[HOT!!] Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

By February 6th, 2024 Uncategorized
Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024 – SMA Tarnus atau SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu SMA yang terkenal di seluruh Indonesia ini. SMA ini sudah melahirkan alumni-alumni terbaik yang saat ini memiliki jabatan penting diberbagai bidang. Sistem pendidikan yang berkualitas membuat banyak anak bangsa yang ingin masuk ke sekolah ini.

Persyaratan masuk SMA Taruna Nusantara juga tergolong yang paling ketat untuk tingkatan SMA. Selain harus memiliki prestasi akademik yang baik, calon siswa juga harus bersaing dengan calon lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah beberapa informasi mengenai SMA Taruna Nusantara Magelang.

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Taruna Nusantara atau SMA Taruna Magelang (atau disebut juga dengan Tarnus atau TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas dengan sistem asrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan.

Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Kata Taruna sendiri biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI. SMA Taruna Nusantara menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.

Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian. Sebagai salah satu sekolah nasional bertaraf internasional, SMA Taruna Nusantara selalu mencari putra putri terbaik bangsa untuk dididik menjadi seorang pemimpin. Oleh karena itu proses seleksi menjadi siswa SMA Taruna Nusantara sedikit berbeda dengan sekolah sederajat lainnya.

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Seleksi Masuk SMA Tarnus (SMA Taruna Nusantara) adalah sebuah proses yang panjang dan ketat. Proses Seleksi dijalankan oleh SMA Taruna Nusantara sejak Tahun 1990 dengan penuh integritas dan sikap profesional. Seleksi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu :

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Seleksi Tahap 1

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tahap 1, antara lain :

  1. Administrasi: kelengkapan data yang sudah diinput pada saat pendaftaran online dan kesesuaian dengan berkas yang diunggah akan menjadi fokus penilaian. Data dan form ini akan diverifikasi dan divalidasi oleh panitia pusat.
  2. Tes akademik dan prestasi dengan gawai/gadget. Materi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika.

Tes Masuk SMA Taruna Nusantara selanjutnya adalah seleksi akademik untuk empat mata pelajaran tersebut. Soal-soal seleksi masuk SMA TN terkenal sangat berat. Bobot soal setara pelajaran di tingkat SMA. Para calon siswa yang nantinya lulus tes akademis ini akan melalui tahapan tes berikutnya.

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Seleksi Tahap 2

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tahap 2, antara lain :

  1. Tes akademik. Materi: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
  2. Tes psikologi. Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan, di daerah yang ditunjuk.
  3. Tes kesehatan
  4. Tes semapta

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Seleksi Tingkat Pusat/Pantukir (Penilaian Penentuan akhir)

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tingkat pusat, yaitu Wawancara, salah satu Tes Masuk SMA Taruna Nusantara ini akan dilaksanakan di SMA Taruna Nusantara yaitu di Balairung Pancasila.

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

20 Contoh Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Jumlah pendaftar SMA Taruna Nusantara per tahunnya bervariasi, sekitar 4.000-5.000 orang. Jumlah calon siswa laki-laki dan perempuan juga bervariasi setiap tahunnya, kurang lebih ada 350 orang yang diterima dengan proporsi 250 siswa laki-laki dan 100 siswa perempuan.

Untuk menghadapi Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara, harus memiliki persiapan yang matang. Salah satunya dengan mempelajari soal-soal dan materi ujian dari sekarang. Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024.

Bahasa Indonesia – Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

  1. Bacalah paragraf berikut! Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi bencana harus diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air tercemar lumpur. Gagasan utama paragraf tersebut adalah…

A.Masalah kesehatan pada korban harus diperhatikan

B.Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul

C.Bencana banjir lumpur menimbulkan berbagai penyakit

D.Beberapa penyakit muncul karena lingkungan kotor

 

  1. Perhatikan teks berikut ! Sinyal televisi dibawa oleh gelombang radio. Sama bagai sinyal suara, gelombang membawa sinyal gambar. Seperangkat televisi mengubah sinyal-sinyal tersebut menjadi suara dan gambar. Suara kemudian diubah dengan cara sama bagai dalam radio. Sinyal gambar diubah kembali menjadi gambar-gambar oleh tabung sinar katode. Alasan ketidaktepatan teks tersebut adalah ….

A.Penggunaan kata gabung Soal Tes SMA Taruna Nusantara 2023

B.Penggunaan kata-kata tugas

C.Penggunaan konjungsi bagai

D.Pengggunaan kata kerja pasif

 

  1. Perhatikan kalimat berikut! Era globalisasi membuat masyarakat terjebak ke dalam kehidupan konsumtif. Mereka rela mengeluarkan uang lebih untuk melengkapi keinginannya bukan kebutuhannya. Kata melengkapi pada kalimat tersebut tidak tepat. Kata yang seharusnya digunakan adalah…

A.merasakan Soal Tes SMA Taruna Nusantara 2023

B.menjadikan

C.memenuhi

D.merealisasikan

 

  1. Bacalah ilustrasi berikut! Guna mendukung “Gerakan Menanam Sejuta Pohon”, OSIS SMP Wijaya bermaksud menyelenggarakan bakti sosial melalui kegiatan menanam pohon. Hal ini karena dengan menanam sebatang pohon akan memberi banyak manfaat. Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….

A.Satu pohon demi anak cucu

B.Satu pohon berjuta manfaat

C.Ayo menanam sekarang juga

D.Hijau lingkungan dengan menanam Soal Tes SMA Taruna Nusantara 2023

 

  1. Perhatikan kalimat berikut! Dengan lantang Fikar mengatakan bahwa walaupun ibunya sorang pencuci pakaian namun pandai memasak. Penulisan ejaan dan tanda baca yang benar jika kalimat di atas diubah menjadi kalimat langsung pada sebuah cerpen menjadi ….

A.Dengan lantang Fikar mengatakan, “walaupun ibunya seorang pencuci pakain namun pandai memasak.”

B.Dengan lantang Fikar berkata: “walaupun ibuku seorang pencuci pakaian dan ibuku seorang pencuci pakaian dan ibuku pandai memasak”!

C.Dengan lantang Fikar berkata, “Walaupun ibuku seorang pencuci pakaian, namun ia pandai memasak.”

D.Dengan lantang Fikar mengatakan, “emang betul, ibuku seorang pencuci pakaian dan ia pandai memasak!”

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Matematika – Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

  1. Peserta sebuah kegiatan OSIS yang diikuti oleh 2 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan dibagi secara acak menjadi dua kelompok dengan anggota masing-masing tiga orang. Peluang bahwa setiap kelompok beranggotakan satu siswa laki-laki adalah ….

A.3/5

B.1/2

C.2/5

D.1/5

 

  1. Diketahui lima buah bilangan bulat positif yang sudah terurut, yaitu n + 1, n + 2, 2m – 4, 2m – 2, m + 4. Rata-rata lima bilangan tersebut sama dengan jangkauannya dan sama pula dengan mediannya. Nilai m + n adalah ….

A.5

B.7

C.10

D.12

 

  1. Banyaknya bilangan bulat kelipatan 7 antara 100 dan 1000 adalah …

A.64

B.196

C.32

D.128

 

  1. Bilangan prima p dan q masing-masing dua digit. Hasil penjumlahan p dan q merupakan bilangan dua digit yang digitnya sama. Jika bilangan tiga digit r merupakan perkalian p dan q, maka dua nilai r yang mungkin adalah ….

A.121 atau 143

B.169 atau 689

C.403 atau 989

D.481 atau 121

 

  1. 44 + 44 + 44 + 44 = …..

A.420

B.45

C.46

D.416

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Bahasa Inggris – Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Read the reading text to answer questions 11 – 12

A wolf saw a goat grazing at the edge of a high cliff. The wolf smacked his lips at the thought of a fine goat dinner.

“My dear friend,” said the wolf in his sweetest voice, “aren’t you afraid you will fall down from that cliff? Come down here and graze on this fine grass beside me on safe, level ground.”

“No, thank you,” said the goat.

“Well then,” said the wolf, “aren’t you could up there in the wind? You would be warmer grazing down here beside me in this sheltered area.”

“No, thank ypu,” said the goat.

“But the grass tastes better down here!” said the ecasperated wolf, “Why dine alone?”

“My dear wolf,” the goat finally said, “are you quite sure that it is my dinner you are worrying about and not your own?”

 

  1. What did the wolf ask when he saw the goat grazing at the edge of a high cliff?

A.To be his friend

B.To graze on the level ground

C.To clim up higher

D.To be his dinner

 

  1. What can we lear from the story above?

A.Don’t look down other creatures

B.Don’t easily believe in well behaved creatures

C.Don’t judge others by their appearance

D.Don’t easily beat other creatures

 

  1. Arrange these sentences based on the pictures above to make cooking instructions!

a.Put noodles into 2 glasses of briskly boiling water.

b.Your delicious noodles are ready to be served.

c.Put the seasoning, vegetables oil and chili powder in a bowl.

d.Mix the noodles well with all of the seasoning

e.Cook the noodles and simmer for 3 minutes.

A.d – c – e – a – b

B.b – a – e – c – d

C.c – e – a – d – b

D.a – e – c – d – b

Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

Read the reading text to answer questions 14 – 15

Mount St Helens

May 18, 1980 started out like many other days at the lodge at the foothills of mount St Helens – clear and calm. Some folks had lived the last fifty years on the shores of Spirit Lake in this beautiful area of Washington State. But this day was to change the face of the land to something unrecognizable.

There had been warnings of a possible eruption and many people had left the are. At 8:32 am an earthquake triggered a landslide on the sleeping giant. Gases and magma trapped in the mountain suddenly had an escape route! In barely a blik of an eye, Mount St Helens exploded with the force of 500 atomic bombs. A huge cloud of super hot gases, tock, steam and ash spewed out, disintegrating the top of the mountain and surrounding area. Then a mowing wall of debris came down the mountain,wiping out everything in its path. The lakw ws emptied. And the lodge, buried under 40 feet of ash and mud. The blast zone covered an area of more than 230 square miles, leaving vast stretches of leveled trees and barren land.

  1. Where is Mount St. Helens located?

A.Washington, D. C

B.Canada

C.Washington state

D.Spirit lake

 

  1. To what does “sleeping giant” refer?

A.Spirit lake

B.Volcano

C.The lodge

D.Area

 

IPA – Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024

  1. Suatu magnet batang dibungkus dengan suatu plastik. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar tentang jumlah garis gaya magnet yang menembus permuakaan plastik?

A.Jumlah garis gaya yang menembus masuk lebih besar dari jumlah garis gaya yang menembus keluar

B.Jumlah garis gaya yang menembus masuk sama dengan jumlah garis gaya yang menembus keluar

C.Jumlah garis gaya yang menembus masuk lebih kecil dari jumlah garis gaya yang menembus keluar

D.Tidak dapat ditentukan dari informasi di atas

 

  1. Seorang anak dengan tinggi badan 140 cm berdiri di depan cermin. Mata anak itu berada 10 cm di bawah ujung atas kepala. Supaya anak tersebut bisa melihat bayangan tubuhnya secara keseluruhan (ujung kaki hingga ujung kepala), maka tinggi cermin haruslah …

A.60 cm

B.70 cm

C.80 cm

D.140 cm

 

  1. Tanaman mangga berbuah banyak dan berasa asam (BBmm) disilangkan dengan tanaman mangga berbuah sedikit berasa manis (bbMM) menghasilkan keturunan F1 (BbMm) dengan fenotip buah banyak dan rasa manis. Jika F1 disilangkan sesamanya, prosentase mangga dengan fenotip berbuah banyak dan berasa manis adalah …

A.18,75%

B.56,25%

C.6,25%

D.25% Soal Tes SMA Taruna Nusantara 2023

 

  1. Sebuah gerobak bergerak menuruni suatu bukit menuju lembah. Roda gerobak mula-mula tergelincir kemudian mengalami gesekan dengan tanah. Setelah tiba di lembah jumlah energi kinetik dan potensial gerobak …

A.Bertambah

B.Tetap

C.Berkurang So Soal Tes SMA Taruna Nusantara 2023al Tes SMA Taruna Nusantara 2023

D.Tidak bisa ditentukan secara kualitatif

 

  1. Ketika kereta api memdekat, suara yang dikeluarkannya dapat didengar melalui rel kereta api di tempat yang jauh. Laju suara di rel adalah 5.130 m/s dan laju suara di udara adalah 330 m/s. Jika frekuensi suara yang dikeluarkan kereta api adalah 500 Hz, maka perbedaan panjang gelombang suara di rel dengan di udara adalah …

A.0,66 m

B.9,60 m

C.10,26 m

D.11,92 m Soal Tes SMA Taruna Nusantara 2023

 

Itulah beberapa contoh Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024. Gimana? Kira-kira kamu bisa mengerjakan contoh Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024 di atas? Jangan lupa pelajari soal-soal sejenis ya, supaya kamu lebih memahami dan bisa mengerjakan Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024 dengan mudah.

Kalau Kamu ingin masuk SMA Tarnus dan mempelajari Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024, Kami memberikan FREE Simulasi Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024.

Silakan cek kesiapan Kamu dengan mengikuti Simulasi Soal Tes Seleksi Masuk SMA Tarnus 2024 GRATIS

Daftar segera dengan KLIK DISINI !!

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus