5 Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
keberanian taruna Nusantara

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara – SMA Taruna Nusantara adalah sebuah Sekolah Menengah Atas dengan sistem asrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Sekolah yang berada di Lembah Tidar ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer. SMA Taruna Nusantara menggunakan tiga wawasan dalam pendidikan karakter siswa-siswinya, yaitu Kejuangan, Kebangsaan dan Kebudayaan, serta menggunakan ‘Sistem Among’ sebagai sendi pengasuhan.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara – Di SMA Taruna Nusantara siswa dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia.

Sekolah ini mulai berdiri pada tahun 1990 dan awalnya hanya menerima laki-laki sebagai siswanya. Namun, mulai tahun 1996, SMA Taruna Nusantara membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah pun diperluas menjadi 23 hektare. Sekolah ini berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia. Sekolah ini menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara – Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara kepada pelajar. LPTTN setiap tahun memberikan kesempatan Beasiswa SMA Taruna Nusantara melalui Pemerintah Daerah. Beasiswa pendidikan menjadi salah satu upaya persiapan SDM unggul tersebut.Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara  (LPTTN) merupakan lembaga pendidikan yang merupakan pengejewantahan komitmen bersama antara Angkatan Bersenjata Republik

Indonesia (ABRI) dengan Taman Siswa pada tahun 1989 dalam menjawab kebutuhan akan pendidikan karakter bagi putra-putri Indonesia.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara – Bagi kalian yang duduk di bangku SMP dan berminat mengikuti program Beasiswa SMA Taruna Nusantara tahun ini. Pada Tahun Ajaran 2020/2021 ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara menyediakan 100 beasiswa prestasi bagi putra-putri terbaik dari seluruh penjuru Nusantara. Salah satu alasan pemberian beasiswa adalah memprioritaskan pendidikan kepada siswa berpotensi yang ingin masuk SMA Taruna Nusantara. Adapun kriteria penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara, antara lain :

  1. Juara umum atau pararel
  2. Juara kelas
  3. Juara OSN atau MSI
  4. Ketua atau pengurus OSIS
  5. Siswa berprestasi yang secara kemampuan ekonomi kurang, akan diberikan pertimbangan khusus sebagai penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

Berikut ini Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara :

  1. Rajin cari informasi program beasiswa
  2. Memiliki prestasi akademik yang baik
  3. Penuhi persyaratan beasiswa
  4. Siapkan dokumen yang dibutuhkan
  5. Hubungi penyelenggara beasiswa

Persyaratan umum untuk masuk SMA Taruna Nusantara :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Laki-laki dan Perempuan
  • Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/Setingkat TP. 2013/2014 atau TP. 2012/2013
  • Berijazah SLTP/Setingkat
  • Tidak pernah tinggal kelas selama SLTP/Setingkat
  • Usia Maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan (Juli 2014)
  • Sehat Jasmani dan Rohani (Surat Keterangan Dokter)
  • Berkelakuan baik dengan surat keterangan dari sekolah
  • Tinggi dan berat badan proporsional
  • Persetujuan orang tua/wali
  • Fotokopi Rapor SLTP/Setingkat semester I s.d V yang dilegalisir.
  • Bersedia tinggal di Asrama selama mengikuti pendidikan
  • Sanggup mematuhi peraturan sekolah
  • Nilai Rapor semester I s.d V untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA masing-masing minimal 7,00 (tujuh koma nol nol), sedangkan mata pelajaran lainnya masing-masing memenuhi Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
  • Daftar Konversi nilai dan ijazah atau surat keterangan yang dilegalisasi oleh Kemdikbud atau Dinas Pendidikan setempat, bagi Casis yang berasal dari SLTP berlatar belakang International School dan sekolah setingkat SLTP luar negeri.

Adapun Persyaratan Pendaftaran jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara:

  • Memiliki nilai rapor minimal 85 (dari kelas 7 sampai 9) untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangn sehat dari dokter pemerintah/militer), tinggi dan berat badan proporsional.
  • Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kelakuan baik dari sekolah).
  • Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.

Pendaftaran calon siswa baru  jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan secara Online. Adapun persyaratan yang diwajibkan, meliputi:

  1. Pas foto
  2. Foto seluruh badan(kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala)
  3. Foto surat keterangan kelakuan baik dari sekolah
  4. Foto surat keterangan sehat dari dokter sipil/militer
  5. Foto kartu pelajar.
  6. Foto akte kelahiran.
  7. Foto rapor semester 1-5
  8. Foto bukti prestasi (jika memiliki)
  9. Foto penghasilan orang tua
  10. Foto kartu keluarga
  11. Foto kartu tanda penduduk orang tua/wali
  12. Foto form izin orang tua

Untuk mengikuti Beasiswa SMA Taruna Nusantara ini calon siswa juga harus lulus tes psikologi, test kesehatan dan kesamaptaan jasmani. Hal ini penting untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang cakap, handal, berkarakter, sehat dan tentunya memiliki jiwa patriot dan rasa cinta Tanah Air.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara – Untuk pendaftaran ulang untuk casis yang mendaftar melalui jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara dan undangan adalah tanggal 1 Juni 2020. Untuk Proses seleksi Beasiswa SMA Taruna Nusantara dilaksanakan Pemda setempat. Untuk kategori beasiswa bagi Casis yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa, dibebaskan dari kewajiban membayar uang pangkal, uang komite dan iuran sekolah.

SMA Taruna Nusantara mempunyai harapan besar untuk dapat melahirkan calon-calon generasi penerus bangsa yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, namun juga memiliki rasa cinta tanah air, memiliki kepribadian yang kuat dan tentunya memiliki kesehatan yang.

Khusus pendaftar jalur beasiswa menyerahkan pula :

  1. Daftar penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh instansi tempat bekerja bagi karyawan, atau oleh Kades/lurah bagi buruh/pedagang/petani /nelayan; dan
  2. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tua/wali.
  3. Map biasa merek biola sesuai dengan warna formulir yag diambil 3 lembar.

Nah, sekian informasi tentang Beasiswa SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat.

Proses seleksi dijalankan oleh SMA Taruna Nusantara dengan penuh integritas dan sikap profesional. Seleksi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu :

  • Seleksi tahap 1
    • Administrasi: kelengkapan data yang sudah diinput pada saat pendaftaran online dan kesesuaian dengan berkas yang diunggah akan menjadi fokus penilaian. Data dan form ini akan diverifikasi dan divalidasi oleh panitia pusat.
    • Tes akademik dan prestasi dengan gawai/gadget. Materi: test potensi akademik dan matematika.

Pengumuman kelolosan seleksi akademis akan diumumkan melalui email dan sms oleh panitia penyelenggara.

  • Seleksi tahap 2
    • Tes akademik online. Materi: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, tes potensi akademik.
    • Tes psikologi
    • Tes kesehatan
    • Tes semapta

Pengumuman kelulusan seleksi Tahap 2 akan diumumkan oleh Panitia pensisru melalui lewat email dan sms.

  • Tingkat Pusat/Pantukir (Penilaian Penentuan akhir)

Seleksi tingkat pusat ini dilakukan di kampus SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Seleksi pantukir, diantaranya :

  • Tes akademik
  • Tes Psikologi
  • Tes kesehatan jiwa
  • Tes semampta
  • Wawancara
  • Parade

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara – Pada saat seleksi Tingkat Pusat ini, semua berkas asli yang sudah diunggah dalam bentuk foto digital harus dibawa. Calon siswa diharap membawa peralatan pribadi secukupnya. Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

Pengumuman

Calon siswa yang diterima sebagai Siswa Baru SMA Taruna Nusantara, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala LPTTN dan langsung masuk pendidikan. Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di tempat Pendaftaran Panitia Daerah/Sub Panitia Daerah masing-masing.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus