4 Persiapan Sebelum Bergabung Sekolah Semi MIliter

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Persiapan Bergabung Sekolah Semi Militer

Apakah kamu sudah memiliki persiapan bergabung ke sekolah semi militer? Apa saja persiapan sebelum bergabung  ke sekolah militer? Tentunya banyak persiapan baik persiapan fisik dan mental.

Diketahui, ada banyak sekolah semi militer di Indonesia. Namun, salah satu sekolah semi militer yang terkenal bagi siswa/i di Indonesia adalah SMA Taruna Nusantara. Reputasi dan rekord alumni dari sekolah ini memang mayoritas masuk kepolisian dan TNI.

Nah, untuk bergabung ke sekolah semi militer, ada beberapa persiapan yang harus kamu penuhi. Simak, yuk!

 

4 Persiapan Sebelum Bergabung Sekolah Semi Militer

Persiapan Bergabung Sekolah Semi Militer

SMA Taruna Nusantara sebagai Sekolah Semi Militer Populer di Indonesia | Sumber: smatarunanusantara.sch.id

Diketahui, orang-orang yang bergabung ke sekolah semi militer bukanlah sembarangan. Mereka sudah dididik oleh instansi militer dalam melatih kedisiplinan mereka. Maka dari itu, siswa/i juga perlu komitmen dan disiplin yang kuat untuk bersekolah dengan sistem semi militer.

Lalu, apa saja persiapan yang harus kamu lakukan bergabung sekolah semi militer?

 

1. Pelajari Syarat Administrasi Sekolah

Setiap sekolah semi militer memiliki persyaratannya masing-masing. Tidak heran, kalau kamu juga harus memenuhi persyaratan tersebut, seperti administrasi. Contohnya, di SMA Taruna Nusantara, kamu harus melampirkan nilai rapor semester 1-5 atau kelas 7-9 SMP/MTS dengan rata-rata nilai minimal 85.

Bagi kamu yang memiliki rerata rapor dibawah 80, tidak bisa mendaftar pada SMA Taruna Nusantara. Syarat lainnya adalah kamu maksimal berusia 17 tahun yang terhitung pada Juli 2023.

Tidak hanya administrasi, beberapa sekolah semi militer juga membutuhkan lampiran surat, seperti surat kesehatan atau surat keterangan/komitmen. Jadi, pastikan kamu menyiapkannya jauh-jauh hari, ya. 

Setelah itu, silahkan mendaftar pada laman resmi di website ini. 

 

2. Persiapkan Setiap Rangkaian Tesnya

Diketahui, SMA Taruna Nusantara memiliki beberapa rangkaian tes yang sama dengan sekolah semi militer lainnya. Contohnya, kamu akan menghadapi beragam tes, seperti tes akademik, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes samapta.

Dalam tes akademik, persiapan yang perlu kamu lakukan adalah latihan soal dan belajar bersama teman. Kamu juga mengikuti Bimbel Taruna Nusantara dengan mentor yang berpengalaman dan profesional.

Dalam tes psikologi, kamu akan diuji dengan rangkaian psikotes. Tujuan tes ini untuk mengetahui kepribadian dan karakter kamu melalui jawaban-jawaban dari psikotes.

Dalam tes kesehatan, pastikan kamu tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang. Selain itu, kamu juga menjaga kesehatan dengan pola makan yang teratur. Dalam tes ini, hal yang diuji, seperti pemeriksaan darah, EKG, dan rontgen. 

Dalam tes samapta, kamu bisa melatih fisik dengan olahraga beban atau kardio. Hal yang diuji dalam tes samapta adalah push-up, sit-up, pull-up, shuttle run, dan chinning. 

Alangkah baiknya, persiapan tes tersebut dilakukan jauh-jauh hari agar kamu lebih maksimal dan percaya diri.

3. Wajib Update Informasi Seputar PPDB Sekolah Semi Militer

Persiapan yang matang juga diiringi dengan peka terhadap informasi terbaru. Informasi yang perlu kamu baca adalah mengenai PPDB Sekolah Semi Militer.

Untuk mendapatkan informasi terbaru kamu bisa cek website sekolah semi militer yang kamu tuju, seperti website SMA Taruna Nusantara. Pilihan lain, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang menyajikan informasi terbaru tentang PPDB untuk sekolah-sekolah semi militer di Indonesia.

Dengan bergabung komunitas, kamu bisa mendapat informasi sekaligus relasi baru. Kira-kira informasi sekolah mana yang akan kamu cari?

 

4. Bentuk Karakter Sesuai Budaya Sekolah Semi Militer

Diketahui, budaya sekolah semi militer memang berbeda dengan sekolah biasa. Kamu akan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat, disiplin, mental yang kuat, dan aktif tanpa pengawasan orang tua.

Maka dari itu, kamu harus membentuk kebiasaan yang positif, seperti rajin bangun pagi, beribadah, datang ke sekolah tepat waktu, olahraga, dan menjaga pola hidup sehat.

Dengan kebiasaan-kebiasaan itu, kamu akan terbiasa ketika baru di sekolah semi militer. Jadi, kamu bisa lebih kuat dan berkomitmen tinggi untuk mencapai prestasi di sekolah yang kamu tuju.

 

Itulah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum bergabung ke sekolah semi militer. Jangan lupa untuk berdoa karena setiap proses diiringi dengan doa.

Jika kamu berminat untuk mendapat relasi dan bimbingan belajar yang intensif untuk mencapai mimpimu di SMA Taruna Nusantara, silahkan hubungi kami di Bimbel Taruna Nusantara, ya. 

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus