Info SelekSi SMA TN

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Info Seleksi SMA TN

 

Info Seleksi SMA TN

Info Seleksi SMA TN – Ide pembuatan sekolah menengah atas berbasis semi-militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Ia memiliki visi luhur yakni untuk membangun sekolah yang mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator.

SMA TN diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno, pada tanggal 14 Juli 1990 dan awalnya hanya menerima laki-laki sebagai siswanya. Namun, mulai tahun 1996, SMA Taruna Nusantara membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektare. Sekarang sekolah ini mempunyai siswa sebanyak 1107 orang yang terdiri dari siswa putra dan putri dan keseluruhan jumlah kelasnya ada 30 Kelas.

 

 

Apa saja tahapan seleksi masuk Taruna Nusantara ?

Info Seleksi SMA TN – Tahapan yang akan di lalui para calon siswa, antara lain:

A. Pendaftaran

B. Tes Akademik

C. Pemeriksaan kesehatan

D. Wawancara

Tes akademik yang dilaksanakan dalam seleksi masuk SMA Taruna Nusantara bertujuan untuk menguji kemampuan calon siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Info Seleksi SMA TN – Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara ini mirip-mirip seleksi masuk Akademi Militer atau Akademi Kepolisian. Mereka harus memenuhi syarat administrasi yaitu nilai raport sester I-V minimal 85 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika ada satu saja mata pelajaran dengan nilai di bawah 85, dalam lima semester tersebut maka dipastikan dia tidak akan lulus seleksi administrasi.

 

 

Info Seleksi SMA TN – Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara adalah sebuah proses yang panjang dan ketat. Proses seleksi dijalankan oleh SMA Tarun Nusantara sejak Tahun 1990 dengan penuh integritas dan sikap profesional. Seleksi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu :

Info Seleksi SMA TN

Seleksi Tahap 1

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tahap 1, antara lain :

A. Administrasi: kelengkapan data yang sudah diinput pada saat pendaftaran online dan kesesuaian dengan berkas yang diunggah akan menjadi fokus penilaian. Data dan form ini akan diverifikasi dan divalidasi oleh panitia pusat.

B. Tes akademik dan prestasi dengan gawai/gadget. Materi: test potensi akademik dan matematika. Tes Masuk SMA Taruna Nusantara selanjutnya adalah seleksi akademik untuk empat mata pelajaran tersebut. Soal-soal seleksi masuk SMA TN terkenal sangat berat. Bobot soal setara pelajaran di tingkat SMA. Para calon siswa yang nantinya lulus tes akademis ini akan melalui tahapan tes berikutnya.

 

Seleksi Tahap 2

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tahap 2, antara lain :

A. Tes akademik online. Materi: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, tes potensi akademik.

B. Tes psikologi. Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan, di daerah yang ditunjuk.

C. Tes kesehatan

D. Tes semapta

 

Seleksi Tingkat Pusat/Pantukir (Penilaian Penentuan akhir)

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tingkat pusat, antara lain :

A. Tes akademik

B. Tes Psikologi

C. Tes kesehatan jiwa

D. Tes semampta

E. Wawancara, salah satu Tes Masuk SMA Taruna Nusantara ini akan dilaksanakan di SMA Taruna Nusantara yaitu di Balairung Pancasila.

F. Parade

 

 

 

Info Seleksi SMA TN

Persyaratan Umum Seleksi SMA TN :

A. Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.

B. Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/setingkat.

C. Berijazah SLPT/setingkat.

D. Tidak pernah tinggal kelas selama di SLTP/setingkat.

E. Nilai rapor dari kelas 7 sampai 9 dengan minimal 85 (delapan puluh lima) untuk mata pelajaran:

    • Matematika
    • IPA
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris

F. Usia maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan (Juli 2020)

G. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangn sehat dari dokter pemerintah/militer), tinggi dan berat badan proporsional.

H. Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kelakuan baik dari sekolah).

I. Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.

J. Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk sekolah setingkat SLTP luar negeri atau Dinas Pendidikan setempat bagi Casis yang berasal dar SLTP berlatar belakang International School di dalam negeri, serta SLTP kurikulum 2013 dari skala 1-4 menjadi skala 0-100.

K. Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah dan sumbangan sukarela sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.

L. Seluruh proses seleksi tidak dikenakan biaya (gratis)

 

 

Info Seleksi SMA TN – SMA Taruna Nusantara adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas dengan sistem asrama. Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara memiliki proses yang sangat ketat dan panjang. Pada proses seleksi masuk calon siswa, SMA Taruna Nusantara menjunjung tinggi sikap profresional dan integritas sehingga siswa-siswi yang akan diterima merupakan siswa-siswi terbaik dari berbagai daerah. SMA Taruna Nusantara memiliki akreditasi A. Memiliki Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan menggunakan kurikulum 2013. Berlokasi di Jalan Raya Purworejo Km.5, Banyurojo, Magelang Jawa Tengah.

Secara harfiah, Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Oleh karena itu, SMA Taruna Nusantara Magelang berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia.

 

 

Itulah Info Seleksi SMA TN. Penjelasan diatas merupakan proses seleksi masuk SMA Taruna Nusantara. Proses tersebut pelu diketahui dan dipahami agar kalian bisa mempersiapkan diri dengan baik. Semoga bermanfaat untuk kalian.

 

Info Seleksi SMA TN

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus