Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara

By November 28th, 2023 SMA Tarnus

Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara

Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara

Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara – SMA Taruna Nusantara (umumnya disebut Tarnus atau TN) merupakan sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang berlokasi di Jalan Raya Purworejo Km.5, Banyurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, disamping beraneka prestasi akademik dan kepemimpinan. Di SMA Taruna Nusantara siswa dididik, ditempa dan dibangun menjadi pribadi yang mempunyai keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia. Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara

Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara adalah sebuah progres yang sangat ketat dan panjang. Dalam progres seleksi Casis (Calon Siswa), SMA Taruna Nusantara menjunjung tinggi sikap profesional dan integritas sehingga siswa-siswi yang akan diterima merupakan siswa-siswi terbaik dari segala penjuru nusantara. Salah satu tahapan Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara, diantaranya :

Pendaftaran Online

Pada TA 2022/2023 pendaftaran dilakukan secara daring/ online. Pendaftaran  dibuka pada tanggal 3 – 16 Januari 2022. Pendaftaran berbasis online dapat diakses melalui link yang sudah disediakan oleh Panitia Pensisru SMA Taruna Nusantara. Persyaratan inti pada saat pendaftaran, antara lain :

  • Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan
  • Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/ setingkat
  • Nilai raport dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 pada semester 1-5 minimal 85, untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
  • Jika memiliki prestasi juara lomba minimal tingkat kabupaten/kota, Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7 – 9 SMP rata-rata minimal 80 dan tidak ada nilai di bawah 75
  • Usia maksimal 17 tahun pada saat masuk pendidikan pada bulan Juli 2022.

Seleksi Administrasi

Meneliti data Casis pada formulir registrasi dihadapkan pada syarat penerimaan. Seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi data Casis serta seleksi nilai akademik dan Prestasi Casis. Seleksi administrasi dilaksanakan mulai tanggal 17 – 22 Januari 2022.

Seleksi Tahap 1

Pada tahap 1 ini, tes akademik dilaksanakan secara daring/ online. Tes akademik terdiri dari mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk waktu pengerjaan Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara yaitu masing-masing 40 menit untuk mata pelajaran Matematika dan IPA dengan jumlah 20 soal, sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yaitu 20 menit untuk 15 soal. Soal Tes SMA Taruna Nusantara terkenal sangat berat. Bobot soal setara pelajaran di tingkat SMA.

Sebelum melaksanakan Real Test Akademik siswa akan diberikan kesempatan untuk mengikuti Trial Test tujuannya supaya siswa mengenal proses pengerjaan ujian berbasis komputer/ Computerized Based Test (CBT) menggunakan aplikasi Safe Exam Browser yang sudah disediakan oleh pihak panitia pensisru. Trial test biasanya dilaksanakan 1 minggu sebelum ujian berlangsung. Setelah itu siswa akan mengikuti Tes Akademik Tahap 1 tujuannya untuk menyeleksi calon siswa yang sudah lolos dari tahap seleksi administrasi dengan CBT menggunakan aplikasi SEB.

Spesifikasi keperluan pada saat mengikuti seleksi tahap 1, antara lain:

  1. Laptop/ PC dengan perangkat Webcam dan microphone yang aktif
  2. Bersistem operasi windows
  3. Bagi pengguna MacOs, iPadOS atau smartphone sudah dipastikan tidak bisa
  4. Kebutuhan minimal RAM 4 GB, akan berpotensi mengalami kendala bila kurang dari itu
  5. Jaringan internet, harus stabil (tidak mudah terputus)
  6. Siapkan modem Wifi portable untuk antisipasi apabila terjadi gangguan jaringan
  7. Daya listrik perangkat harus cukup, untuk laptop bisa di charge terlebih dahulu atau dalam kondisi charging
  8. Untuk PC yang memiliki lebih dari 1 display monitor bisa cabut dan gunakan di 1 monitor saja

Penilaian dan Catatan

  • Tes akademik tidak menerapkan sistem pinalti, dengan metode skor:
    • Jawaban yang benar bernilai 1 (satu)
    • Jawaban yang salah bernilai 0 (nol)
    • Soal yang tidak terjawab bernilai 0 (nol)
  • Jika terjadi kendala pada jaringan yang digunakan, tunggulah hingga jaringan stabil, kemudian refresh halaman dan melanjutkan pengerjaan soal
  • Jika pada saat ujian berlangsung calon siswa sengaja keluar dari sistem yang sudah disediakan, maka akan dianggap sudah selesai mengerjakan
  • Jika terdapat kecurangan pada saat mengerjakan soal ujian (mencontek, diberikan bantuan, memberi bantuan atau segala bentuk kecurangan) peserta akan terdiskualifikasi
  • Peserta diperbolehkan membawa alat tulis (kertas kosong dan alat tulis) untuk menghitung di mata pelajaran matematika.
  • Menggunakan seragam lengkap (tanpa menggunakan topi) saat ujian berlangsung
  • Posisi duduk menghadap kamera harus terlihat dari ujung kepala sampai titik pusar/ setengah badan.

Pada saat mengerjakan soal Seleksi Akademik SMA Taruna Nusantara usahakan untuk tidak panik. Karena jika kalian dalam kondisi panik, pikiran kalian pasti akan buyar dan semua yang sudah dipelajari akan menghilang begitu saja. Pastikan diri kalian tenang dan jangan lupa berdoa saat mengerjakan soal Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara.

Seleksi Tahap 2

Setelah Calon Siswa dinyatakan Lulus Seleksi Akademik Tahap 1, akan ada beberapa tes lanjutan diantaranya Tes Akademik, Tes Psikologi, Tes Kesehatan dan Tes Samapta yang dilaksanakan di PANDA (Panitia Daerah) dan Sub Panda.

Wawancara

Jika lolos ketahap selanjutnya, Para Calon siswa akan mengikuti tahap wawancara.

Seluruh rangkaian Tes Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara ini GRATIS.

Sekian informasi mengenai Seleksi Masuk SMA Taruna Nusanatara yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mempersiapkan diri mengikuti Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara tahun depan. Terima kasih.

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus