Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024 – Ada Apa Saja, Ya??

By March 7th, 2024 SMA Tarnus
Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024 – SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut SMA Tarnus atau SMA TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai Kebangsaan dan Kedisiplinan Semi-Militer, di samping berbagai prestasi Akademik dan Kepemimpinannya.

SMA Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Kata taruna sendiri biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI. SMA Taruna Nusantara menjaring siswa/i berprestasi lulusan SMP/Sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.

Ide pembuatan sekolah ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Ia mempunyai Visi untuk membangun sekolah yang mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator. Ide ini diteruskan dengan ditandatanganinya MoU antara TNI dan Taman Siswa, yang merupakan Organisasi Kependidikan pertama di Indonesia, untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Lembaga ini merupakan kristalisasi dari Visi Jenderal Moerdani yang selanjutnya akan mengawasi proses pelaksanaan sekolah ini.

Sekolah ini kemudian diresmikan oleh Pangab saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 Hektar dan terdiri dari Komplek Akademis, Asrama Siswa, dan Komplek Perumahan Pamong (Guru) ini merupakan sumbangan dari Akademi Militer yang berlokasi tidak jauh dari tempat itu.

Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima Laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun, mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijakan baru dengan menerima Angkatan Putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah ini pun diperluas menjadi 23 Hektar.

Walaupun sekolah ini sering disebut sebagai sekolah Semi-Militer, Kurikulum yang digunakan tidak 100% dari Militer. SMA Taruna Nusantara memakai Sistem Kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas sehingga bisa dibilang SMA TN sama dengan SMA umum lainnya. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok, seperti kesatuan dari seluruh elemen pendidikan dan sistem yang khas yang dilaksanakan dalam Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024.

Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, lulusan sekolah ini tidak punya kewajiban untuk memilih Militer sebagai kelanjutan pendidikannya. Bahkan, sebagian besar lulusan SMA TN melanjutkan pendidikannya di sekolah Non-Militer, walaupun bisa dikatakan kalau yang memilih Militer sebagai kelanjutan studinya jauh lebih besar dari SMA lain pada umumnya.

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

1. Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk menyalurkan bakat para siswa/i di berbagai bidang serta melatih jiwa kepimpinan mereka, pihak SMA Taruna Nusantara menyediakan berbagai macam pilihan Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024, seperti kegiatan ekstrakurikuler.

Berikut ini beberapa Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024, termasuk kegiatan ekstrakurikuler antara lain:

  • Ekstrakurikuler Seni

Di SMA Taruna Nusantara terdapat Ekstrakurikuler Seni yang terdiri dari kegiatan Gita Bahana Nusantara Marching Band (GBNMB), Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Paduan Suara (Padus), Teater Taruna Nusantara (Tetanus), Gendang Rampak, Tari dan Karawitan, Band, Tari Modern.

  • Ekstrakurikuler Olahraga

Di SMA Taruna Nusantara terdapat Ekstrakurikuler Olaraga yang terdiri dari kegiatan olahraga Renang, Tenis, Bulutangkis, Sepak Bola, Hockey, Atletik, Basket, Tenis Meja, Voli, Takraw, Panjat Tebing.

  • Ekstrakurikuler Bela Diri

Selain Ekstrakurikuler Seni dan Olahraga, di SMA Taruna Nusantara juga terdapat Ekstrakurikuler Bela Diri yang terdiri dari kegiatan Karate, Pencak silat, dan Tae-Kwondo.

 

Selain kegiatan ekstrakurikuler di atas, dalam Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024 lainnya dibentuk juga beberapa tim seperti:

  • Tim Dekorasi (bertugas dalam dekorasi event-event besar).
  • Tim Kaplog (bertugas mempersiapkan logistik dalam event-event besar).
  • Tim Prasasti (bertugas menerbitkan majalah intern sekolah).
  • Tim Sound System (bertugas dalam mempersiapkan perlengkapan sound dalam event-event besar).
  • Tim Kosinus (bertugas dalam pelayanan koperasi intern siswa).

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

2. Peleton

Selain kegiatan ekstrakurikuler, Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024 terdapat juga Peleton yang merupakan perwujudan Latihan Kepemimpinan dalam organisasi. Terdapat 4 Peleton di SMA Taruna Nusantara, yaitu sebagai berikut:

  • TONPARA

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Peleton Upacara (TONPARA) merupakan salah satu Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024, yang merupakan Peleton pertama kali yang berdiri di SMA Taruna Nusantara. Awalnya bernama Peleton Inti (TONTI). TONPARA terdiri dari 25 siswa terpilih dari setiap angkatan. Mulai dari Angkatan 19, bertambah menjadi 31 siswa, yang terdiri dari 21 siswa putra dan 10 siswa putri.

Peleton ini mengerjakan seluruh tugas yang berkaitan dengan upacara umum (Upacara Bendera Hari Senin), upacara khusus (Peringatan Hari Besar atau Upacara Tradisi), serta Pelatihan Baris Berbaris (PBB) siswa. TONPARA juga sering mengharumkan nama Almamater SMA Taruna Nusantara dalam berbagai lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.

  • PKS

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bertugas mengendalikan keamanan sekolah dan memeriksa kerapihan siswa. Terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi terpilih tiap angakatan yang terbagi dalam 8 kode. Apel Pengecekan Pesiar dan Apel Pengecekan Rutin (biasa dilakukan pada hari Selasa) adalah contoh kegiatan rutin PKS. PKS juga bertugas menjaga ketertiban saat ada kunjungan tamu dari luar SMA Taruna Nusantara.

  • PATAKA

Pasukan Tanda Kehormatan (PATAKA) adalah pasukan khusus pembawa Lambang SMA Taruna Nusantara. Terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi terpilih tiap angkatan. Lambang SMA Taruna Nusantara (dengan berat tiang 18 Kg) dibawa dengan khidmat oleh pasukan khusus ini dalam Upacara Tradisi SMA Taruna Nusantara, yaitu Upacara Pembukaan Pendidikan, Malam Renungan Enam Belas Agustus, Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK), Kampanye Dialogis OSIS SMA Taruna Nusantara, dan Upacara Prasetya Alumni.

  • BANTARA

Dewan Ambalan SMA Taruna Nusantara adalah gerakan pramuka SMA TN yang bertugas menyelenggarakan seluruh kegiatan kepramukaan di SMA TN, mulai dari Persami yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PDK (Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan) hingga kegiatan non-formal mandiri.

BANTARA SMA TN merupakan Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024 yang sering mengikuti Lomba-lomba Kepramukaan mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional. Tak heran, Peleton ini pun sering mengharumkan nama SMA Taruna Nusantara dengan melanjutkan tradisi prestasi.

  • Gita Bahana Nusantara Marching Band

Marching Band yang menjadi salah satu Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024  dan kebanggaan SMA Taruna Nusantara ini termasuk salah satu kegiatan Ekstrakurikuler Seni yang berada di bawah seksi 2B OSIS. Tak jarang Gita Bahana Nusantara Marching Band atau yang biasa disingkat GBNMB ini turut mengharumkan nama SMA TN dengan tampil di berbagai acara luar setingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional.

  • OSIS dan PK

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah organisasi induk bagi siswa. Organisasi ini merupakan Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024. Terdiri atas Pengurus Harian dan 8 Seksi:

  • Seksi I Pembinaan Mental dan Spiritual.
  • Seksi IIA Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
  • Seksi IIB Pengembangan Nilai Budaya.
  • Seksi IIIA Kemandirian dan Kewiraswastaan.
  • Seksi IIIB Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  • Seksi IIIC Pengembangan Jasmani.
  • Seksi IVA Kepemimpinan dan Organisasi.
  • Seksi IVB Kehidupan Berasrama.

Kegiatan SMA Taruna Nusantara

Kegiatan di SMA Taruna Nusantara

1. Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2023

FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Kabupaten Magelang yang diselenggarakan pada tahun 2023 di SMAN 1 Muntilan Magelang. Tim SMA Taruna Nusantara berhasil mendapatkan beberapa kejuaraan antara lain:

  • Bilqiis Dara Ramadhan Sasongko, Juara 1 Cipta Puisi.
  • Anya Ayana Pasang, Juara 1 Jurnalistik.
  • Rubby Rasy Restu Gusti, Juara 1 Tari Kreasi.
  • Fayha Nararya Zharif, Juara 1 Komik Digital.
  • Amelia Hasanah, Juara 2 Desain Poster.
  • Salsabila Arsilia, Juara 2 Baca Puisi.
  • Ailsa Eufa Nadita Hara & Denok Dewi Sekar Sari, Juara 2 Film Pendek.
  • Desak Putu Queenara Chanda Nadila, Juara 3 Cipta Lagu.
  • Muhammad Irsyad Shidqi, Juara 3 Gitar Solo.
  • Wahyudhy Nuril Akbar, Juara 3 Menyanyi Putra.
  • Galih Satria Priagung, Juara 3 Menulis Cerpen.
  • Isabel Christy Banano, Juara Harapan 1 Menyanyi Putri.

Juara 1 dan 2 akan melanjutkan lomba ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. SMA Taruna Nusantara akan mengikuti 7 cabang. Keikutsertaan ini bagian dari pengembangan bakat dan minat siswa/i dan Kegiatan SMA Taruna Nusantara dalam bidang Seni.

 

2. Juara Internasional ICYS, BYSCC dan Karate Asia

Siswa Javan Hammurabi Rumi, Muhammad Farhan Rezkinsyah dan Muhammad Amjad Adhie Prasetyo meraih medali Perak pada Beijing Youth Science Creation Competition ke-39 di Beijing, China. Sedangkan siswa Yasya Ayu Noorhaliza dan Dewi Wijayanti meraih Special Award pada International Conference of Young Scientist di Malaysia.

Sementara itu, siswa Arta Dewangga mearih medali Perak kelas Junior +68 Kg dan Shabrina Farras Tsany meraih medali perunggu kelas +48 Kg pada Kejuaraan Karate Asia Yura Dupa Khodadad’s Cup 2019 di Brunei Darussalam.

 

3. Penyerahan Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022 oleh BPIP kepada Plh. Kadisporapar Jateng

Muhammad Rajwa Al Farizi siswa Kegiatan SMA Taruna Nusantara Magelang ini juga terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional. Muhammad Rajwa Al Farizi berasal dari SMP Unggulan Terpadu Bumi Kartini, Jepara.

Pembawa baki Paskibraka Nasional pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka ini ditugaskan kepada siswi SMA asal Kudus yg bernama I Dewa Ayu Firsty.

 

4. Lomba Paduan Suara Kartinian 2023

“Event” yang dinantikan oleh sebagian besar siswa SMA Taruna Nusantara dalam rangkaian Kegiatan SMA Taruna Nusantara “Kartinian 2023”  kali ini adalah Lomba Paduan Suara (Padus) antar Graha.

Lomba Padus yang melibatkan banyak siswa ini bagian dari proses pendidikan Kepemimpinan penting karena banyak aspek harus dilewati oleh para siswa, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan latihan, dan pelaksanaan lombanya sendiri.

Rangkaian Kegiatan SMA Taruna Nusantara “Kartinian 2023” lainnya sudah dan sedang akan dilaksanakan, seru, mendidik dan menghibur.

 

5. Siswa M. Farel Islami Rivel Menjadi Pemenang Pencak Silat Laga Kelas C Putra 47-51 Kilogram

Farel Islami Rivel, Pesilat asal Kabupaten Kepulauan Meranti Terbaik I di Ajang Popda Magelang. Farel Islami Rivel utusan dari Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Perisai Diri, M Farel Islami Rivel kembali berhasil meraih prestasi yang membanggakan dan menorehkan prestasi yang gemilang.

Kali ini ia mewakili sekolahnya SMA Taruna Nusantara Magelang dan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kabupaten Magelang tahun 2022. Farel pun dinobatkan menjadi pemenang Pencak Silat Laga Kelas C Putra 47-51 Kilogram.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Kota Mungkid ini, Farel turut ambil bagian bersama puluhan Perguruan dan pesilat-pesilat terbaik utusan dari berbagai Perguruan di kota yang mendapatkan julukan ‘Kota Militer’ ini. Anak pertama pasangan Aipda H Andri Kurniawan dan Novellitta ini berhasil menampilkan penampilan terbaiknya dan berhasil “menumbangkan” lawannya di setiap sesi pertandingan.

Pada pertandingan pertama, Farel dinyatakan menang Walkover atau W.O dari Perguruan Pagar Nusa, karena lawannya kelebihan Berat Badan saat timbangan. Sedangkan pertandingan kedua menghadapi pesilat dari Perguruan IKSPI dan menang dengan skor telak 5-0. Sama halnya terjadi pada pertandingan ketiga atau Semi Final, Farel kembali berhasil menang telak menghadapi Perguruan Tapak Suci.

Saat partai Final, Farel yang mempunyai tendangan keras pada kaki kanannya ini juga berhasil menumbangkan lawannya. Menghadapi pesilat dari Perguruan Tapak Suci, keduanya mempertontonkan pertarungan sengit dan saling serang. Kemudian pada akhir Laga, Farel berhasil mengalahkan lawannya dengan skor 3-2.

Selanjutnya Farel akan mengikuti pertandingan dalam rangka mencari bibit Atlet Olahraga berbakat dan berprestasi yang akan mewakili Kabupaten Magelang ke tingkat Eks Karesidenan Kedu dan tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Adapun Eks Karesidenan Kedu meliputi Kabupaten Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Dengan usia yang cukup muda, masa depan siswa SMA Taruna Nusantara ini dalam mengembangkan bakat minatnya masih terbuka lebar yang sebelumnya banyak prestasi yang telah diraih oleh Farel.

Baru-baru ini ia mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Dalam Laga itu ia berhasil merebut Medali Emas sekaligus dinobatkan sebagai ‘Pesilat Terbaik Pria’. Adapun prestasi yang telah diraih sebelumnya adalah Medali Emas Singapore Open Tournament Pencak Silat tahun 2019, Medali Emas Perisai Diri Next Generation Championship tahun 2019 dan Medali Emas O²SN antar kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2020.

 

6. Donor Darah PMR SMA Taruna Nusantara

Palang Merah Remaja (PMR) SMA Taruna Nusantara bekerja sama dengan PMI Magelang pada tahun 2022 untuk kembali mengadakan Donor Darah bertempat di GSG SMA Taruna Nusantara. Donor Darah kali ini diikuti oleh lebih 100 orang Pamong dan Siswa Pendonor, termasuk Kepala SMA Taruna Nusantara dan Pengurus. Sedangkan jumlah yang diijinkan untuk diambil darahnya sebanyak 66 orang.

Kegiatan SMA Taruna Nusantara rutin Donor Darah oleh PMR OSIS SMA Taruna Nusantara ini merupakan sebuah proses pendidikan penting bagi siswa dalam rangka mengasah sensitivitas dan responsibilitas sosial siswa.

 

7. SMA Taruna Nusantara Tempat Penyelenggaraan POPDA Kabupaten Magelang, Cabang Olahraga Atletik, Sepakbola, dan Bola Basket

Kegiatan SMA Taruna Nusantra Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2023 dilaksanakan selama 5 hari mulai 20-25 Februari 2023. Ribuan pelajar Kabupaten Magelang bertanding dalam POPDA Kabupaten Magelang 2023 tersebut. Tercatat sebanyak 6.000 Atlet beradu prestasi dalam perhelatan olahraga tersebut. Peserta yang mengikuti POPDA adalah Atlet pelajar siswa/i SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di Kabupaten Magelang dengan jumlah 13 Cabang olahraga (Cabor), diikuti 6.000 Atlet, dan 288 orang Panpel, Wasit dan Juri.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan kegiatan POPDA sempat terhenti sekitar 2 tahun lamanya akibat Pandemi Covid-19, dan baru bisa digelar kembali tahun 2023.

Menurutnya, dengan digelarnya kembali Kegiatan SMA Taruna Nusantara ajang Pesta Olahraga Daerah (POPDA) ini bisa menjadi momentum kebangkitan prestasi dan menyongsong masa depan yang lebih baik lagi melalui generasi muda (para pelajar) di Kabupaten Magelang.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Kegiatan SMA Taruna Nusantara POPDA tingkat Kabupaten Magelang tahun 2023 di antaranya untuk memelihara dan meningkatkan Persatuan dan Kesatuan, menyalurkan minat bakat pelajar di bidang Olahraga, dan mengukur pembinaan Olahraga pelajar di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

8. Aksi Alghifari Hidayat Tampil Jadi Penatarama Drum Band Gita Bahana Nusantara SMA TN Magelang

Kegiatan SMA Taruna Nusantara Prasetya Alumni Angkatan 30 yang dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SMA TN, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman dan semua Pamong SMA TN, dimeriahkan oleh penampilan Drum Band Gita Bahana Nusantara SMA Taruna Nusantara Magelang, salah satu Penataramanya adalah Alghifari Hidayat yang berasal dari Bandar Lampung.

Alghifari Hidayat yang tampil memimpin Drum Band Gita Bahana Nusantara bersama 140 siswa lainnya, menghibur para ‘abang-abang senior’, teman-teman siswa/i, dan para orang tua yang hadir. Aksi Alghifari Hidayat saat tampil sebagai Penatarama Drum Band Gita Bahana Nusantara di acara Prasetya Alumni Angkatan 30 SMA TN Magelang, tahun 2022.

Bagi Alghifari Hidayat, tampil sebagai Penatarama merupakan prestasi yang sangat membanggakan kedua orang tuanya, karena untuk menjadi Penatarama terlebih dahulu dilakukan seleksi yang ketat. Selain itu, menjadi Penatarama merupakan suatu yang sangat diinginkan oleh semua siswa yang tergabung pada Tim Drum Band.

Alghifari Hidayat adalah siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan 31 kelas XI. MIPA 5, merupakan anak ketiga dari pasangan Makmur Hidayat, S.Pi, MM dan Nurhanisda, S.E, M.M., yang berasal dari Krui, Kabupaten Pesisir Barat, dan kini menetap di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Alghifari Hidayat adalah adik kandung dari Adib Ghufran Hidayat putra kedua pasangan Makmur Hidayat dan Nurhanisda, yang juga Alumni SMA Taruna Nusantara Magelang Angkatan 29 dan kini telah melanjutkan pendidikan di AKMIL Magelang.

Sedangkan anak putri pertamanya bernama Reghina Paratiwi Hidayat S.Ked sedang menjalankan Koas di Rumah Sakit Daerah di Bandar Lampung. Makmur Hidayat selaku orang tua menyampaikan rasa haru dan bangga atas prestasi kedua putra kesayangannya tersebut.

 

Kegiatan SMA Taruna Nusantara 2024

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus