Matematika: 1 Perak
  2. Bidang Fisika: 1 Perunggu
  3. Bidang Kimia: 1 Perunggu
  4. Bidang Komputer: 1 Emas dan 1 Perak
  5. Bidang Geografi: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2018
  1. Bidang Matematika: 1 Perak
  2. Bidang Fisika: 1 Perak
  3. Bidang Ekonomi: 1 Perak
  4. Bidang Astronomi: 1 Perunggu
  • Olimpiade Sains Nasional 2019
  1. Bidang Kebumian: 1 Emas
  2. Bidang Fisika: 1 Perak
  3. Bidang Ekonomi: 1 Perak

Internasional

  • International Physics Olympiad (IPhO) 1994 di Beijing, Tiongkok

o        Adianto Wibisono sebagai Honourable Mention[5]

  • International Physics Olympiad (IPhO) 1995 di Sydney, Australia

o        Rudy Raymond sebagai Honourable Mention[6][7]

  • International Chemistry Olympiad (IChO) 1997 di Montreal, Kanada

o        M. Rachmat Kaimuddin sebagai perwakilan indonesia[8]

  • International Physics Olympiad (IPhO) XXXI di Inggris

o        Bahar Riand Passa dengan medali perunggu[9]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2001 di Taipei, Taiwan

o        Reza Pradipta dengan medali emas dan Most Creative Solution in Theory[10][11]

o        Kresna Chandra Widadi sebagai Honourable Mention[12]

  • International Physics Olympiad (IPhO) XXXII di Turki

o        Reza Pradipta dengan medali perak[13]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2002 di Singapura

o        Rangga Perdana Budoyo dengan medali perunggu[14]

  • International Biology Olympiad (IBO) 2002 di Riga, Latvia

o        Alvernia Rendra dengan medali perunggu[15]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2003 di Bangkok, Thailand

o        Rangga Perdana Budoyo dengan medali emas dan Most Creative Solution in Experiment[16]

  • International Physics Olympiad (IPhO) XXXIV di Taiwan

o        Rangga Perdana Budoyo dengan medali perak[17]

  • International Physics Olympiad (IPhO) XXXVI di Spanyol

o        Ario Prabowo dengan medali perunggu[18]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2005 di Pekanbaru, Indonesia

o        Ario Prabowo dengan medali perunggu[19]

  • International Olympiad in Informatics (IOI) 2007 di Zagreb, Kroasia

o        Riza Oktavian Nugroho Suminto dengan medali perunggu[20]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2007 di Shanghai, Tiongkok

o        Indra Purnama dengan medali perunggu[21]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2008 Mongolia

o        Tyas Kokasih dengan medali perunggu[22]

  • International Physics Olympiad (IPhO) 2008 Vietnam

o        Tyas Kokasih dengan medali perunggu[23]

  • International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2008 di Indonesia

o        Amar Kusuma dengan medali emas[24]

o        Yudo Ahmad Diponegoro dengan medali perak[25][26]

o        Mikha Benanta Purba sebagai Honourable Mention[27][28]

  • International Chemistry Olympiad (IChO) 2009 di Inggris

o        Dimas Ramadhan Abdillah Fikri dengan medali perunggu[29]

  • International Conference of Young Scientists (ICYS) 2009 di Polandia

o        Guinandra Luthfan Jatikusumo dengan medali emas kategori Physics Research[30]

  • International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2010 di China

o        Widya Ageng Setya Tutuko dengan medali perunggu[31]

  • International Chemistry Olympiad (IChO) 2010 di Tokyo, Jepang

o        Agung Hartoko dengan medali perunggu[32]

  • International Astronomy Olympiad (IAO) 2010 di Krimea, Ukraina

o        Agustinus Benyamin Prasetyo dengan medali perunggu[33]

  • International Astronomy Olympiad (IAO) 2011 di Almaty, Kazakhstan

o        Agustinus Benyamin Prasetyo dengan medali perunggu[34]

  • Asian Pacific Astronomy Olympiad (APAO) 2011 di Aktobe, Kazakhstan

o        Anggara Putra Bagustama dengan medali perak

  • International Biology Olympiad (IBO) 2011 di Taiwan

o        Husni Muarif dengan medali perunggu[35]

  • International Mathematical Olympiad (IMO) 2011 di Amsterdam, Belanda

o        Pramudyo Ananto dengan medali perunggu[36]

  • International Geography Olympiad (iGeo) 2012 di Cologne, Jerman

o        M. Anjza Chabbani Istala sebagai Best Poster Presented dan Honorable Mention[37]

  • Asian Physics Olympiad (APhO) 2013 di Indonesia

o        Andramica Priastyo dengan medali perunggu[38]

  • X International Zhautykov Olympiad (IZhO) di Almaty, Kazakhstan

o        Andramica Priastyo dengan medali perak[39]

  • International Exhibiton for Young Inventors (IEYI) 2013 di Kuala Lumpur

o        Antonius Wisnu dengan medali emas, piala The Best Inventor, dan special award dari Thailand

  • International Mathematics Contest Singapore (IMCS) 2017 di Singapura

o        Irfan Urane Azis dengan medali emas dan sebagai Grand Champion[40]

  • International Mathematics Olympiad (IMO) 2017 di Rio de Janeiro, Brasil

o        Kinantan Arya Bagaspati dengan medali perunggu[41]

  • Asia Pasific Informatics Olympiad (APIO) 2017 di Australia

o        Febriananda Wida Pramudita dengan medali perunggu[42]

  • KIR (IYSIE) International Young Scientist Innovation Exhibition 2018 di Malaysia

o        Ketut Shri Satya Wiwekananda dengan Silver Medals

  • (AMC) American Mathematics Competition 12 di Jakarta

o        Irfan Urane Azis dengan Honor Roll Certificate[43]

  • International Mathematics Olympiad (IMO) 2018 di Cluj-Napoca, Rumania

o        Kinantan Arya Bagaspati dengan medali perak[44]

  • International Geography Olympiad (iGeo) 2018 di Kota Quebec, Kanada

o        Jamal Habibur Rahman dengan medali perunggu[45]

  • Asia Pasific Informatics Olympiad (APIO) 2018 di Rusia

o        Ahmad Haulin Yoga Pratama dengan medali perunggu[46]

  • International Olympiad in Informatics (IOI) 2018 di Tsukuba, Jepang[47]

o        Ahmad Haulian Yoga Pratama dengan medali perak

o        Muhammad Salman Al Farisi dengan medali perunggu

  • International Conference of Young Scientists (ICYS) 2018 di Beograd, Serbia

o        Muhammad Firman Nuruddin dengan medali emas kategori Environmental Science[48]

  • International Mathematics Olympiad (IMO) 2019 di Bath, Britania Raya

o        Kinantan Arya Bagaspati dengan medali emas[49]

  • Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) X 2019 di Singapura

o        M. Akdiyat Arga dengan medali perak[50]

  • International Economics Olympiad (IEO) 2020 di Kazakhstan

o        Muhammad Lutfi Maudi dengan medali perak[51]

  • European Physics Olympiad (EuPho) 2020 di Estonia

Organisasi Alumni

Walikota Solo (saat itu) Joko Widodo dan Prabowo Subianto menghadiri Munas Ikastara 2011

Organisasi resmi bagi alumni SMA Taruna Nusantara adalah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara).[3] Ikastara berdiri pada tanggal 11 Juni 1994 di Magelang dan secara rutin setiap tiga tahun menyelenggarakan pemilihan Pengurus Pusat (PP) Ikastara.

Ikastara tidak sekedar sebuah perhimpunan alumni. Lebih dari itu, Ikastara menjadi wadah bagi para alumni untuk melanggengkan ikatan persaudaraan yang khas, merajut sinergi dalam karya, dan menjaga idealisme alumni dalam rangka mewujudkan janji Tri Prasetya Siswa.[53]

Memanfaatkan momen peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019, Ikastara menginisiasi Gerakan Satu Nusantara yang bertujuan untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda agar tercipta persatuan bangsa Indonesia yang lebih erat. Gerakan ini didasari keprihatinan terhadap potensi disintegrasi bangsa Indonesia dan terpolarisasi-nya masyarakat karena perbedaan pandangan politik, suku, agama, ras maupun gender.[54]

Gerakan Satu Nusantara terdiri dari tiga buah mata kegiatan, yakni Bara Satu Nusantara, Inspirasi Satu Nusantara dan Aksi Satu Nusantara, dan akan mencapai puncaknya pada HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020.[55] Dalam gerakan ini, Ikastara menggandeng sejumlah ikatan alumni SMA terbaik lain di Indonesia.

Pada Munas 2020, anggota Ikastara memilih Prof. Teuku Faisal Fathani sebagai Ketua Umum Ikastara periode 2020-2023.[56]

Nama Angkatan

  1. I : Satoe
  2. II : Paradua
  3. III : Sinergi
  4. IV : Amarta
  5. V : Solid
  6. VI : Sixers
  7. VII : Seveners
  8. VIII : Kolaborasi
  9. IX : Niners
  10. X : Sepultara
  11. XI : Eleveners
  12. XII : Superbatch
  13. XIII : Atlas
  14. XIV : Fortuna
  15. XV : Albatross
  16. XVI : Spektra
  17. XVII : Athena
  18. XVIII : Atmosphere
  19. XIX : Lentera
  20. XX : Prasasti
  21. XXI : Aurora
  22. XXII : Garuda
  23. XXIII : Helios
  24. XXIV : Platinum
  25. XXV : Phoenix
  26. XXVI : Cakrawala
  27. XXVII : Genesis
  28. XXVIII: Arunika
  29. XXIX : Galaxy

Alumni berprestasi

Sejak berdiri tahun 1990, SMA Taruna Nusantara Magelang telah meluluskan ribuan alumni yang kemudian berkiprah di berbagai bidang kehidupan. Banyak di antara mereka yang berprestasi tinggi dan mencapai posisi penting di bidang pengabdian masing-masing.

TNI Angkatan Darat

  1. Kolonel Inf Lucky Avianto (TN 1) – Asops Kasdam XVIII/Kasuari, lulusan terbaik Akmil 1996 (“Adhi Makayasa”)
  2. Kolonel Inf Rudy Saladin (TN 2) – Komandan Korem 074/Warastratama, lulusan terbaik Akmil 1997 (“Adhi Makayasa”)
  3. Kolonel Inf Kristomei Sianturi (TN 2) – Asops Kasdam I/BB, eks Kapendam Jaya/Jayakarta
  4. Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha (TN 2) – Asintel Kasdam III/Siliwangi, eks Ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla
  5. Kolonel Inf Achiruddin (TN 2) – Komandan Grup A Paspampres, eks Komandan Kodim 0506/Tangerang
  6. Kolonel Inf Dwi Sasongko (TN 3) – Asops Kasdam I/Iskandar Muda, lulusan terbaik Akmil 1998 (“Adhi Makayasa”)
  7. Kolonel Kav Valian Wicaksono Magdi (TN 3) – Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat
  8. Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa (TN 2) – Komandan Kodim 0905/Balikpapan
  9. Kolonel Inf Imam Gogor (TN 3) – Ajudan Presiden Joko Widodo, eks Komandan Kodim 0506/Tangerang
  10. Letkol Inf Donny Ismuali Bainuri (TN 3) – Komandan Kodim 0624/Bandung
  11. Kolonel Inf J. Hadiyanto (TN 3) – Komandan Kodim 0415/Batanghari Jambi
  12. Kolonel Inf Ucu Yustiana (TN 3) – Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan
  13. Kolonel Inf Oki Andriansyah Adiwirya (TN 3) – Komandan Kodim 1007/Banjarmasin
  14. Kolonel Inf Fikri Ferdian (TN 4) – Komandan Brigade Infanteri 19
  15. Letkol Inf Perry Sandhi Sitompul (TN 4) – Komandan Kodim 0509/Kab Bekasi
  16. Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra (TN 4) – Komandan Kodim1608/Bima
  17. Letkol Inf. Pomalanthon Badiaraja Tambunan (TN 4) – Komandan Kodim 1804/Kaimana
  18. Letkol Czi Burhannudin (TN 4) – Komandan Kodim 0411/Lampung Tengah
  19. Letkol Arh Nur Subekhi (TN 4) – eks Komandan Kodim 1409/Gowa
  20. Letkol Inf Fadli Mulyono (TN 4) – eks Komandan Kodim 0816/Sidoarjo
  21. Letkol Inf Fikri Ferdian (TN 4) – eks Komandan Kodim 0605/Subang
  22. Letkol Inf Bram Pramudia (TN 4) – eks Komandan Kodim 0734/Yogyakarta
  23. Letkol Cpn Rhino Charles Tuwo (TN 4) – eks Komandan Kodim 1621/Timor Tengah Selatan
  24. Letkol Arh Abraham Kalelo (TN 4) – Komandan Kodim 1604/Kupang
  25. Letkol Inf Mochammad Ghoffar Ngismangil (TN 4) – Komandan Kodim 0312/Padang
  26. Letkol Arm Fajar Catur (TN 5) – Komandan Kodim 1423/Soppeng
  27. Letkol Inf Pio L Nainggolan (TN 5) – Komandan Kodim 1710/Mimika
  28. Letkol Arm Rico Ricardo Sirait (TN 5) – eks Komandan Kodim 0623/Cilegon
  29. Letkol Czi Zaenal Arifin (TN 5) – Komandan Kodim 1414/Tana Toraja
  30. Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno (TN 5) – Komandan Kodim 0809/Kediri
  31. Letkol Arh Novianto (TN 5) – Komandan Kodim 0610/Sumedang
  32. Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan (TN 5) – eks Komandan Kodim 1312/Talaud
  33. Letkol Inf Kukuh Suharwiyono (TN 5) – Komandan Kodim 1205/Sintang
  34. Letkol Arh Aji Prasetyo Nugroho (TN 5) – eks Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan
  35. Letkol Inf Rudy Simangunsong (TN 5) – Komandan Kodim 1612/Manggarai
  36. Letkol Inf Frandi Siboro (TN 5) – Komandan Kodim 1616/Gianyar
  37. Letkol Inf Rio Neswan (TN 5) – Komandan Kodim 1010/Rantau
  38. Letkol Kav Tofan Tri Anggoro (TN 5) – Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi
  39. Letkol Inf Benny Wahyudi (TN 5) – Komandan Kodim 1705/Paniai
  40. Letkol Kav Tody Wahyudi (TN 5) – Komandan Kodim 0609/Cimahi
  41. Letkol Arh Yogi Nugroho (TN 5) – eks Komandan Kodim 0619/Purwakarta
  42. Letkol Inf Krisna Pribudi (TN 6) – Komandan Kodim 0412/Lampung Utara
  43. Letkol Arh Edi Maryono (TN 6) – Komandan Kodim 0605/Subang
  44. Letkol Arm Asep Ridwan SH M.Han (TN 6) – Komandan Kodim 0318/Natuna
  45. Letkol Arh Khoirul Huda (TN 6) – Komandan Kodim 0908/Bontang
  46. Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono (TN 6) – Komandan Kodim 0206/Dairi
  47. Letkol Czi Kurniawan (TN 6) – Komandan Kodim 0706/Temanggung
  48. Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo (TN 6) – Komandan Kodim 0604/Karawang
  49. Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta (TN 6) – Komandan Kodim 1203/Ketapang, lulusan terbaik Akmil 2001 (“Adhi Makayasa”)
  50. Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi (TN 7) – Komandan Kodim 1712/Sarmi, lulusan terbaik Akmil 2002 (“Adhi Makayasa”)
  51. Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (TN 15) – Ajudan Menhan Prabowo Subianto, eks Asisten Ajudan Presiden Joko Widodo

TNI Angkatan Laut

  1. Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat (TN 1) – eks Komandan KRI Diponegoro-365, lulusan terbaik AAL 1996 (“Adhi Makayasa”)
  2. Kolonel Laut (P) M Iwan Kusuma SE (TN 2) – Komandan Satuan Kapal Selam Koarmada II, eks Komandan KRI Cakra-401
  3. Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek (TN 3) – eks Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta
  4. Letkol Laut (P) Bambang Marwoto (TN 3) – eks Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap
  5. Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz (TN 4) – Komandan KRI RE Martadinata-331, eks Komandan KRI Yos Sudarso-353
  6. Letkol Laut (P) Lewis Nainggolan (TN 4) – eks Komandan KRI Diponegoro-365
  7. Letkol Laut (P) I G Putu Iwan (TN 4) – Komandan KRI Frans Kaisepo-368
  8. Letkol Laut (P) Ludfy (TN 4) – Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366, lulusan terbaik AAL 1999 (“Adhi Makayasa”)
  9. Letkol Laut (P) Ahmad Noer Taufik (TN 4) – Komandan KRI Alugoro-405
  10. Letkol Laut (P) Wishnu Ardiansyah (TN 5) – Wadan Satlinlamil Jakarta, eks Komandan KRI Teluk Amboina-508
  11. Letkol Laut (P) Mochamad Achnaf (TN 5) – Komandan KRI Teluk Banten-516
  12. Letkol Laut (P) Agus Setyawan (TN 5) – Komandan KRI Fatahillah-361
  13. Letkol Laut (P) Adam Tjahja (TN 5) – Komandan KRI Diponegoro-365
  14. Letkol Laut (P) Lucky Wuwung (TN 6) – eks Komandan KRI Kujang-642, lulusan terbaik AAL 2001 (“Adhi Makayasa”)
  15. Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso (TN 7) – Komandan KRI Dewaruci
  16. Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan, S.E., MMDS (TN 7) – Komandan KRI Alamang-644
  17. Mayor Laut (P) Topan Agung Yuwono (TN 8) – Komandan KRI Nagapasa-403

TNI Angkatan Udara

  1. Marsma TNI Mohammad Nurdin (TN 1) – Panglima Kosekhanudnas III, eks Ajudan Presiden Joko Widodo
  2. Marsma TNI Frederick Situmorang (TN 1) – Direktur C Bais TNI
  3. Kolonel Pnb Ali Gusman (TN 1) – Komandan Lanud Husein Sastranegara, eks Ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla
  4. Kolonel Pnb Mohammad Apon (TN 1) – Komandan Lanud Mulyono
  5. Kolonel Pnb Andy Ferdinand Picaulima (TN 1) – Komandan Lanud Haluoleo
  6. Kolonel Pnb Andreas Ardianto Dhewo (TN 1) – Komandan Lanud Pattimura
  7. Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono (TN 1) – Atase Pertahanan KBRI Moskow, peraih 2.000 jam terbang bersama F-16 [57]
  8. Kolonel Pnb Wastum (TN 1) – Komandan Wing Taruna AAU, lulusan terbaik AAU 1996 (“Adhi Makayasa”)
  9. Kolonel Pnb Destianto Nugroho Utomo (TN 1) – Atase Udara KBRI Paris
  10. Kolonel Pnb Yose Ridha (TN 2) – Atase Udara KBRI Kuala Lumpur
  11. Letkol Pnb Agus Rohimat (TN 4) – Komandan Skadron Udara 33
  12. Letkol Pnb Nur Alimi (TN 4) – eks Komandan Skadron Udara 16, peraih 3.000 jam terbang bersama F-16 [58]
  13. Letkol Pnb Hendra Supriyadi (TN 5) – eks Komandan Skadron Udara 15, peraih 1.000 jam terbang bersama T-50i
  14. Letkol Pas Roni Wijaya (TN 5) – eks Komandan Detasemen Pertahanan Udara 471 Paskhas
  15. Letkol Pas Pratomo Sariadi Darwan (TN 5) – Komandan Batalyon Komando 467 Paskhas
  16. Letkol Pas Sigit Sasongko (TN 6) – eks Komandan Batalyon Komando 463 Paskhas
  17. Letkol Pnb Dharma Tolopan Gultom (TN 6) – Komandan Skadron Udara 15, peraih 1.000 jam terbang bersama T-50i
  18. Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto (TN 6) – Komandan Skadron Udara 32, lulusan terbaik AAU 2001 (“Adhi Makayasa”)
  19. Letkol Pnb Agus Dwi Ariyanto (TN 7) – Komandan Skadron Udara 3, peraih 3.000 jam terbang bersama F-16
  20. Letkol Pnb Bambang Baskoro Adi (TN 7) – Komandan Skadron Udara 11, peraih 2.000 jam terbang bersama SU-27/30
  21. Letkol Pnb M. Amry Taufanny (TN 7) – Komandan Skadron Udara 1, lulusan terbaik AAU 2002 (“Adhi Makayasa”)
  22. Mayor Pnb Pandu Eka Prayoga (TN 9) – peraih 3.000 jam terbang bersama F-16, lulusan terbaik AAU 2004 (“Adhi Makayasa”)
  23. Mayor Pnb Rahman Fauzi (TN 10), peraih 1.000 jam terbang bersama SU-27/30, lulusan terbaik AAU 2006 (“Adhi Makayasa”)
  24. Kapten Pnb Yanifa Eska Siswiyanto (TN 15), peraih 1.000 jam terbang bersama SU-27/30, lulusan terbaik AAU 2011 (“Adhi Makayasa”)

Polri

  1. Brigjend Pol Jhonny Edison Isir (TN 1) – Wakapolda Sulawesi Utara, eks Ajudan Presiden Joko Widodo, lulusan terbaik Akpol 1996 (“Adhi Makayasa”)
  2. Brigjend Pol Dr. Barito Mulyo Ratmono (TN 1) – Wakil Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara, eks Kapolres Konawe
  3. Kombes Pol Hengki Haryadi (TN 1) – Kapolres Metro Jakarta Pusat, si “Penakluk Hercules” [59]
  4. Kombes Pol Budhi Herdi Susianto (TN 1) – eks Kapolres Metro Jakarta Utara
  5. Kombes Pol Jeremias Rontini (TN 1) – Karoops Polda Papua, eks Dansat Brimob Polda Papua, eks Kapolres Jayapura Kota, Mimika, dan Boven Digoel
  6. Kombes Pol Erwin Kurniawan (TN 1) – Kapolres Metro Jakarta Timur
  7. Kombes Pol Armaini (TN 1) – Kapolresta Yogyakarta
  8. Kombes Pol Rendra Salipu (TN 1) – Dansat Brimob Polda Kepri, eks Kapolres Binjai
  9. Kombes Pol Sony Sanjaya (TN 1) – Dansat Brimob Polda Sulteng, eks Wakasat Brimob Polda Papua, eks Kapolres Nabire
  10. Kombes Pol Hendra Wirawan (TN 1) – eks Kapolres Kota Waringin Timur
  11. Kombes Pol Leo Andi Gunawan (TN 1) – eks Kapolres Muaraenim
  12. Kombes Pol Dasuki Herlambang (TN 1) – eks Kapolres Kuantan Singingi
  13. Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra (TN 1) – Kapolrestabes Palembang
  14. Kombes Pol Dolifar Manurung (TN 1) – eks Kapolres Indragiri Hilir
  15. Kombes Pol Boro Windu Danandito (TN 3) – eks Kapolres Gresik
  16. Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi (TN 3) – eks Kapolresta Tangerang
  17. AKBP Ronald Reflie Rumondor (TN 1) – eks Kapolres Wonogiri, eks Kapolres Minahasa
  18. AKBP Dafcoriza (TN 3) – eks Kapolres Gorontalo
  19. AKBP Rizky Ferdiansyah (TN 3) – Kapolres Sleman
  20. AKBP Yudianto Adhi Nugroho (TN 4) – eks Kapolres Magelang
  21. AKBP Boyke Karel Wattimena (TN 4) – Kapolres Bontang, eks Kapolres Tojo Una-Una
  22. AKBP Anom Karibianto (TN 4) – Kapolres Tasikmalaya
  23. AKBP Yimmy Kurniawan (TN 5) – eks Kapolres Sragen dan Salatiga, lulusan terbaik Akpol 2000 (“Adhi Makayasa”)
  24. AKBP Edhi Cahyono (TN 5) – eks Kapolres Serang Kota
  25. AKBP Roland Ronaldy (TN 5) – eks Kapolres Bogor dan Cirebon Kota
  26. AKBP Kusworo Wibowo (TN 5) – eks Kapolres Gresik dan Jember
  27. AKBP Setyo Koes Heriyatno (TN 5) – Wakapolresta Jakarta Pusat, eks Kapolres Mojokerto
  28. AKBP Ruruh Wicaksono (TN 5) – Kapolres Tuban, eks Kapolres Madiun
  29. AKBP Rokhmad Hari Purnomo (TN 5) – Kapolres Tanah Datar
  30. AKBP Cahyo Dipo Alam (TN 5) – Kapolres Anambas
  31. AKBP Nurochman Nulhakim (TN 5) – Kapolres Aceh Tengah
  32. AKBP Riza Faisal (TN 5) – Kapolres Aceh Utara, eks Kapolres Palu
  33. AKBP Yustinus Setyo Indriyono (TN 5) – Kapolres Tanah Karo
  34. AKBP Widy Saputra (TN 5) – Kapolres Sumbawa
  35. AKBP Ronald A Purba (TN 5) – Kapolres Magelang
  36. AKBP Arief Fitrianto (TN 6) – Kapolres Gresik
  37. AKBP Anggun Cahyono (TN 6) – Kapolres Dharmasraya
  38. AKBP Afandi Eka Putra (TN 6) – Kapolres Barito Timur
  39. AKBP Indra Setiawan (TN 6) – Kapolres Purwakarta
  40. AKBP Erick Frendiz (TN 6) – Kapolres Pasuruan, eks Kapolres Bondowoso
  41. AKBP Harviadhi Agung (TN 6) – Kapolres Nganjuk, eks Kapolres Batu
  42. AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso (TN 6) – Wakapolresta Jakarta Barat, lulusan terbaik Akpol 2001 (“Adhi Makayasa”)
  43. AKBP Dr. Iman Imanuddin (TN 6) – Kapolres Tangerang Selatan
  44. AKBP Hendri Umar (TN 7) – Kapolres Kabupaten Malang
  45. AKBP Nugroho Ari Setyawan (TN 7) – eks Kapolres Magelang, lulusan terbaik Akpol 2002 (“Adhi Makayasa”)
  46. AKBP Ronaldo M.T.P.P Siregar (TN 7) – Kapolres Bulungan
  47. AKBP Wirdhanto Hadicaksono (TN 8) – Kapolres Garut
  48. AKBP Wahyu Nugroho (TN 8) – Kapolres Sukoharjo
  49. AKBP Irwansah (TN 8) – Kapolres Gunung Mas
  50. AKBP Muharman Arta (TN 8) – Kapolres Tanjab Barat
  51. AKBP Ardi Rahananto (TN 8) – Kapolres Morowali
  52. AKP Syarif Muhammad Fitriansyah (TN 17) – Asisten Ajudan Presiden Joko Widodo

Bisnis

  1. Aprilandi Hidayat Setia (TN 1) – Direktur Niaga PT Aneka Tambang Tbk [60]
  2. Capt. Miftahul Ahsan (TN 1) – pengusaha tempat wisata Bukit Bunda Blitar,[61] eks pilot Qatar Airways [62]
  3. Antonius Puguh Widyoko (TN 2) – Director CapSquare Asia Partners
  4. David Ratadhi Wironegoro (TN 3) – Komisaris PT Akses Pelabuhan Indonesia
  5. Agung Wicaksono (TN 3) – Managing Director PT. Jababeka Infrastruktur, eks Dirut PT Transjakarta,[63] eks DirOps PT MRT Jakarta [64]
  6. Mega Satria (TN 3) – Direktur Keuangan PT Pelindo II, eks Direktur Keuangan PT Bukit Asam,[65] eks Direktur Keuangan Citilink [66]
  7. Dr. Oki Muraza (TN 4) – Senior Vice President, Research and Innovation Pertamina
  8. M. Rachmat Kaimuddin (TN 5) – Chief Executive Officer Bukalapak,[67] eks Direktur Keuangan dan Strategi Bank Bukopin [68]
  9. Muhammad Fitrah (TN 5) – ASEAN General Manager Workday,[69] eks Sales Director Oracle,[70] eks Country Manager Infor [71]
  10. Daud Joseph (TN 5) – Komisaris Utama di PT. Steady Safe, eks Direktur Operasi PT. TransJakarta
  11. Muhammad Suhada (TN 5) – Vice President Information Technology di Blue Bird Group [72]
  12. Capt. Wamildan Tsani Panjaitan (TN 6) – Director of Safety Security and Quality Batik Air [73]
  13. Andy Arvianto (TN 6) – Direktur Keuangan PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama [74]
  14. Fajrin Noor Hermansyah (TN 8) – Direktur PT. Bareksa Portal Investasi [75]
  15. Riri Muktamar Rusydi (TN 7) – Chief Executive Officer Tulus Company
  16. Bahar Riand Passa (TN 8) – pemilik jaringan restoran “Ayam Penyet President” di Singapura [76]
  17. Sayed Musaddiq (TN 8) – Partner Skha Consulting
  18. Tedi Bharata (TN 9) – Komisaris PT Pertamina Patra Niaga [77]
  19. Pramoda Dei Sudarmo (TN 11) – Komisaris Independen Bank Neo Commerce
  20. Gervasius Samosir (TN 12) – Country Head Indonesia di YCP Solidiance,[78] “40 under 40” oleh Majalah Prestige Indonesia [79]
  21. Ryan Putera Manafe (TN 16) – CEO & Co-Founder Dagangan, eks CEO & Co-Founder PT Surya Utama Nuansa
  22. Bernadus Setya Ananda Wijaya (TN 17) – Chief Executive Officer PT. Sucor Sekuritas, “30 under 30” oleh Majalah Forbes Indonesia
  23. Guinandra Jatikusumo (TN 18) – Principal Sea Capital Investment Management

Politik

  1. Ibnu Ariebowo (TN 4) – anggota DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 [80]
  2. Sugiono, MBA (TN 5) – anggota DPR RI periode 2019-2024 [81] dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra [82]
  3. Agus Harimurti Yudhoyono MSc. MPA. (TN 5) – Ketua Umum Partai Demokrat,[83]lulusan terbaik Akmil 2000 (“Adhi Makayasa”)
  4. Prasetyo Hadi (TN 6) – Anggota DPR RI periode 2020-2024 [84]
  5. Retno Wardhani (TN 8) – Wakil Ketua DPRD Lamongan [85]
  6. Aditya Halindra Faridzki (TN 18) – Bupati Tuban periode 2020-2024, eks anggota DPRD Jawa Timur termuda periode 2019-2024 [86]
  7. Said Fachri (TN 18) – anggota DPRD Kota Lhokseumawe periode 2019-2024 [87]
  8. Irwansyah (TN 20) – anggota DPRD Kudus termuda periode 2019-2024 [88]

Pemerintahan

  1. Tribuana Wetangterah (TN 1) – Kepala Kantor Bea Cukai Atambua [89]
  2. Khasan Ashari (TN 1) – Wakil Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, eks Direktur Sekdilu Kementerian Luar Negeri [90][91]
  3. Ari Juliano Gema (TN 2) – Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, eks Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif[92]
  4. Dr.-Eng. Ruta Ireng Wicaksono, ST, M.Eng. (TN 3) – Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Tangerang [93]
  5. Bimo Wijayanto, PhD (TN 3) – Mantan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI [94] dan Asisten Deputi Investasi Strategis Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi [95]
  6. Edy Wibowo SH. MH. (TN 4) – Asisten Hakim Agung di Mahkamah Agung [96]
  7. Febrio Kacaribu, PhD (TN 4) – Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan,[97] eks Kepala Bidang Makroekonomi dan Kebijakan Sektor Keuangan, LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia [98]
  8. Gerrits P. Tampubolon (TN 6) – Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tarakan
  9. Syarif Syahrial (TN 5) – Direktur Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan [99]
  10. Hilman Pujana (TN 7) – Kepala Kanwil VI Makassar Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)
  11. Tedi Bharata (TN 9) – Deputi Bidang SDM dan Teknologi Informasi, Kementerian BUMN
  12. Pramoda Dei Sudarmo, MBA (TN 11) – Staf Khusus Menteri Pendidikan RI 2019-2024 Nadiem Makarim

Akademisi

  1. Prof. Teuku Faisal Fathani, PhD (TN 1) – Guru Besar Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada,[100] penemu alat pendeteksi longsor [101]
  2. Sri Nugroho, PhD (TN 1) – Associate Professor Departemen Teknik Mesin Universitas Diponegoro [102]
  3. Dr. Eng. Tritiya A. R. Arungpadang, ST, MT (TN 1) – Teknik Mesin Universitas Sam Ratulangi [103]
  4. Rudy Raymond Harry Putra, PhD (TN 3) – Researcher di IBM Tokyo,[104] pakar komputer kuantum, pemegang 25 paten algoritma dan data mining [105]
  5. Dr. tech Wikan Danar Sunindyo (TN 3) – Lektor Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung [106]
  6. Yogi Vidyattama, PhD (TN 3) – Associate Professor di University of Canberra [107]
  7. Dr. Oki Muraza (TN 4) – Associate Professor di King Fahd University of Petroleum and Minerals Jeddah,[108][109] World Class Professor [110]
  8. Yos Sunitiyoso, PhD (TN 4) – Direktur Program MBA Institut Teknologi Bandung[111]
  9. Prof. Enade Perdana Istyastono Ph.D., Apt. (TN 5) – Guru Besar Farmasi Universitas Sanata Dharma [112]
  10. Yudha Pratomo, PhD (TN 5) – Rektor Universitas Sumatera Selatan [113]
  11. Dani Miftahul Akhyar, ST. MSi (TN 5) – dosen ilmu komunikasi di Universitas Multimedia Nusantara
  12. Hargyo Tri Nugroho I., S.Kom., M.Sc. (TN 7) – dosen teknik komputer di Universitas Multimedia Nusantara [114]
  13. Nanik Purwanti, PhD (TN 7) – Lektor di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor, peraih penghargaan National Fellowship L’Oreal-UNESCO For Women in Science 2014 [115]
  14. Rezy Pradipta, PhD (TN 9) – Research Scientist di Boston College [116]
  15. Nathanael Gratias Sumaktoyo, PhD (TN 12) – Assistant Professor of Political Science di the National University of Singapore
  16. Ayu Pratiwi, PhD (TN 12) – Postdoctoral Researcher di University of Turku
  17. Afriyanti Sumboja, PhD (TN 13), Lektor Institut Teknologi Bandung, Peraih penghargaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Young Scientist Award (LYSA) 2020 [117]

Kesehatan

  1. dr. Budiman Kharma, M.Sc, Ph.D (TN 3) – Patologi Klinis, Chief Scientist, NextGem – Kobe, Japan
  2. dr Perwira Bintang Hari, Sp.OT (K) (TN 6) – Konsultan Spine, RSUD Dr. Dorys Sylvanus, Palangkaraya
  3. dr. Wikan Kurniawan Sp. U (TN 7) – Konsulen Urologi, RS UGM, Yogyakarta
  4. dr. Mohammad Ardhian Syaifuddin SpFM (TN 7) – Konsulen Forensik dan Medikolegal RSCM, Jakarta
  5. dr. Muhammad Arsyi, SPJP (TN 8) – Dokter Spesialis Jantung, Bandung
  6. dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG (TN 8) – Dokter Spesialis Obsgyn RSCM, Jakarta
  7. dr. Ida Bagus Ramajaya Sutawan, M.Biomed., Sp.A (TN 10) – DSA RSUD Sanglah, Denpasar
  8. dr. Ratih Puspita, SpA (TN 10) – DSA RSUD Sukabumi
  9. dr. Erika Nurhandayani Zoulba, Sp.KK (TN 10) – Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, RSUD Kebayoran Baru, Jakarta
  10. dr. Teguh Dwi Nugroho, M. Biomed, Sp. B (TN 10) – Konsulen Bedah, RSUD Kefamenanu, NTT
  11. dr. Marda Ade Saputra, Sp.OT (TN 12) – Konsulen Orthopaedi RSUD Wirosaban, Yogyakarta

Lain-lain

  1. Capt. Heri Martanto (TN 1) – Wakil Ketua Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI)[118]
  2. Steve Manahampi (TN 2) – Anggota Dewan Arsitek Indonesia, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta [119]
  3. Eddri Sumitra (TN 7) – novelis “Rahasia Meede” dan “Negara Kelima” [120] dan penulis film “Republik Twitter” [121]
  4. Eliza Vitri Handayani (TN 8) – novelis “From Now On Everything Will Be Different”,[122] pemenang Anugerah Adikarya 2004
  5. Lori Singer (TN 11) – Produser CNBC Indonesia, eks Reporter Bloomberg TV, eks News Anchor Metro TV [123]
  6. Bayu Eka Sari Teguh (TN 16) – Asisten Pelatih Timnas Sepakbola Indonesia 2017-2019 Luis Milla [124]

Referensi

  1. ^ The Pali Text Society’s Pali-English Dictionary “taruna”: https://dsal.uchicago.edu/cgi-bin/app/pali_query.py?qs=taru%E1%B9%87a&searchhws=yes
  2. ^ “Gita Bahana Nusantara Marching Band | Situs Berita Marching Band Indonesia”(dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-24. Diakses tanggal 2020-02-24.
  3. ^ “DAFTAR PERINGKAT OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2006 SMA – BIDANG MATEMATIKA NAMA ASAL SEKOLAH PROVINSI MEDALI – PDF Download Gratis”. docplayer.info. Diakses tanggal 2021-02-08.
  4. ^ “medali-OSN-2007”. Scribd. Diakses tanggal 2021-02-08.
  5. ^ surya, yohanes (2005). “Sejarah TOFI 1994”. yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021.
  6. ^ “IPhO 1995 – Individual Results”. ipho-unofficial.org. Diakses tanggal 2021-02-19.
  7. ^ Surya, Yohanes (1995). “sejarah tofi 1995”. yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021.
  8. ^ “kimi@net”. www.kimianet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-15.
  9. ^ “Bahar Riand Passa”. www.fisikanet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  10. ^ Pradityo, Sapto (26 juni 2018). “Antara Fisika, Mertua, dan Amerika”. detik news. Diakses tanggal 19-02-2021.
  11. ^ Surya, Yohanes (2003). “Sejarah TOFI 2003”. yohanes surya. Diakses tanggal 19-02-2021.
  12. ^ Surya, Yohanes (2005). “Sejarah TOFI 2001”. yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021.
  13. ^ Surya, Yohanes (2001). “Sejarah TOFI 2001”. yohanes surya. Diakses tanggal 19-02-2021.
  14. ^ pradityo, sapto. “Ke Mana Para Jenius Indonesia Pergi”. detikx. Diakses tanggal 2021-02-08.
  15. ^ “13-th International Biology Olympiad”. www.ibo2002.lv. Diakses tanggal 2021-02-15.
  16. ^ “https://news.detik.com/x/detail/intermeso/20180625/Kemana-Pergi-Para-Jenius-Indonesia/”. detikx. Diakses tanggal 2021-02-08. Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  17. ^ “Rangga Perdana Budoyo”. www.fisikanet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  18. ^ Surya, Yohanes (2005). “Sejarah TOFI 2005”. Yohanes Surya. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-01. Diakses tanggal 8 Februari 2021.
  19. ^ “fisik@net”. www.fisikanet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  20. ^ “KSN Informatika”. ksn.toki.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  21. ^ surya, yohanes (2011). “Sejarah TOFI 2007”. yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021.
  22. ^ admin. “Peraih Medali Emas Olimpiade Fisika Asia IX | Kopertis III” (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08.
  23. ^ Media, Kompas Cyber. “Indonesia Raih Dua Emas pada Olimpiade Fisika”. KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-02-08.
  24. ^ antaranews.com (2008-08-27). “Indonesia Raih Empat Emas di Olimpiade Astronomi 2008”. Antara News. Diakses tanggal 2021-02-08.
  25. ^ “Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi”. Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28.
  26. ^ “India Juara Umum Olimpiade Astronomi”. Tempo (dalam bahasa Inggris). 2008-08-28. Diakses tanggal 2021-02-28.
  27. ^ “Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi”. Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28.
  28. ^ “India Juara Umum Olimpiade Astronomi”. Tempo (dalam bahasa Inggris). 2008-08-28. Diakses tanggal 2021-02-28.
  29. ^ Liputan6.com (2009-07-31). “Tim Olimpiade Kimia Indonesia Gagal Raih Emas”. liputan6.com. Diakses tanggal 2021-02-15.
  30. ^ Okezone (2010-07-30). “Koleksi Prestasi Hantar Andra Kuliah di Australia : Okezone News”. https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2021-02-28. Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  31. ^ Media, Kompas Cyber. “Indonesia Raih 3 Perak dan 2 Perunggu”. KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-02-08.
  32. ^ Liputan6.com (2011-04-21). “Timnas IChO 2010 Mengharumkan Nama Bangsa”. liputan6.com. Diakses tanggal 2021-02-08.
  33. ^ “Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi”. Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28.
  34. ^ “Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi”. Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28.
  35. ^ “Direktorat SMA”. psma.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-08. Diakses tanggal 2021-02-08.
  36. ^ “International Mathematical Olympiad”. www.imo-official.org. Diakses tanggal 2021-02-08.
  37. ^ elhubby. “Indonesia Raih Medali di Olimpiade Geografi Jerman”. KASKUS. Diakses tanggal 2021-02-15.
  38. ^ “Ungguli China & India, Indonesia Jadi ‘Absolute Winner’ Olimpiade Fisika Se-Asia”. detiknews. Diakses tanggal 2021-02-08.
  39. ^ Surya, Yohanes (2014-01-08). “Tim Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas di IZhO ke-10”. Yohanes Surya. Diakses tanggal 8 februari 2021.
  40. ^ Media, Kompas Cyber. “Irfan, Siswa Taruna Nusantara Peraih “Grand Champion” Kontes Matematika Dunia Halaman all”. KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-02-14.
  41. ^ “Kisah Kinantan Arya Bagaspati, Tiga Tahun Harumkan Indonesia di Olimpiade Matematika Dunia – Semua Halaman – Sosok”. sosok.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  42. ^ “Hall of Fame: APIO » Tim Olimpiade Komputer Indonesia” (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08.
  43. ^ “Prestasi Irfan Urane Azis & Ilham Urane Azis, Putra Idham Azis Sukses Raih Nilai Tertinggi di Akpol”. Tribun Jakarta. Diakses tanggal 2021-02-08.
  44. ^ “Kisah Kinantan Arya Bagaspati, Tiga Tahun Harumkan Indonesia di Olimpiade Matematika Dunia – Semua Halaman – Sosok”. sosok.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  45. ^ “Siswa SMA Indonesia Raih 2 Perak dan 2 Perunggu pada IGeo 2018”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (dalam bahasa Inggris). 2018-08-15. Diakses tanggal 2021-02-08.
  46. ^ “Hall of Fame: APIO » Tim Olimpiade Komputer Indonesia” (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08.
  47. ^ “Hall of Fame: IOI » Tim Olimpiade Komputer Indonesia” (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08.
  48. ^ “TarunaNusantara”. tarunanusantara.sch.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  49. ^ “Kisah Kinantan Arya Bagaspati, Tiga Tahun Harumkan Indonesia di Olimpiade Matematika Dunia – Semua Halaman – Sosok”. sosok.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  50. ^ “TarunaNusantara”. tarunanusantara.sch.id. Diakses tanggal 2021-02-15.
  51. ^ Agency, ANTARA News. “Indonesia raih juara dua pada ajang International Economics Olympiad – ANTARA News Aceh”. Antara News. Diakses tanggal 2021-02-08.
  52. ^ “TarunaNusantara”. tarunanusantara.sch.id. Diakses tanggal 2021-02-08.
  53. ^ cayindra. “Tentang Ikastara”. Ikastara (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-25. Diakses tanggal 2020-02-24.
  54. ^ SUARAKARYA.ID. “Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Membumikan Semangat Sumpah Pemuda”. SUARAKARYA.ID (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-24.
  55. ^ Agency, ANTARA News. “Ikatan alumni SMA se-Indonesia dirikan Gerakan Satu Nusantara”. ANTARA News Jawa Timur. Diakses tanggal 2020-02-24.
  56. ^ https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/VNnXep1k-pandemi-ikastara-gelar-suksesi-kepengurusan-secara-daring. Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  57. ^ “Letkol Pnb Firman “Foxhound” Dwi Cahyono Raih 2000 Jam Terbang F-16″.
  58. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Media
  59. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Liputan6.com
  60. ^ https://www.cnbcindonesia.com/market/20190424144233-17-68583/antam-rombak-3-direksi-2-komisaris-siapa-saja-mereka
  61. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama tribunnews.com
  62. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama money.kompas.com
  63. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama megapolitan.kompas.com
  64. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Mediatama
  65. ^ Mediatama, Grahanusa (2018-04-11). “Bukit Asam tunjuk direktur keuangan baru”. kontan.co.id. Diakses tanggal 2019-12-23.
  66. ^ “CONTROLLING TURBULENCE LIKE CFO CITILINK INDONESIA MEGA SATRIA”. Executive MM in Strategic Management. Diakses tanggal 2019-12-23.
  67. ^ Media, Kompas Cyber. “Mengenal Rachmat Kaimuddin, CEO Baru Bukalapak”. KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-12-23.
  68. ^ Mediatama, Grahanusa (2019-12-02). “Rachmat Kaimuddin akan perkuat strategi bisnis Bank Bukopin di era industri 4.0 – Page all”. kontan.co.id. Diakses tanggal 2019-12-23.
  69. ^ https://industri.kontan.co.id/news/perusahaan-teknologi-cloud-workday-ekspansi-ke-indonesia-dukung-transformasi-digital. Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  70. ^ Sim, Kathleen. “The Oracle Digital Prime Technology Sales Team is hiring in Singapore!”. blogs.oracle.com. Diakses tanggal 2019-12-23.
  71. ^ Infor Industry Forum 2014 – Interview Muhammad Fitrah, diakses tanggal 2019-12-23
  72. ^ https://w.media/digital-transformation-takes-flight-at-blue-bird-group/ Periksa nilai |url=(bantuan). Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  73. ^ Djaman, Fachri (2019-08-10). “Komitmen dalam Keselamatan Penerbangan, Batik Air Gelar Simulasi Tanggap Darurat”. Makassar Terkini. Diakses tanggal 2019-12-23.
  74. ^ https://www.tppi.co.id/index.php/pages/our-team
  75. ^ Development, Social Media. “Fajrin Noor Hermansyah: Totalitas dalam Mengerjakan Suatu Pekerjaan – Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII” (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-05.
  76. ^ “Ayam Penyet President Mendunia Lewat Singapura, Ini Dia Rahasia Suksesnya”. Tribunnews.com. Diakses tanggal 2019-12-23.
  77. ^ https://pertaminapatraniaga.com/manajemen
  78. ^ “Solidiance – Gervasius Samosir”. www.solidiance.com. Diakses tanggal 2019-12-23.
  79. ^ “40 Under 40 The Vanguards: Gervasius Samosir – Prestige Online – Society’s Luxury Authority”. Prestige Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-23.
  80. ^ “RM. Ibnu Ariebowo Kusomo”. DPRD.JabarProv.go.id. Diakses tanggal 2019-12-20.
  81. ^ Purwanto (2019-11-11). “Komisi I DPR Minta Prabowo Tangani Serius Papua”. Tempo(dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-20.
  82. ^ “SUSUNAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN PUSAT PARTAI GERINDRA” (PDF).
  83. ^ https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200315135849-32-483577/ahy-terpilih-aklamasi-jadi-ketum-demokrat-2020-2025%7C
  84. ^ https://nasional.kompas.com/read/2020/09/01/13364621/dpr-lantik-prasetyo-hadi-untuk-gantikan-harry-poernomo-dari-gerindra
  85. ^ Bhirawa, Danu. “Wajah Baru Pimpinan DPRD Lamongan”. Harian Bhirawa Online(dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-20.
  86. ^ redaksi (2019-08-14). “Aditya Halindra, Anggota DPRD Jatim Termuda”. Nawacita(dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-20.
  87. ^ https://aceh.tribunnews.com/2019/09/10/said-fachri-politisi-pna-paling-muda-dan-masih-lajang-di-dprk-lhokseumawe-tetapi
  88. ^ JawaPos.com (2019-08-21). “Semua Sudah Digariskan oleh Allah SWT”. radarkudus.jawapos.com. Diakses tanggal 2019-12-20.
  89. ^ developer, mediaindonesia com (2019-11-06). “Bea Cukai Atambua Salah Satu Kantor Pelayanan Terbaik di Kemenkeu”. mediaindonesia.com. Diakses tanggal 2019-12-23.
  90. ^ “Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri Sekdilu | Portal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia”. kemlu.go.id. Diakses tanggal 2019-12-23.
  91. ^ TNSatu.org, Administrator (2019-01-18). “Menlu Retno Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan 16 Pimpinan Tinggi Pratama”. TNSatu Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-23.
  92. ^ BEKRAF, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia-. “Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi”. www.bekraf.go.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi aslitanggal 2020-02-05. Diakses tanggal 2020-02-05.
  93. ^ {{Cite web|url=https://tangerangraya.co.id/12-pegawai-berebut-kursi-jabatan-kosong
  94. ^ “Bimo Wijayanto dalam Sapa Indonesia Malam KompasTV: ‘Mengawal Proses Pergantian Pimpinan KPK’ – Kantor Staf Presiden”. ksp.go.id. Diakses tanggal 2019-12-23.
  95. ^ “Pengumuman Lelang Jabatan” (PDF). maritim.go.id. Diakses tanggal 2020-08-14.
  96. ^ gatekeeper (2018-05-14). “Fungsi Arbitrase LAPSPI bagi Pengusaha menurut Edy Wibowo”. LAPSPI (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-23.
  97. ^ “Menteri Keuangan Melantik Febrio Kacaribu Jadi Kepala Badan Kebijakan Fiskal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia”. Diakses tanggal 2020-04-24.
  98. ^ “Febrio N. Kacaribu, Ph.D.” Institute for Economic and Social Research – Faculty of Economics and Business – University of Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-01.
  99. ^ “LPMUKP Biayai Wirausaha Baru Perikanan”. Tribunnews.com. Diakses tanggal 2019-12-23.
  100. ^ “Pengurangan Risiko Bencana Salah Satu Prioritas Pembangunan | Seremonia”. 2018-05-04. Diakses tanggal 2019-12-20.
  101. ^ Liputan6.com (2016-05-11). “Keren, Pendeteksi Longsor Buatan Peneliti Indonesia Ini Mendunia”. liputan6.com. Diakses tanggal 2020-01-13.
  102. ^ “Sri Nugroho | Department of Mechanical Engineering” (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-05.
  103. ^ [1]
  104. ^ “Rudy Raymond H.P. – IBM”. researcher.watson.ibm.com (dalam bahasa Inggris). 2016-07-25. Diakses tanggal 2020-02-01.
  105. ^ “Rudy Raymond, Pemegang 15 Paten Komputer Kuantum”. Kompas.id (dalam bahasa Inggris). 2018-09-13. Diakses tanggal 2019-12-20.
  106. ^ [2]
  107. ^ “Yogi Vidyattama”. University of Canberra Research Portal (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-01.
  108. ^ “Prof. Dr. Oki Muraza”.
  109. ^ “Ilmuwan Diaspora Hadir di Universitas Cenderawasih”.
  110. ^ Kemaritiman, Oleh Humas Kemenko. “Menko Luhut Menerima World Class Professor in Indonesia, Dr. Oki Muraza”. Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI. Diakses tanggal 2019-12-20.
  111. ^ “Dr Yos Sunitiyoso”. Australia-Indonesia Centre (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-05.
  112. ^ “Dosen – Enade Perdana Istyastono – Universitas Sanata Dharma”. www.usd.ac.id. Diakses tanggal 2020-02-05.
  113. ^ “Yudha Pratomo Mahyuddin Jabat Rektor Universitas Sumatera Selatan”. Sriwijaya Post. Diakses tanggal 2019-12-20.
  114. ^ https://www.umn.ac.id/dosen/hargyo-tri-nugroho/?
  115. ^ Okezone (2014-10-13). “Dua Dosen IPB Diganjar L’Oreal-UNESCO Award : Okezone News”. https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2020-02-05. Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  116. ^ Media, Kompas Cyber. “Ini Dia Diaspora Muda yang Jadi Ilmuwan di Universitas Boston Amerika Serikat Halaman all”. KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-12-20.
  117. ^ “Peraih LYSA 2020 Kembali ke Indonesia Setelah 13 Tahun, Ini Alasannya”.
  118. ^ Industry.co.id (2019-01-10). “Puluhan Pilot Deklarasikan Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia”. Industry.co.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2019-12-20.
  119. ^ Media, Kompas Cyber. “”Arsitek Sama Tukang Becak, Nggak Ada Bedanya””. KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-12-20.
  120. ^ Post, The Jakarta. “E.S. Ito: In fiction, reality works better”. The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-20.
  121. ^ “Pujian Republik Twitter untuk Mahasiswa dan Demonstran Makassar”. Tribun Timur. Diakses tanggal 2019-12-20.
  122. ^ “‘Speaking Up Won’t Ruin Your Career’: Eliza Vitri Handayani Tells Women Writers”. Jakarta Globe. Diakses tanggal 2020-01-14.
  123. ^ Lori Singer – Headline News, diakses tanggal 2019-12-20
  124. ^ Fasih Bahasa Spanyol, Bayu Eka Tinggalkan Gaji Tinggi demi Kenyamanan Kerja

Pranala luar

  1. SMA Taruna Nusantara Situs resmi
  2. Ikatan Alumni Taruna Nusantara Situs Alumni
  3. Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara Diarsipkan 2019-12-25 di Wayback Machine. Situs Resmi

Artikel ini tidak memiliki kategori.

Tolong bantu Wikipedia untuk menambahkan kategori.

Tag ini diberikan pada Maret 2020.

Kategori:

  • Artikel sekolah November 2021
  • Artikel yang tidak memiliki kategori November 2021
  • Sekolah menengah atas di Jawa Tengah
  • Mertoyudan, Magelang

Menu navigasi

  • Belum masuk log
  • Pembicaraan
  • Kontribusi
  • Buat akun baru
  • Masuk log
  • Halaman
  • Pembicaraan
  • Baca
  • Sunting
  • Sunting sumber
  • Lihat riwayat

Pencarian

  • Halaman Utama
  • Daftar isi
  • Perubahan terbaru
  • Artikel pilihan
  • Peristiwa terkini
  • Halaman baru
  • Halaman sembarang

Komunitas

  • Warung Kopi
  • Portal komunitas
  • Bantuan

Wikipedia

  • Tentang Wikipedia
  • Pancapilar
  • Kebijakan
  • Menyumbang
  • Hubungi kami
  • Bak pasir

Bagikan

  • Facebook
  • Twitter

Perkakas

  • Pranala balik
  • Perubahan terkait
  • Halaman istimewa
  • Pranala permanen
  • Informasi halaman
  • Kutip halaman ini
  • Butir di Wikidata
  • Pranala menurut ID

Cetak/ekspor

  • Buat buku
  • Unduh versi PDF
  • Versi cetak

Bahasa lain

  • English

Sunting pranala

  • Halaman ini terakhir diubah pada 1 November 2021, pukul 22.13.
  • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.
  • Kebijakan privasi
  • Tentang Wikipedia
  • Penyangkalan
  • Tampilan seluler
  • Pengembang
  • Statistik
  • Pernyataan kuki

 

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus