Para Casis Wajib Baca Ini! 8 Tes masuk SMA Taruna Nusantara

Soal Logika TPA SMA Taruna Nusantara

Para Casis Wajib Baca Ini! 8 Tes masuk SMA Taruna Nusantara

Tes masuk SMA Taruna Nusantara merupakan hal yang pastinya membuat para casis merasa campur aduk. Karena selain mereka merasa senang bisa berpartisipasi dalam pembukaan kembali tahun ajaran di SMA ini, namun mereka juga harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Pasalnya untuk masuk ke SMA ini harus melewati berbagai macam tes yang diberlakukan dengan sistem gugur. Oleh karena itu, persaingan untuk masuk ke SMA ini sudah pasti akan sangat kompetitif.

Pendaftaran masuk SMA Taruna Nusatara T.A 2025/2026 diketahui akan segera dibuka kembali pada bulan Desember 2024. Namun untuk tanggal pendaftarannya masih belum diketahui sampai saat ini. Berdasarkan portal resmi SMA Taruna Nusantara, jadwal pendaftaran online pada T.A 2024/2025 dilaksanakan mulai dari tanggal 21 Desember 2024 s.d 5 Januari 2024. Oleh karena itu ada kemungkinan untuk T.A 2025/2026 pendaftaran online akan dibuka kembali pada akhir bulan Desember 2024.

Jadi penting sekali untuk Anda yang ingin mendaftar ke SMA Taruna Nusantara, untuk terus melihat perkembangan pendaftarannya di portal resmi SMA Tarnus.

Para Casis Wajib Baca Ini! 8 Tes masuk SMA Taruna Nusantara

Tes masuk SMA Taruna Nusantara terdiri dari berbagai macam rangkaian seleksi, berikut ini tahapan tes masuk SMA Taruna Nusantara.

 

1. Pendaftaran Online

Para casis akan mengisi form pendaftaran yang disediakan oleh SMA Tarnus. Form tersebut biasanya akan terdiri dari beberapa menu, mulai dari biodata calon sisiwa, data orang tua/ wali, data akademik, kelengkapan dokumen, data prestasi, dan pernyataan calon siswa. Dalam pengisian setiap menu tersebut, para casis wajib mengisi seluruh pertanyaan yang diajukan hingga yang awalnya menu-menu tersebut berwarna merah, menjadi warna biru.

Para Casis Wajib Baca Ini! 8 Tes masuk SMA Taruna Nusantara

Contoh menu dalam formulir pendaftaran online SMA Tarnus

2. Seleksi Administrasi

Dalam seleksi ini, panitia akan mencocokkan kembali data-data yang sudah dilampirkan casis apakah sudah sesuai dengan syarat pendaftaran. Misalnya, nilai mata pelajaran yang diisikan dalam fomulir sesuai atau tidak dengan nilai raport yang dilegalisir. Selain itu nilai tersebut juga harus sesuai dengan nilai syarat minimum pendaftaran. Apabila terdapat ketidaksamaan atau nilai tersebut kurang dari nilai minimum, maka casis tersebut akan otomatis dinyatakan gugur.

3. Seleksi Akademik Tahap 1 (Online)

Seleksi akademik tahap 1 terdiri dari berbagai macam tahapan, yaitu:

  • Webinar CBT, dalam webinar ini para casis akan diberikan arahan bagaimana cara menggunakan sistem ini untuk tes nanti.
  • Tryout CBT serentak, merupakan tryout yang dilaksanakan secara online oleh seluruh para casis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan akan diawasi oleh panitia secara online.
  • Tryout mandiri, seperti namanya tryout ini dapat dilakukan oleh para casis secara online kapan saja.
  • Seleksi Akademik Tahap 1, dalam tahapan seleksi ini akan dilaksanakan secara online dan ada beberapa mata pelajaran yang akan di ujikan, yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

4. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan secara offline, yang mana pemeriksaan ini akan mencangkup segala aspek yang ada dalam tubuh manusia, mulai dari organ dalam maupun kondisi fisik casis. Pemeriksaan kesehatan ini juga sama saja seperti Medical Check Up (MCU) lengkap.

5. Seleksi Wawancara

Seleksi wawancara akan dilaksanakan secara online. Seleksi ini dirancang untuk mengetahui alasan apa yang membuat casis tersebut memilih SMA Tarnus, motivasi casis, dan pertanyaan-pertannyaan dasar lainnya. Dalam seleksi wawancara, interviewer memang tidak akan menggunakan bahasa Inggris, namun interviewer pasti juga akan tetap menggali potensi bahasa Inggris ataupun bahasa asing yang dimiliki oleh peserta tersebut. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, sebaiknya Anda tonjolkan kemampuan Anda tersebut, karena itu juga bisa menjadi nilai plus.

6. Seleksi Akademik Tahap 2

Dalam tes masuk SMA Taruna Nusantara, untuk seleksi akademik tahap 2 akan dilaksanakan secara offline. Mata pelajaran yang akan di ujikan sama saja seperti seleksi akademik pada tahap 1. Yang membedakan hanyalah sistem yang digunakan.

Baca juga: [NEWS 2024] Contoh Soal Tes Masuk SMA Tarnus

7. Tes Psikologi

Tes Psikologi akan dilaksanakan secara offline, tes ini dirancang untuk mengetahui karakteristik atau kepribadian casis. Sama seperti tes psikologi lainnya, tes masuk SMA Taruna Nusantara ini tidak akan jauh-jauh dari tes menggambar pohon, menggambar orang, atau memilih kalimat yang Anda rasa lebih sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki. Oleh karena itu Anda bisa menyiakan diri untuk tes ini dari jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes di laksanakan.

8. Tes Kesegaran Jasmani

Ada beberapa materi dalam kesegaran jasmani, mulai dari lari 12 menit, push-up, sit-up, dan shuttle run.

9. Pengumuman Hasil

Setelah melakukan tahapan seleksi terakhir, para panitia akan mulai mendiskusikan dengan petinggi sekolah lainnya, siapa saja para casis yang berhak lulus menjadi siswa di SMA Taruna Nusantara.

 

Nah itu dia berbagai macam tes masuk SMA Taruna Nusantara. Yang perlu di garis bawahi para casis adalah jangan pernah percaya terhadap oknum-oknum yang akan menjanjikan Anda untuk bisa menjadi siswa di SMA Taruna Nusantara melalui jalur express. Karena oknum tersebut pastinya hanya mencari keuntungan dari keputusasaan Anda.

 

Jika Anda memang merasa belum percaya diri dengan kemampuan akademik ataupun kebugaran jasmani yang Anda miliki. Mulai sekarang Anda bisa lebih konsisten lagi dalam belajar akademik, Anda juga bisa mengambil pelatihan tambahan atau bimbel. Untuk meningkatkan kebugaran jasmani, Anda bisa lebih rutin lagi untuk melakukan olahraga dan biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu, persiapan Anda bisa lebih maksimal untuk menghadapi seleksi akademik dan juga seleksi kebugaran jasmani tes masuk SMA Taruna Nusantara.

Semangat, semoga sukses !

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus