Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
SMA Tarnus Magelang

Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara

Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara

Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara – SMA Taruna Nusantara yang lebih dikenal di masyarakat dengan SMA TN atau TarNus ini merupakan salah satu sekolah yang sungguh luar biasa. Memiliki guru pengajar yang berkualitas dengan siswa yang merupakan pilihan dari seluruh pelosok tanah air yang melalui tahap seleksi yang begitu ketat, ditambah lagi dengan sarana dan prasaranan yang memadai dapat menghasilkan output yang mampu berdaya saing dan memang diciptakan untuk menjadi calon kader pemimpin bangsa dimasa yang akan datang.

Perjalanan panjang nan berliku, mulai dari tahap pendaftaran, segala macam seleksi yang akan menunjukan kualitas dari masing-masing individu sebagai calon siswa SMA TN, mulai dari Tes akademik, tes Psikologi, dan tes kesehatan, dilanjutkan dengan pendaftaran ulang di Kampus yang terletak di Jalan Purworejo Km. 5, baru kemudian resmi menjadi seorang siswa SMA TN. SMA Taruna Nusantara memiliki motto “Demi Memajukan Masa Depan Bangsa, Negara dan Dunia”.

Di SMA Taruna Nusantara siswa dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia.

 

SMA ini sudah melahirkan alumni-alumni terbaik yang saat ini memiliki jabatan penting diberbagai bidang. Sistem pendidikan yang berkualitas membuat banyak anak bangsa yang ingin masuk ke sekolah ini. Persyaratan masuk SMA Taruna Nusantara juga tergolong yang paling ketat untuk tingkatan SMA. Selain harus memiliki prestasi akademik yang baik, calon siswa juga harus bersaing dengan calon lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah beberapa informasi mengenai SMA Taruna Nusantara Magelang.

Taruna Nusantara atau SMATaruna magelang (atau disebut juga dengan Tarnus atau TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas dengan sistem asrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan.

SMA Taruna Nusantara memiliki lahan seluas 23 hektare. Sekarang sekolah ini mempunyai siswa sebanyak 1107 orang yang terdiri dari siswa putra dan putri dan keseluruhan jumlah kelasnya ada 30 Kelas. Sekolah memberikan fasilitas kepada para siswanya, seperti : 2 buah Laboratorium Bahasa, Laboratorium kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, studio musik, Ruang Komputer, Perpustakaan, tempat Olah Raga dan sepak Bola serta lapangan tennis, Kolam Renang, Ruang senam. Semua siswa mengenakan pakaian seragam yang diberikan oleh sekolah.

Berikut ini beberapa Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara, antara lain :

  • Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara ke-1 : Belajarlah dengan giat seluruh materi Ujian Nasional. Tes yang paling banyak menggugurkan calon siswa SMA Taruna Nusantara adalah tes Akademik. Jika kalian sudah lolos tes akademik, kalian bisa mengikuti tes selanjutnya.
  • Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara ke-2 : Persiapkan mental kalian sekuat baja. Karena saat kalian masuk ke SMA Taruna Nusantara, Kalian akan menjalani Pendidikan Dasar Kepemimpinan selama 3 bulan. Dalam masa PDK kalian akan diperkenalkan bagaimana cara hidup di SMA Taruna Nusantara.
  • Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara ke-3 : Persiapan fisik kalian
  • Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara ke-4: Jangan lupa berdoa dan meminta restu kepada orang tua. Doa akan membuat kalian semakin percaya diri untuk menghadapi tes saat masuk SMA Taruna Nusantara.
  • Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara ke-5 : Bangunlah mental kalian dari sekarang. Saat kalian masuk di SMA Taruna Nusantara, Kalian akan menemukan calon siswa dari seluruh pelosok negeri. Dan yang pasti mereka akan berbeda satu dengan yang lain.

Nah, selanjutnya ini merupakan Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara agar lulus tes kesehatan, yaitu :

  • lakukan pemeriksaan awal pada instansi kesehatan yang terpercaya ( memastika jika tidak ada masalah pada kesehatan anda)
  • Hindari rokok, obat-obatan jenis apapun, alkohol (1 minggu sebelum tes)
  • Tidur minimal 8 jam sehari , dan tidak begadang
  • Perbanyak minum air putih, minimal 3 liter sehari
  • Minum susu, minimal 1 gelas tiap hari atau kelapa muda untuk menghilangkan toksin atau racun
  • Usahakan badan kalian dalam keadaan sehat
  • Yakinlah pada diri kalian

Tips & Trik Masuk SMA Taruna Nusantara untuk menghadapi tes akademis, yaitu mempelajari soal Ujian Nasional dan Sedikit Materi kelas X SMA.

Tips & Trik Masuk SMA Taruna Nusantara untuk menghadapi tes wawancara, yaitu jangan grogi dan jujur saat ditanya.

Keuntungan kalian jika bersekolah di SMA Taruna Nusantara, antara lain :

  1. Mendapatkan keluarga baru. Jika kalian masuk SMA TN kalian akan bertemu dengan orang baru, sahabat baru, lingkungan baru. Terdapat ikatanalumni SMA TN, yaitu IKASTARA (Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara).
  2. Mendapatkan pamong terbaik dari seluruh Indonesia. Tak hanya siswa, pamong juga akan diseleksi layaknya siswa, mulai tes akademik, kesehatan, wawancara.
  3. Memiliki pengalaman yang tak pernah terbayangkan.
  4. Mendapat wawasan Nasional.
  5. Belajar kepemimpinan langsung.

Keunggulan SMA Taruna Nusantara dicetuskan oleh Jenderal LB Moerdani ini memang pantas diacungi jempol. Apalagi sekolah yang terletak di Jawa Tengah ini menjadi institusi pendidikan setaraf SMA pertama yang dikunjungi oleh presiden Jokowi. Bahkan saat kunjungannya sang presiden mengungkapkan agar pola dan sistem pendidikan di sekolah ini bisa diterapkan SMA lain sehingga muncul pribadi-pribadi yang pintar, pandai, serta berkarakter ke-Indonesia-an.

Itulah beberapa Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat untuk kalian. selamat berjuang untuk yang ingin bergabung di SMA Taruna Nusantara.

Tips dan Trik Masuk SMA Taruna Nusantara

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus