Contoh Soal SMA TN 2024

By November 28th, 2023 Contoh Soal, SMA Tarnus
Sukses Mempersiapkan Diri Masuk SMA Militer Pilihan

Contoh Soal SMA TN 2024

 

 

Hallo Semuanyaa!!

Contoh Soal SMA TN 2024 – SMA Taruna Nusantara, sering disebut juga sebagai SMA TN, adalah salah satu sekolah menengah atas ternama di Indonesia yang memiliki fokus pada pendidikan militer dan karakter. SMA Taruna Nusantara adalah salah satu sekolah menengah atas yang unik di Indonesia, yang menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan militer dan pembentukan karakter yang kuat. Sekolah ini berperan penting dalam mempersiapkan generasi muda yang siap untuk melayani negara, baik dalam karier militer maupun di berbagai sektor lainnya.

Tentu saja sekolah ini yang terkenal dengan sistem pendidikan semi militer ini banyak diminati para siswa dan juga untuk bisa masuk sekolah ini diperlukan dengan seleksi yang ketat. Dalam artikel ini akan membahas beberapa contoh soal SMA TN 2024 untuk referensi belajar anda dalam persiapan seleksi SMA TN. Simak sampai akhir!!

Baca juga: Soal Bahasa Indonesia SMA Tarnus

Tentang SMA TN

Ide pembuatan sekolah ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan (MENHANKAM PANGAB) saat itu, Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Jenderal TNI L.B. Moerdani mempunyai visi untuk membangun sekolah yang mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator.

Untuk merealisasikan ide ini, maka dibuatlah MoU / nota kesepahaman antara ABRI dan Taman Siswa. Perguruan Taman Siswa dipilih karena merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia. Dalam nota kesepahaman itu disepakati untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Dengan Akta Notaris KOESBIONO SARMANHADI, S.H., M.H. Nomor : 116/Pdr/P/Not/1990/PN. Jaksel. Tanggal 24-02-1990, Nomor 21 Akta Notaris WENDA TAURUSITA AMIDJAJA, S.H. Nomor : C-204.Ht.03.05-TH.2004. Tanggal 23-07-2004 Lembaga ini merupakan kristalisasi dari visi Jenderal TNI L.B. Moerdani yang selanjutnya mengawasi proses pelaksanaan sekolah ini.

Contoh Soal SMA TN 2024

Dalam perjalanannya, SMA Taruna Nusantara akhirnya bisa berdiri. Diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada 14 Juli 1990. Kampus itu menempati lahan seluas 18.5 hektar dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong dan guru, di atas tanah milik Akademi Militer, yang berlokasi tidak jauh dari Akademi Militer.

Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektar.

Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari TNI yang mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para Tenaga Pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata serta fasillitas lainnya. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik di tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa penuh ini. Sekarang, pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang diberikan baik oleh individual, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

Walaupun sekolah ini sering disebut sebagai sekolah semi-militer, kurikulum yang digunakan tidak 100% dari militer. SMA TN memakai sistem Kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas sehingga bisa dibilang SMA TN sama dengan SMA lainnya. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok seperti kesatuan dari seluruh elemen pendidikan dan sistem yang khas yang dilaksana kan dalam kehidupan sehari-hari serta kegiatan sekolah pada umumnya. Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, lulusan sekolah ini tidak punya kewajiban untuk memilih militer sebagai kelanjutan pendidikannya. Bahkan, sebagian besar lulusan SMA TN melanjutkan pendidikannya di sekolah non-militer, walaupun bisa dikatakan kalau yang memilih militer sebagai kelanjutan studinya jauh lebih besar dari SMA lain pada umumnya.

Baca juga: Contoh Soal IPA SMA Tarnus

Contoh Soal SMA TN 2024

Contoh Soal SMA TN 2024

 

Perhatikan ilustrasi berikut!

Tak ada alat permainan di TK Pak Sahlan selainsebuah ayunan. Namun, berkumpul sesama kawan sebayanya merupakan sesuatu yang menggembirakan bagi Ani. Tidak mengherankan, TK alternatif yang dirintis dua tahun lalu itu berkembang. Semula hanya 20 peserta, kini telah menjadi 40‐an peserta. “Syukur, para orangtua sudah mulai percaya pada TK ini,” ujar Sahlan. “Dulu mereka masih ragu‐ragu karena khawatir jadwalnya bentrok dengan waktu mengaji.”

  1. Kalimat yang tepat ditulis Pak Sahlan dalam buku harian berdasarkan pengalamannya adalah …

A. Ayunan membuat Ani betah bermain dengan teman sebayanya di TK.

B. TK alternatif kini menjadi harapan bangsa.

C. Tuhan, saya bersyukur karena TK yang saya rintis telah berkembang.

D. Anak‐anak TK ragu‐ragu dalam belajar mengaji sehingga tidak mau sekolah TK.

 

Kita telah melihat perkembangan pesat telekomunikasi selama 200 tahun terakhir. Dampak yang ditimbulkannya terhadap kita sangat hebat. Seandainya orang yang hidup 200 tahun lampau bisa dihadirkan kembali untuk menyaksikan telepon, radio,televisi, satelit, gambar‐gambar venus, optik, dan sebagainya, mereka akan sangat terpesona dan menganggap semua itu perbuatan tukang sihir.

  1. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraf tersebut adalah ….

A. Mengapa pertumbuhan telekomunikasi Selama 200 tahun terakhir ini sangat hebat?

B. Bagaimana seandainya orang yang hidup pada 200 tahun yang silam melihat kehebatan hasil telekomunikasi?

C. Dampak apakah yang ditimbulkan oleh pertumbuhan telekomunikasi terhadap kehidupan kita?

D. Mengapa mereka akan sangat terpesona dan menganggap semua itu perbuatan tukang sihir?

 

Pengembanganbidang musik di sekolah tidak mampu mengasah potensi jasmaniah juga membangun hubungan koordinasi antara diri sendiri dan orang lain.

  1. Perbaikan yang tepat kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat yang logis adalah …

A. Pengembangan bidang musik di sekolah mampumengasah potensi jasmaniah tetapi tidak membangun hubungan koordinasi antara diri sendiri dan orang lain.

B. Pengembangan bidang musik di sekolah tidak hanya mampu mengasah potensi jasmaniah semata, tetapi juga membangun hubungan koordinasi antara diri sendiri dan orang lain.

C. Pengembangan bidang musik di sekolah tidak mengasah potensi jasmaniah melainkan hanya membangun hubungan koordinasi antara diri sendiri dan orang lain

D. Pengembangan bidang musik di sekolah hanya mampu mengasah potensi jasmaniah tidak membangun hubungan koordinasi antara diri sendiri dan orang lain.

 

Physics examination cannot be done on Tuesday because all the question sheets had been flooded. Theschool decides to delay the examination and it will be held on Monday next week. All the students whowill take the exam are required to bring a ruler with a length of 30 cm.Thank you for attention.

  1. The topic of the above text is…

A. The size of a ruler

B. The wet question sheets

C. The change of exam day

D. The cancelation of the exam

E. The information to bring a ruler

 

We would hereby like to invite you to attend the inauguration ceremony of our business located at TheMillenium Plaza, Andheri (East ) on 12 April , 2016 at 9.30 a.m. It would be an honor to have you as ourloyal customer in our other businesses. We are hoping that we will get the same support from you as wecontinue to receive from others.

We have been in this business for quite some time now and we have always managed to stay on to ofour competitors.This would not have been possible without your support to our business. We haveprepared something for you as our patrons as a way of saying Thank You.

Please come early so that we can find a comfortable seat for you. Your presence will be acknowledgedas our loyal customers and you are definitely on the list.Please let us know if you will attend the event.

We are looking forward to your presence and business collaborations.

  1. The purpose of the text is to….

A. Follow the weekly meeting

B. Persuade customers

C. Attend a conference

D. Invite customers

E. Join an event

 

  1. What is the main idea of paragraph 1?

A. The company invited the customers to attend inauguration ceremony

B. Comfortable seats would be prepared for the invited customers.

C. The company needed the support of loyal customers.

D. The company offered a new business to customers.

E. The ceremony was held at the Millenium Plaza

 

Baca juga: Latihan Tes SMA Nusantara Magelang

Seorang peneliti ingin mengetahui terjangkit (ada) atau tidak ada flu burung yang menyerang ayam‐ayam di peternakan di kota Makassar. Untuk itu, ia memeriksa 10 ekor ayam di masing‐masing peternakan yang ada di kota Makassar.

  1. Populasi penelitian tersebut adalah……..

A. 10 ekor ayam

B. 10 ekor ayam dimasing‐masing peternakan di kota Makassar

C. Seluruh ayam yang ada di peternakan di Kota Makassar

D. Seluruh ayam yang ada di kota Makassar

 

  1. “A” adalah bayangan titik A(3, 5) oleh rotasi sebesar 90° berlawanan arah jarum jam dengan pusat O(0, 0) dan dilanjutkan oleh refleksi terhadap garis y = ‐x. Koordinat titik A” adalah ……..

A. (‐5,‐3)

B. (‐5,3)

C. (‐3,‐5)

D. (‐3,5)

 

  1. Selisih dua bilangan asli adalah 4, sedangkan hasil kalinya 96. Salah satu bilangan tersebut adalah ….

A. 6

B. 12

C. 16

D. 22

 

  1. Penyelesaian dari persamaan {3x – 2} = {2x + 7} adalah …

A. -1 atau 9

B. -1 atau -9

C. 1 atau -9

D. -1 atau -5

E. -5 atau 9

 

  1. Buah kelapa bermassa 2 kg jatuh dari ketinggian 16 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, energi kinetik buah kelapa pada saat menyentuh tanah ….

A. 32 J

B. 160J

C. 320 J

D. 480 J

 

  1. Hukum Lavoisier yang menyebutkan jumlah massa zat sebelum dan sesudah reaksi yang tidak berubah disebut dengan hukum …

A. Hukum kekekalan massa

B. Hukum perbandingan tetap

C. Hukum perbandingan berganda

D. Hukum penggabungan volume

E. Hukum Proust

 

  1. Sebuah atom memiliki nomor massa 42 dan bernomor atom 11. Berapakah jumlah elektronnya?

A. 42

B. 31

C. 11

D. 50

E. 53

 

  1. Suatu dinamo mempunyai penampang dengan ukuran diameter 25 centimeter. Dinamo tersebut mempunyai putaran dengan frekuensi sebesar 240 rpm. Berapakah kecepatan linear pada bagian sisi penampang dinamo bersangkutan?

A. 14,00

B. 78,67

C. 77,9

D. 80,6

E. 3,14

 

  1. Besi bereaksi dengan belerang membentuk besi (II) sulfida menurut persamaan reaksi:

Fe(s) + S(s) → FeS(s)

Bila 28 gram besi bereaksi dengan 32 gram belerang, massa besi(II) sulfida yang terbentuk

adalah sebanyak …… (Ar =Fe = 56, S = 32)

A. 22 gram

B. 44 gram

C. 56 gram

D. 60 gram

E. 88 gram

Baca juga: Soal Bahasa Inggris SMA Nusantara

Demikianlah Contoh Soal SMA TN 2024. Bagaimana? anda tertarik masuk di sekolah SMA TN?. Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara adalah proses yang sangat kompetitif, dan anda perlu melakukan persiapan yang baik untuk memiliki peluang yang lebih baik dalam diterima di sekolah ini salah satunya dengan melakukan latihan soal. Untuk persiapan masuk ke SMA TN, beberapa siswa memilih untuk mengikuti bimbingan belajar (bimbel) sebagai bagian dari persiapan mereka. Bimbel dapat membantu siswa untuk menghadapi tes masuk yang ketat dan memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

Salah satunya adalah Persiapan tes seleksi SMA Tarnus, dengan mengikuti Program Bimbel Tarnus merupakan langkah cerdas untuk mencapai keberhasilan dalam seleksi SMA Taruna Nusantara.

Mengapa harus memilih Bimbel Tarnus untuk Persiapan Seleksi SMA Tarnus?

Dengan persiapan yang baik bersama Bimbel Tarnus, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dan meraih sukses dalam seleksi SMA Tarnus. Tidak hanya itu, Bimbel Tarnus juga akan memberikan wawasan tentang bagaimana cara mengerjakan soal-soal ujian dengan efektif dan percaya diri. Dengan materi yang lengkap dan juga tutor yang berpengalaman Bimbel Tarnus memiliki keunggulan yang dapat membantu anda dalam proses persiapan seleksi SMA Taruna Nusantara:

  1. Assessment Gagap Hitung

Sebelum memulai pembelajaran, kami akan menguji tingkat kemampuan dasar peserta, dalam hal kecepatan penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

  1. Try Out Mengunakan Sistem CBT

Mengerjakan latihan soal berbasis komputer (CBT) secara online, dengan tujuan mengukur kemampuan peserta agar siap menghadapi seleksi SMA Taruna Nusantara.

  1. Private Coaching

Memberikan bimbingan secara personal, 1 tutor mengajari 1 peserta untuk memaksimalkan proses belajar sesuai dengan kebutuhan pesera. Tutor datang ke rumah peserta.

  1. Laporan Hasil Belajar

Hasil nilai setiap peserta akan dilaporkan kepada orangtua masing-masing, sehingga orang tua dapat mengetahui perkembangan belajar anak selama mengikuti pembelajaran bersama kami.

Bersama Bimbel Tarnus Anda tidak perlu khawatir karena Bimbel Tarnus menyediakan sistem pembelajaran secara Offline dan Online.  Juga anda akan diberikan berbagai pilihan paket belajar yang beragam sesuai dengan keinginan anda bisa klik Disini untuk mengetahui pilihan paket belajar.

Pastikan untuk berlatih dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadapi ujian seleksi SMA TN. Gunakan buku-buku panduan, kursus persiapan, atau sumber belajar online untuk membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam menjawab jenis soal-soal seperti di atas.

Penasaran dengan program lainnya?, kunjungi website kami dan persiapakan diri anda dan sukses seleksi SMA Taruna Nusantara bersama Bimbel Tarnus!

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus