Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara

By September 3, 2020 September 12th, 2020 Uncategorized

Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara

Tes psikotes adalah sebuah jenis tes yang dilaksanakan oleh tim penguji atau psikolog. Tujuan dari tes psikotes adalah untuk mengetahui kondisi psikolog atau karakter seseorang dan mengukur kemampauan seseorang. Berikut ini kami akan berikan contoh Soal Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara, antara lain :

  • Tes kemampuan verbal

Salah satu Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara ini meliputi sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi dan kolerasi makna.

Untuk mempermudah pengerjaan Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara ini kalian harus memperbanyak kosakata dan juga artinya.

  • Tes logika aritmatika (deret angka)

Yaitu tes yang terdiri dari deretan angka yang kalian harus pahami polanya. Tes psikologi SMA Taruna Nusantara ini dapat berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, presentase dan pecahan angka. Tujuan dilakukannya tes logika aritmatika ini untuk mengetahui kemampuan kuantitatif, ketelitian kalian dalam mengerjakan sesuatu. Berikut ini kami akan memberikan tips mengerjakan tes logika aritmatika, antara lain :

    • Jangan terpaku pada 3-4 angka terdepan dalam deret, tetapi ada baiknya kalian melihat deret secara keseluruhan, karena pola ini dapat berupa urutan, pengelompokan urut,dan pengelompokan lompat.
    • Ingat pada diri kalian memiliki keterbatasan waktu

  • Tes logika matematika

Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara ini sangatlah menguras otak. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan intelektual kalian, terutama kemampuan logika berhitung dan berpikir secara logis. Tips mengerjakan tes logika matematika yaitu kalian harus memiliki kertas kosong untuk mencoret-coret. Kalian bisa membawa kertas kosong dari rumah atau meminta kepada panitia penyelengara Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara.

  • Tes logika penalaran (deret gambar)

Tes ini sama dengan tes logika aritmatika, tetapi tes ini menggunakan media gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Di sesi tes psikologi ini kalian membutuhkan konsentrasi, hati-hati dan teliti.

  • Tes hafalan kata

Tes ini berupa tes mengingat kata dari berbagai jenis benda yang berbeda.

  • Tes koran

Tes koran adalah tes perhitungan sederhana. Tugas kalian hanya menjumlahkan deretan angka-angka yang disusun secara vertikal. Tes ini sangat membutuhkan konsentrasi, ketelitian, konsistensi dan daya tahan yang baik dari kalian. Cara menjawab tes koran yaitu kalian harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disamping dalam waktu tertentu. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka kalian cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja.

  • Tes wartegg

Dinamakan tes wartegg karena diambil dari nama penemunya seorang psikologi dari jerman yang memiliki nama lengkap Ehrig Wartegg. Tes ini terdiri dari 8 kotak yang memiliki pola yang berbeda-beda. Dari mulai titik sampai dengan garis lengkung. Untuk cara mengerjakannya adalah kalian harus menggambar dengan melanjutkan pola-pola yang sudah ada sesuai dengan kreatifitas anda.

Pada saat pengerjaan tes wartegg manfaatkan waktu dengan baik dan tanpa perlu berfikir agar dapat menyelesaikan semua gambar. Berikut ini tips untuk kalian yang ingin mengerjakan tes wartegg, antara lain :

    • Mulailah kalian menggambar yang kalian anggap paling mudah untuk dikerjakan
    • Jagalah kebersihan kertas kalian, karena cara kalian menggambar akan dinilai oleh penguji. Sebagai contoh jika kalian terlalu sering menghapus sampai kertas anda kotor, maka kalian akan dianggap memiliki cara kerja yang tidak rapih dan lemah dalam perencanaan
    • Untuk urutan gambar jangan terlalu sesuai urutan atau terlalu acak. Karena jika terlalu sesuai urutan maka kalian akan dinilai sebagai pribadi yang kaku dan konservatif.

  • Tes menggambar manusia

Pada tes ini kalian diharuskan menggambar manusia, mendeskripsikan usia, jenis kelamin serta aktivitas orang yang kalian gambarkan.

  • Tes menggambar pohon

Dalam tes ini kalian tidak boleh menggambarkan pohon kelapa atau tumbuhan kecil, kalian harus menggambarkan pohon yang memiliki ranting. Usahakan ketika menggambar secara detail dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar dan alur pohon.

  • Tes menggambar rumah, pohon dan manusia

Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara ini merupakan salah satu tes psikologi yang dikembangkan oleh John Buck pada tahun 1948. Beliau meyakini bahwa gambar seseorang dapat mewakili karakter kepribadian seseorang.

Berikut ini tips untuk kalian yang ingin mengikuti Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara, yaitu :

  • Percaya Diri Serta Optimis

Apabila kalian telah siap secara fisik dan mental dalam mengerjakan berbagai jenis tes psikologi, percaya diri tentunya sangat membantu kalian dalam memberikan sugesti positif kepada alam bawah sadar kalian. Ketika Anda telah merasa siap, otomoatis kepercayaan diri kalian pun meningkat dan memudahkan kalian dalam mengerjakan berbagai macam tes psikologi SMA Taruna Nusantara.

  • Banyak Berlatih Contoh Soal-Soal Psikologi
  • Fokus dan Konsentrasi
  • Datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat saat mengikuti Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara
  • Perhatikan dan dengarkan instruksi yang diberikan oleh panitia pusat
  • Lewatkan soal yang sulit dan kerjakan soal yang termudah terlebih dahulu
  • Jangan lupa untuk mengkoreksi kembali jawaban kalian
  • Berdoa

Berdoa merupakan hal yang paling utama dan terakhir yang kalian harus lakukan. Sebelum dan sesudah tes psikologi, ada baiknya kalian melakukan doa terlebih dahulu. Berdoa juga dapat memudahkan kalian dalam segala urusan yang sedang dihadapi.

Diatas merupakan informasi mengenai Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara beserta tips kalian yang ingin mengikuti Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat informasinya.

Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus