Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023

By November 3, 2022 Uncategorized
SMA Taruna Nusantara

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 – SMA Taruna Nusantara adalah sekolah menengah atas berasrama penuh yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Etimologi SMA Taruna Nusantara, yaitu “Taruna Nusantara” berasal dari dua kata, yaitu “Taruna” yang diserap dari bahasa Pali yang berarti muda dan Nusantara. SMA Taruna Nusantara juga dikenal dengan sebutan Tarnus atau SMA TN menjadi salah satu sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Sekolah ini dikelola oleh Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada di bawah Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP). Sekolah yang kerap disebut memiliki budaya semi-militer ini memiliki sejarah panjang dari pendiriannya.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023

V I S I

SMA Taruna Nusantara adalah Sekolah Menengah Atas Unggulan berciri kenusantaraan, untuk membentuk pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional dengan Pamong Pengajar Pengasuh dan Pamong Administrasi berkualitas, dibangun dan disiapkan menjadi satu kesatuan utuh dengan sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan yang modern yang mampu mengembangkan siswa secara profesional menjadi lulusan berkualitas tinggi yang siap berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.

M I S I

  1. Menyiapkan pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyiapkan pemimpin bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berbudaya.
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki potensi kepemimpinan yang bewawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan kenusantaraan.
  5. Menyiapkan lulusan yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif, dan distingtif dalam aspek Akademik, Kepribadian, dan Kesamaptaan Jasmani serta kamampuan IPTEK sehingga mempunyai daya saing yang tinggi di tingkat nasional dan internasional.

Sejarah SMA Taruna Nusantara

Dikutip dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, ide pendirian sekolah menengah atas berbasis semi-militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan (MENHANKAM PANGAB) Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa di Yogyakarta. Untuk merealisasikannya maka dibuatlah nota kesepahaman antara ABRI dan Perguruan Taman siswa yang merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia. Dalam nota kesepahaman tersebut dibentuklah sebuah lembaga yaitu Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN).

Setelah melalui perjalanan panjang dan pengembangan, akhirnya SMA Taruna Nusantara bisa berdiri secara resmi. Peresmian SMA Taruna Nusantara dilakukan oleh Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Jenderal Try Sutrisno pada 14 Juli 1990. SMA Taruna Nusantara menempati lahan seluas 18.5 hektar dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong dan guru. Pembangunannya dilakukan di atas tanah milik Akademi Militer, yang berlokasi tidak jauh dari Akademi Militer di Magelang.

Awalnya SMA Tarnus hanya menerima murid laki-laki Selama 6 tahun pertama sejak pendiriannya, SMA Tarnus hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 72 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area SMA Taruna Nusantara diperluas menjadi 23 hektar.

Walaupun sekolah ini sering disebut sebagai sekolah semi-militer, kurikulum yang digunakan tidak 100% dari militer. SMA TN memakai sistem Kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas sehingga bisa dibilang SMA TN sama dengan SMA lainnya. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok seperti kesatuan dari seluruh elemen pendidikan dan sistem yang khas yang dilaksana kan dalam kehidupan sehari-hari serta kegiatan sekolah pada umumnya. Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, lulusan sekolah ini tidak punya kewajiban untuk memilih militer sebagai kelanjutan pendidikannya. Bahkan, sebagian besar lulusan SMA TN melanjutkan pendidikannya di sekolah non-militer, walaupun bisa dikatakan kalau yang memilih militer sebagai kelanjutan studinya jauh lebih besar dari SMA lain pada umumnya.

SMA Tarnus Sempat memberikan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 penuh untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima. Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 tersebut didapatkan dari dukungan dana dari TNI yang mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para tenaga pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata, serta fasilitas lainnya. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik pada tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan. Sehingga pada tahun 2001 SMA Taruna Nusantara pun menghentikan kebijakan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 penuh ini. Sekarang, hanya pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan yang tetap mendapatkan beasiswa yang diberikan baik oleh individu, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

Alumni SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara tergabung dalam Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara). Didirikan pada tanggal 11 Juni 1994 di Magelang, ikatan alumni ini secara rutin menyelenggarakan pemilihan Pengurus Pusat (PP) Ikastara setiap tiga tahun sekali. Beberapa tokoh yang merupakan alumni SMA Taruna Nusantara antara lain

  • Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. (TN-1),
  • Kolonel Inf. Dwi Sasongko, S.E. (TN-3),
  • Mayor Inf. (Purn.) H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A (TN-5).

Meski berlabel sekolah militer, lulusan SMA Taruna Nusantara tak hanya berkarir di dunia militer namun banyak yang terjun di dunia bisnis, pendidikan, dan politik.

Persyaratan penerimaan Siswa Baru SMA Taruna Nusantara 2023

Persyaratan Umum :

  1. Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7-9 SMP/MTs rata-rata minimal 85 dan tidak ada nilai di bawah 80.
  2. Jika memiliki prestasi juara lomba minimal tingkat kabupaten/kota, Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7-9 SMP/MTs rata-rata minimal 80 dan tidak ada nilai di bawah 75.
  3. Umur maksimal 17 tahun

Dokumen / Berkas-berkas Pendaftaran yang perlu dipersiapkan : (dalam bentuk digital / scan / pdf, maksimal 2Mb untuk di-upload)

  1. Pas foto (ukuran 3×4 dengan seragam sekolah dan background warna biru)
  2. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah / Militer / Puskesmas (maksimal 14 hari sebelum hari terakhir pendaftaran)
  3. Foto Kartu Pelajar SMP/MTs
  4. Foto Akte Kelahiran.
  5. Foto Nilai Rapor Semester 1-5 (dibuat foto rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1-3 untuk kelas akselerasi)
  6. Foto Seluruh Badan (menggunakan seragam SMP/MTs lengkap dan sepatu, kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala)
  7. Foto Data Penghasilan Orang tua / Wali (khusus untuk Calon Siswa jalur Beasiswa, untuk wiraswasta rekening koran 3 bulan terakhir)
  8. Foto Kartu Keluarga
  9. Foto KTP Orang tua / Wali (salah satu, Ayah atau Ibu atau Wali)
  10. Foto Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP/MTs
  11. Foto Surat Pernyataan dari Orangtua
  12. Foto Surat Pernyataan dari Calon Siswa
  13. Foto Sertifikat Bukti Prestasi. (jika tidak ada sertifikat, bisa dengan foto medali atau piala)
  14. Foto Sertifikat Vaksinasi Covid-19, cek Sertifikat Vaksin di Peduli Lindungi atau dari Aplikasi di HP Android
  15. Buka link Panduan Pengisian Formulir Online

Terdapat 3 jalur masuk penerimaan siswa baru SMA Taruna Nusantara

Ada 3 jalur penerimaan siswa baru SMA Taruna Nusantara yakni Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023, Reguler, Kontribusi Khusus. Calon siswa dapat memilih salah satu jalur saat mengisi formulir dan masing-masing jalur memiliki biaya pendidikan yang berbeda.

  1. Beasiswa
  • Formulir: Gratis
  • Uang pangkal: Gratis
  • Iuran komite sekolah: Gratis
  • Kontribusi Khusus: Gratis
  • Sumbangan sukarela: Diisi sesuai kesanggupan.
  1. Reguler
  • Formulir: Gratis
  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Iuran komite sekolah: Rp 1 juta
  • Kontribusi Khusus: Gratis
  • Sumbangan sukarela: Diisi sesuai kesanggupan.
  1. Kontribusi khusus
  • Formulir: Gratis
  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Iuran komite sekolah: Rp 1 juta
  • Kontribusi Khusus: Rp 125 juta
  • Sumbangan sukarela: Diisi sesuai kesanggupan

Biaya dibayarkan sekaligus saat calon siswa daftar ulang. Biaya operasional pendidikan untuk reguler dan kontribusi khusus Rp 5 juta

5 tahap proses penerimaan siswa SMA Taruna Nusantara

  1. Pendaftaran online

Pendaftaran berbasis online dapat diakses melalui internet di situs https://pensisru.tarunanusantara.id

  1. Seleksi administrasi

Dilakukan proses verifikasi dan validasi data calon siswa, dan seleksi nilai akademik dan prestasi.

  1. Seleksi tahap 1

Calon siswa akan menjalani tes akademik online yang dijadwalkan

  1. Seleksi tahap 2

Calon siswa akan menjalani serangkaian tes seperti tes akademik, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes samapta. Untuk lokasi tes akan diumumkan lebih lanjut di panitia daerah dan sub panitia daerah. Seleksi tahap 2 dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2022.

  1. Wawancara online

Tahap terakhir yang wajib dilakukan oleh calon siswa SMA Taruna Nusantara yakni wawancara online.

Adapun pemberitahuan dan pengumuman akan diberikan secara langsung kepada masing-masing calon siswa yang sudah mendaftar melalui situs https://pensisru.tarunanusantara.id.

Dikatakan dalam laman resminya, calon siswa SMA Taruna Nusantara boleh berkacamata, memakai kawat gigi, atau berhijab. Pendaftar juga tidak harus bisa berenang/push up/pull up/sit up 50 kali.

Jumlah pendaftar SMA TN per tahunnya bervariasi, sekitar 4.000-5.000 orang. Jumlah calon siswa laki-laki dan perempuan juga bervariasi setiap tahunnya, kurang lebih ada 350 orang yang diterima dengan proporsi 250 siswa laki-laki dan 100 siswa perempuan.

Catatan penting! Jangan pernah percaya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan panitia Pensisru SMA TN, yang meminta sejumlah uang jumlah tertentu dengan jaminan akan diterima masuk.

Mengapa biaya sekolah di SMA Taruna Nusantara mahal ?

SMA TN adalah sekolah berasrama. Jadi biayanya tentu lebih besar daripada sekolah yang tidak berasrama. Biaya sekolah di SMA TN terlihat besar karena komprehensif, antara lain:

  1. Asrama tempat tinggal
  2. Biaya hidup setiap hari (makan 3 x sehari, minum, snack / kudapan)
  3. Seragam dan bekal awal (sebanyak 91 items)
  4. Buku-buku paket & buku tulis (buku pelajaran baru)
  5. Kegiatan lapangan (di dalam dan di luar kampus)
  6. Ekstrakurikuler (1 wajib dan tersedia 10 pilihan)
  7. Pelajaran tambahan (di luar jam formal belajar)
  8. Perawatan kesehatan (dokter dan obat)

Selain itu, siswa juga bebas (tanpa biaya tambahan) menggunakan fasilitas kampus SMA TN di lahan seluas ± 24 hektar, antara lain:

  1. Lapangan Sepak Bola dan Atletik
  2. Lapangan Bola Basket (1 indoor dan 2 outdoor)
  3. Lapangan Futsal indoor
  4. Lapangan Bulu Tangkis (3 line) indoor
  5. 5 Meja tenis meja
  6. 2 Lapangan Voli outdoor
  7. Lapangan Tenis outdoor (2 line)
  8. Tiang Restok Berganda
  9. Tiang Pull Up
  10. Kolam Renang Standar Nasional (8 line)
  11. Panjat Dinding (Tower Serba Guna)
  12. Laboratorium (2-Fisika, 1-Astronomi, 2-Kimia, 2-Biologi, 1-Green House, 2-Komputer, 1-Fasnet, 2-Bahasa, 1-Kepemimpinan, 1-IPS)
  13. Perpustakaan & Ruang Baca (daya tampung 400 kursi)
  14. Selama pendidikan, tidak ada lagi biaya tambahan ataupun biaya tersembunyi.
  15. Semua sudah tercakup dalam biaya sekolah.

Karena untuk biaya sekolah di SMA Taruna Nusantara tidak dapat dicicil, maka untuk membantu calon peserta didik SMA Tarnus yang ingin mendaftar tetapi terhalang biaya SMA Taruna Nusantara memiliki pendaftaran dengan jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 yang disediakan bagi siswa yang tidak mampu.

Berikut ini Persyaratan umum Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023, antara lain :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan
  2. Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/setingkat TP. 2019/2020 atau 2021/2022
  3. Berijazah SLTP/setingkat.
  4. Tidak pernah tinggal kelas selama di SLTP/setingkat.
  5. Nilai rapor dari kelas 7 sampai dengan kelas 9, minimal 85 (delapan puluh lima) untuk mata pelajaran:
  • Matematika
  • IPA
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  1. Usia maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan
  2. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangan sehat dari dokter pemerintah/militer), tinggi dan berat badan proporsional.
  3. Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kelakuan baik dari sekolah).
  4. Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.
  5. Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk sekolah setingkat SLTP luar negeri atau Dinas Pendidikan setempat bagi Casis yang berasal dari SLTP berlatar belakang International School di dalam negeri serta SLTP kurikulum 2013, dari skala 1-4 menjadi skala 0-100.
  6. Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah dan sumbangan sukarela sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.

Dengan kriteria penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023, sebagai berikut :

  • Juara umum atau pararel
  • Juara kelas
  • Juara OSN atau MSI
  • Ketua atau pengurus OSIS
  • Siswa berprestasi yang secara kemampuan ekonomi kurang, akan diberikan pertimbangan khusus sebagai penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara.

Khusus pendaftar jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 menyerahkan pula :

  • Daftar penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh instansi tempat bekerja bagi karyawan, atau oleh Kades/lurah bagi buruh/pedagang/petani /nelayan;
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tua/wali.

Kategori Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2023 sendiri terdiri dari beberapa kategori, diantaranya:

  1. Kategori Murni, adapun syarat untuk kategori ini diantaranya :
  • Nilai rapor SMP/setingkat semester I s.d. IV, mapel B. Indonesia, B. Inggris, Matematika dan IPA, masing-masing nilai min 85, Mapel lainnya masing-masing nilai min 80.
  • Penghasilan Ortu/wali maks Rp. 5.000.000/bulan dengan surat keterangan pejabat yang berwenang
  1. Kategori Prestasi, syarat :
  • Nilai rapor semester I s.d. IV min rata-rata 90 untuk semua mapel dengan nilai terendah min 85
  1. Kategori Undangan, syarat :
  • Peraih medali Olimpiade Sains di tingkat Internasional (IMO, IphO, IBO) dan medali emas, perak dan perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN), medali emas Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) SMA Taruna Nusantara, juara 1 s.d. 3 lomba Matematika, Sains dan Bahasa Inggris (MSI) yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara
  1. Kategori Pemerintah Daerah (Pemda), syarat :
  • Nilai rapor semester I s.d. IV ditentukan Pemda
  • Penghasilan Ortu/wali ditentukan Pemda
  • Ketentuan lain-lain sesuai dengan yang dituangkan dalam Kerjasama Pemda dan LPTTN

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus