Keunggulan SMA Taruna Nusantara

By November 28th, 2023 SMA Tarnus

Keunggulan SMA Taruna Nusantara

Keunggulan SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara adalah sebuah Sekolah Menengah Atas dengan sistem asrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Keunggulan SMA Taruna Nusantara Area sekolah ini memiliki 23 hektare. Sekarang sekolah ini mempunyai siswa sebanyak 1107 orang yang terdiri dari siswa putra dan putri dan keseluruhan jumlah kelasnya ada 30 Kelas. Semua siswa mengenakan pakaian seragam yang diberikan oleh sekolah.

Sekolah yang berada di Lembah Tidar ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer. SMA TN selain memakai sistem kurikulum nasional juga memakai kurikulum khusus SMA TN yang terdiri dari sejumlah mata kegiatan dan mata pelajaran seperti mata pelajaran kenusantaraan, bela negara, dan kepemimpinan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan siswa dengan sasaran aspek mental spiritual, mental ideologi, serta mental kejuangan dan kepemimpinan.

SMA TN diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno, pada tanggal 14 Juli 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18,5 hektar dan terdiri dari kelas, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong (guru) berdiri di atas tanah milik Akademi Militer. Selama enam tahun pertama, SMA TN hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang per angkatan. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang.

Keunggulan SMA Taruna Nusantara menerapkan pola pengajaran, pelatihan dan pengasuhan dalam proses pendidikannya yang merupakan cerminan masyarakat yang menggambarkan adanya interaksi dan tanggung jawab dari tiga pusat pendidikan yaitu pendidikan formal sekolah, pendidikan informal keluarga, dan pendidikan nonformal masyarakat. Proses pendidikan di SMA TN dilakukan dengan model sekolah berasrama penuh (full boarding school). Jadwal kegiatan keseharian siswa disusun sangat ketat dan juga dibuat peraturan yang tegas untuk membentuk kedisiplinan pada diri siswa.

Pendidikan karakter sangat baik jika dimulai sejak dini, karena akan lebih mudah membentuknya dan menjadikan karakter anak semakin kuat.  Pendidikan karakter dapat diberikan dalam jalur pendidikan formal, informal maupun non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan berprogram, berstruktur, dan berlangsung di sekolah. Pendidikan non formal adalah pendidikan yang berstruktur, berprogram, dan berlangsung di luar kegiatan formal yang ada di sekolah.

Keunggulan SMA Taruna Nusantara ini siswa dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia.

SMA Taruna Nusantara sudah dikenal pencetak perwira TNI di tanah air. Khususnya untuk TNI AD. Salah satunya, Agus Harimurti Yudhoyono. Kedisiplinan tinggi menjadi salah satu keunggulan SMA Taruna Nusantara. Tak heran, biaya yang dikenakan cukup besar. Biaya tersebut digunakan untuk asrama dan konsumsi tiga kali sehari selama menempuh pendidikan

Berikut ini adalah keunggulan SMA Taruna Nusantara sangat diminati banyak pelajar dan menjadi salah satu SMA bertaraf internasional di indonesia.

  1. Membentuk Generasi Sekuat Gatot Kaca

Setelah resmi diterima maka mereka akan menjalani masa basis selama beberapa bulan. Pada saat itu para siswa tidak diperbolehkan untuk dijenguk, menerima telpon, ataupun menerima surat dari siapapun. Mereka juga tidak diperbolehkan meninggalkan kompleks sekolah, hal ini dilakukan untuk membentuk anak-anak yang kuat dan mandiri.

  1. Memupuk Jiwa Nasionalisme

Terdapat 3 wawasan yang dikembangkan di SMA Taruna Nusantara ini, yaitu wawasan kejuangan, kebangsaan, dan kenusantaraan.  Di sana para siswa memiliki pelajaran khusus yang diberi nama Kenusantaraan dan Bela Negara untuk membuat mereka lebih cinta tanah air. Selain itu, pada awal masuk sekolah setelah mengikuti semua tes yang telah ditetapkan semua anak-anak terbaik bangsa ini wajib melakukan ritual pembacaan ikrar dan mencium bendera merah putih.

  1. Membiasakan siswa untuk disiplin dan bertanggung jawab

Keunggulan SMA Taruna Nusantara yaitu didampingi oleh TNI Angkatan Darat ini terkenal sangat disiplin. Semua hal yang berkaitan dengan kebaikan siswa atau apapun itu mulai diatur di sini. Mulai dari cara berpakaian, jam bangun dan jam tidur, sikap dan perilaku, dan lain sebagainya.

Aturan yang dibuat tentunya tidaklah semata-mata sebagai bentuk untuk menekan para siswa. Melainkan telah menjadi faktor pendorong buat para siswa untuk menjadi sosok yang disiplin dan bertanggung jawab.

  1. Mengajarkan Siswa untuk Peduli

Di Taruna Nusantara para siswa diwajibkan untuk mengingat nama semua rekan satu angkatannya beserta wajah masing-masing rekan tersebut. Selain itu, mereka juga harus mampu mengidentifikasi teman tersebut walau hanya dari suara serta cara berjalan. Para siswa juga diharuskan mengenali lingkungan sekeliling mereka dalam radius tertentu demi memupuk semua rasa kepedulian terhadap sekitar.

  1. Melatih untuk Berpikir ke Depan

Keunggulan SMA Taruna Nusantara Selain memperlakukan para siswanya dengan dewasa, SMA Taruna  Nusantara juga mengajari siswanya untuk mampu berpikir tentang masa depan. Di SMA ini sering diadakan diskusi yang membahas seputar persoalan negara dan bangsa yang digelar secara pleno ataupun melalui  kelompok kecil.

  1. Mampu mengembangkan soft skills

Berupa kemampuan berpikir kritis, analitis, dan mampu berkomunikasi dengan baik, serta memiliki empati yang tinggi sebagai tunas-tunas pemimpin bangsa yang sungguhsungguh dapat diandalkan.

Keunggulan SMA Taruna Nusantara dicetuskan oleh Jenderal LB Moerdani ini memang pantas diacungi jempol. Apalagi sekolah yang terletak di Jawa Tengah ini menjadi institusi pendidikan setaraf SMA pertama yang dikunjungi oleh presiden Jokowi. Bahkan saat kunjungannya sang presiden mengungkapkan agar pola dan sistem pendidikan di sekolah ini bisa diterapkan SMA lain sehingga muncul pribadi-pribadi yang pintar, pandai, serta berkarakter ke-Indonesia-an.

Keunggulan SMA Taruna Nusantara

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus