IKASTARA: Sejarah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara

By September 4th, 2024 SMA Tarnus, IKASTARA

IKASTARA: Sejarah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara

 

IKASTARA: Sejarah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara – Kata ‘’IKASTARA’’ mungkin sudah tidak asing lagi bagi para siswa/siswi yang bersekolah di SMA Taruna Nusantara atau orang awam yang telah mengenal SMA Taruna Nusantara. Hal yang harus kalian ketahui,yaitu dengan adanya IKASTARA ini para siswa/siswi yang bersekolah di SMA ini bisa memiliki koneksi karier yang bagus, karena banyak sekali para alumni yang sudah sukses di bidangnya masing-masing, oleh karena itu dengan adanya IKASTARA juga merupakan suatu keunggulan dari SMA Taruna Nusantara di banding sekolah lain.

Kalian pasti penasaran bukan, bagaimana ikatan para alumni ini akhirnya bisa ada dan apa saja tujuan dan program kerja yang dimiliki oleh ikatan ini? Yuk yuk langsung aja kita masuk ke pembahasannya.

Eitss….tapi sebelum itu kayaknya kurang afdol deh kalo kita belum ngebahas secara singkat tentang SMA Taruna Nusantara. Supaya kalian yang masih awam tentang sekolah ini bisa ada gambaran sedikit nih tentang SMA Taruna Nusantara. Ini dia pembahasan singkatnya.

Gambaran Umum SMA Taruna Nusantara

IKASTARA: Sejarah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara adalah sebuah Sekolah Menengah Atas yang berbasis semi-militer yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi dan berfokus pada pendidikan karakter, kepemimpinan, serta kebangsaan. Sekolah SMA Taruna Nusantara di dirikan pada tahun 1990 oleh Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan (YKPP) bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat. Sekolah ini bertujuan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang memiliki wawasan kebangsaan dan kemampuan akademis yang unggul.

Baca Juga: HOT NEWS 2024! Keunggulan SMA Taruna Nusantara: Mengapa Sekolah Ini Jadi Pilihan Utama

Sejarah Ikatan Alumni Taruna Nusantara (IKASTARA)

IKASTARA: Sejarah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara

A. Latar Belakang dan Pembentukan

Ikatan Alumni Taruna Nusantara (IKASTARA) dibentuk pada tanggal 11 Juni 1994 di Magelang dan secara rutin setiap tiga tahun menyelenggarakan pemilihan Pengurus Pusat (PP) Ikastara. Pembentukan IKASTARA merupakan inisiatif para alumni SMA Taruna Nusantara yang ingin mempererat hubungan antara sesama alumni dan mendukung kemajuan sekolah.

B. Tujuan dan Fungsi

  1. Mempererat silahturami dan kekompakkan antar alumni.
  2. Mendukung pengembangan dan kemajuan SMA Taruna Nusantara.
  3. Berperan aktif dalam kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi alumni dan masyarakat umum.
  4. Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain dalam rangka pengembangan pendidikan dan karakter.

C. Visi dan Misi

Visi

IKASTARA HADIR

Misi

  1. IKASATARA yang selalu ada dan mudah dijangkau oleh anggotanya.
  2. Membuka ruang berbagi, kontribusi dan aktif dalam pengembangan setiap anggota IKASTARA.
  3. Secara inklusif melibatkan berbagai pihak, baik IKASTARA maupun publik, untuk mencapai tujuan.

D. Perkembangan dan Aktivitas

Sejak didirikan, IKASTARA telah melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan alumni dari berbagai angkatan. Kegiatan tersebut meliputi:

1. Reuni Alumni

Mengadakan reuni reguler dan acara pertemuan yang mempertemukan alumni dari berbagai angkatan untuk memperkuat hubungan.

2. Program Sosial

Melakukan kegiatan sosial seperti bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta dukungan untuk berbagai program pendidikan.

3. Pendidikan dan Pengembangan

Menyelenggarakan seminar, pelatihan, dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi pengembangan diri alumni dan generasi muda.

4. Kontribusi dan Dampak

IKASTARA telah memberikan dampak positif baik bagi para anggotanya maupun untuk SMA Taruna Nusantara. Dukungan dan kontribusi dari para alumni membantu sekolah dalam berbagai aspek, termasuk peningkatan fasilitas dan program pendidikan. Selain itu, ikatan alumni ini juga memainkan peran penting dalam membangun jaringan professional dan kesempatan bagi alumni dan karier mereka.

5. Struktur Organisasi

IKASTARA memiliki struktur organisasi yang terdiri dari pengurus pusat dan pengurus daerah yang bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan dan program di tingkat nasional maupun lokal. Pengurus ini terdiri dari alumni yang aktif dan berkomitmen untuk terus berusaha memajukan SMA Taruna Nusantara.

 

Nah, itu dia sejarah dari Ikatan Alumni Taruna Nusantara (IKASTARA). Jadi kalian bisa bayangkan bukan bagaimana kedepannya jika kalian masuk ke sekolah ini? Selain kalian bisa mendapatkan ilmu akademis dan ilmu non-akademik yang akan memberikan kalian menuju karier impian kalian, namun disekolah ini kalian juga bisa mendapatkan relasi yang tinggi jika kalian mau aktif mengikuti ikatan alumni ini. Kalian bisa kepoin kegiatan IKASTARA disini yaa.

Sangat seru sekali bukan di sekolah ini? Yuk tunggu apalagi segera persiapkan dirimu untuk mengikuti tes masuk di SMA Taruna Nusantara dengan mengikuti pembelajaran di Bimbel Tarnus, di bimbel ini kamu akan mendapatkan tutor yang sudah ahli dan juga memiliki metode pembelajran yang seru loh, untuk informasi selengkapnya kalian bisa klik disini.

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus