Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

By September 6, 2022 SMA Tarnus
Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

 

Profil

Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus – Ide pembuatan sekolah ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan (MENHANKAM PANGAB) saat itu, Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Jenderal TNI L.B. Moerdani mempunyai visi untuk membangun sekolah yang mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator.      Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

Untuk merealisasikan ide ini, maka dibuatlah MoU / nota kesepahaman antara ABRI dan Taman Siswa. Perguruan Taman Siswa dipilih karena merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia. Dalam nota kesepahaman itu disepakati untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Dengan Akta Notaris KOESBIONO SARMANHADI, S.H., M.H. Nomor : 116/Pdr/P/Not/1990/PN. Jaksel. Tanggal 24-02-1990, Nomor 21 Akta Notaris WENDA TAURUSITA AMIDJAJA, S.H. Nomor : C-204.Ht.03.05-TH.2004. Tanggal 23-07-2004 Lembaga ini merupakan kristalisasi dari visi Jenderal TNI L.B. Moerdani yang selanjutnya mengawasi proses pelaksanaan sekolah ini.    Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

 

Dalam perjalanannya, SMA Taruna Nusantara akhirnya bisa berdiri. Diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada 14 Juli 1990. Kampus itu menempati lahan seluas 18.5 hektar dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong dan guru, di atas tanah milik Akademi Militer, yang berlokasi tidak jauh dari Akademi Militer.        Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

 

Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektar.

 

Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari TNI yang mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para Tenaga Pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata serta fasillitas lainnya. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik di tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa penuh ini. Sekarang, pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang diberikan baik oleh individual, perusahaan, maupun pemerintah daerah.        Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

 

Walaupun sekolah ini sering disebut sebagai sekolah semi-militer, kurikulum yang digunakan tidak 100% dari militer. SMA TN memakai sistem Kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas sehingga bisa dibilang SMA TN sama dengan SMA lainnya. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok seperti kesatuan dari seluruh elemen pendidikan dan sistem yang khas yang dilaksana kan dalam kehidupan sehari-hari serta kegiatan sekolah pada umumnya. Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, lulusan sekolah ini tidak punya kewajiban untuk memilih militer sebagai kelanjutan pendidikannya. Bahkan, sebagian besar lulusan SMA TN melanjutkan pendidikannya di sekolah non-militer, walaupun bisa dikatakan kalau yang memilih militer sebagai kelanjutan studinya jauh lebih besar dari SMA lain pada umumnya.            Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

 

Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

 

 

V I S I

SMA Taruna Nusantara adalah Sekolah Menengah Atas Unggulan berciri kenusantaraan, untuk membentuk pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional dengan Pamong Pengajar Pengasuh dan Pamong Administrasi berkualitas, dibangun dan disiapkan menjadi satu kesatuan utuh dengan sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan yang modern yang mampu mengembangkan siswa secara profesional menjadi lulusan berkualitas tinggi yang siap berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.

 

M I S I

  • Menyiapkan pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menyiapkan pemimpin bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berbudaya.
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.          Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki potensi kepemimpinan yang bewawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan kenusantaraan.        Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif, dan distingtif dalam aspek Akademik, Kepribadian, dan Kesamaptaan Jasmani serta kamampuan IPTEK sehingga mempunyai daya saing yang tinggi di tingkat nasional dan internasional.

 

SMA Taruna Nusantara Buka Pendaftaran 2022, Memasuki Tahun Ajaran 2022-2023, SMA Taruna Nusantara membuka penerimaan siswa baru. Taruna Nusantara merupakan sekolah menengah tingkat atas berasrama penuh yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Calon siswa dibentuk berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan. Bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing nasional maupun internasional, sekolah ini memiliki misi membentuk kader pemimpin bangsa berkualitas. Tahun ini SMA Taruna Nusantara membuka pendaftaran bagi siswa dan siswi SMP. Dilansir dari laman resmi tarunanusantara.sch.id, pendaftaran dibuka hingga 16 Januari 2022.

 

Syarat umum SMA Tarnus

Persyaratan Umum Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

  • Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7-9 SMP/MTs rata-rata minimal 85 dan tidak ada nilai di bawah 80.
  • Jika memiliki prestasi juara lomba minimal tingkat kabupaten/kota, Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7-9 SMP/MTs rata-rata minimal 80 dan tidak ada nilai di bawah 75.
  • Umur maksimal 17 tahun pada bulan Juli 2022.
  • Pendaftaran secara online dibuka dari tanggal 3 – 16 Januari 2022

Dokumen yang dibutuhkan Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

Dokumen yang dibutuhkan Dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk digital/scan/pdf, maksimal 2Mb untuk di-upload:

  • Pas foto (ukuran 3×4 dengan seragam sekolah dan background warna biru)
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah/Militer/Puskesmas (maksimal 14 hari sebelum hari terakhir pendaftaran tanggal 16 Januari 2022)
  • Foto Kartu Pelajar SMP/MTs
  • Foto Akte Kelahiran.
  • Foto Nilai Rapor Semester 1-5 (dibuat foto rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1-3 untuk kelas akselerasi)
  • Foto Seluruh Badan (menggunakan seragam SMP/MTs lengkap dan sepatu, kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala)
  • Foto Data Penghasilan Orang tua / Wali (khusus untuk Calon Siswa jalur Beasiswa, untuk wiraswasta rekening koran 3 bulan terakhir)
  • Foto Kartu Keluarga
  • Foto KTP Orang tua / Wali (salah satu, Ayah atau Ibu atau Wali)
  • Foto Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP/MTs (form dapat diunduh di bit.ly/berkaspensisruSMATN2022 atau Google Drive)
  • Foto Surat Pernyataan dari Orangtua.
  • Foto Surat Pernyataan dari Calon Siswa
  • Foto Sertifikat Bukti Prestasi. (jika tidak ada sertifikat, bisa dengan foto medali atau piala)
  • Foto Sertifikat Vaksinasi Covid-19, cek Sertifikat Vaksin di Peduli Lindungi atau dari Aplikasi di HP Android
  • Buka link Panduan Pengisian Formulir Online di laman SMA Taruna Nusantara

 

Tahapan Penerimaan Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

Tahapan proses penerimaan Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus

  • Pendaftaran online Pendaftaran berbasis online dapat diakses melalui internet di situs https://pensisru.tarunanusantara.id pada 3-16 Januari 2022.
  • Seleksi administrasi Dilakukan proses verifikasi dan validasi data calon siswa, dan seleksi nilai akademik dan prestasi. Tahapan ini berlangsung pada 17-22 Januari 2022.
  • Seleksi tahap 1 Calon siswa akan menjalani tes akademik online yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Januari hingga awal Februari 2022.
  • Seleksi tahap 2 Calon siswa akan menjalani serangkaian tes seperti tes akademik, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes samapta. Untuk lokasi tes akan diumumkan lebih lanjut di panitia daerah dan sub panitia daerah. Seleksi tahap 2 dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2022.
  • Wawancara online Tahap terakhir yang wajib dilakukan oleh calon siswa SMA Taruna Nusantara yakni wawancara online. Agenda ini dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022.

 

 

Biaya pendidikan di SMA Taruna Nusantara Untuk jalur beasiswa, siswa tidak dipungut biaya apapun selama menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara hingga selesai. Sedangkan untuk jalur IS dan KK, berikut ini perinciannya:

 

Jalur Iuran Sekolah (IS)

  • Uang pangkal sebesar Rp 50.000.000 dan
  • uang komite sekolah sebesar Rp 1.000.000 dibayar sekaligus Iuran sekolah sekolah sebesar Rp 5.000.000,00/bulan, dibayar paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan.
  • Sumbangan sukarela sesuai kesanggupan (bersifat sukarela).

 Jalur Kontribusi Khusus (KK)

  • Uang pangkal sebesar Rp 50.000.000 dan
  • uang komite sekolah sebesar Rp 1.000.000 dibayar sekaligus Iuran sekolah sekolah sebesar Rp 5.000.000/bulan, dibayar paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan.
  • Membayar uang kontribusi khusus minimal sebesar Rp 125.000.000
  • Uang sumbangan sukarela sesuai kesanggupan (bersifat sukarela)

 

 

Biaya pendidikan di SMA Taruna Nusantara memang terbilang cukup mahal, namun hal ini dikarenakan SMA semi-militer ini merupakan sekolah berasrama.  Siswa akan mendapatkan cakupan diantaranya seperti asrama, makanan dan minuman bergizi selama menempuh pendidikan, seragam, buku pelajaran, hingga akses gratis ke seluruh fasilitas kampus SMA TN.

Dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya :

  • Pas foto ukuran 3×4 dengan seragam sekolah dan latarbelakang warna biru
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah/Militer/Puskesmas, maksimal 14 hari sebelum hari terakhir pendaftaran tanggal 16 Januari 2022
  • Foto Kartu Pelajar SMP/MTs
  • Foto akta kelahiran,
  • Foto nilai rapor semester 1-5 (dibuat foto rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1-3 untuk kelas akselerasi)
  • Foto seluruh badan menggunakan seragam SMP/MTs lengkap dan sepatu, kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala        Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus
  • Foto data penghasilan orangtua/wali, khusus untuk calon siswa jalur beasiswa, untuk wiraswasta rekening koran 3 bulan terakhir
  • Foto Kartu Keluarga
  • Foto KTP orangtua/wali, salah satu, ayah atau ibu atau wali)
  • Foto Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP/MTs, form dapat diunduh di situs SMA Taruna Nusantara            Jalur Seleksi Masuk SMA Tarnus
  • Foto Surat Pernyataan dari Orangtua, form dapat diunduh di situs SMA Taruna Nusantara
  • Foto Surat Pernyataan dari Calon Siswa, form dapat diunduh di situs SMA Taruna Nusantara
  • Foto Sertifikat Bukti Prestasi, form dapat diunduh di situs SMA Taruna Nusantara
  • Foto Sertifikat Vaksinasi Covid-19, cek Sertifikat Vaksin di Peduli Lindungi atau dari Aplikasi di HP Android.

 

Catatan penting Jangan pernah percaya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan panitia Pensisru SMA TN, yang meminta sejumlah uang jumlah tertentu dengan jaminan akan diterima masuk.

 

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus