Apakah Lulusan SMA Taruna Nusantara Harus Masuk Akademi Militer? Fakta dan Pilihan Karier

By September 11th, 2024 SMA Tarnus
Kategori Undangan SMA Tarnus

Apakah Lulusan SMA Taruna Nusantara Harus Masuk Akademi Militer? Fakta dan Pilihan Karier

Pertanyaan seputar “Apakah Lulusan SMA Taruna Nusantara Harus Masuk Akademi Militer atau Tidak?’’ pasti sering kali terlintas di benak para orang tua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya disekolah ini.  Atau mungkin untuk sebagian orang yang baru mengetahui tentang sekolah ini pasti akan bertanya-tanya apakah sekolah ini hanya akan mengantarkan para siswa dan siswinya ke sekolah lanjut akademi militer saja atau bisa juga memiliki peluang lain bekerja di bidang yang beda dari militer.

Sekolah ini memang memiliki tradisi dan lingkungan yang disiplin serta semangat kebangsaan yang mirip dengan pendidikan militer. Namun kalian tenang saja, walaupun kalian bersekolah di SMA Taruna Nusantara, namun kalian juga masih memilliki peluang untuk bisa melanjutkan studi atau karier kalian dibidang yang berbeda. Berikut ini fakta dan pilihan karier untuk Anda yang masih mempertimbangkan mendaftar di sekolah SMA Taruna Nusantara.

Baca ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang SMA Taruna Nusantara.

 

Fakta tentang Lulusan SMA Taruna Nusantara

Apakah Lulusan SMA Taruna Nusantara Harus Masuk Akademi Militer? Fakta dan Pilihan Karier

Jika kita hanya membahasnya saja maka akan kurang meyakinkan bukan, oleh karena itu berikut ini disajikan beberapa fakta tentang lulusan SMA Taruna Nusantara yang harus Anda ketahui:

1. Lingkungan dan Tradisi

SMA Taruna Nusantara memang memiliki tradisi dan lingkungan yang mengajarkan siswa-siswinya untuk memiliki sifat yang disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan, dan semangat kebangsaan yang kuat, mirip sekali dengan Akademi Militer. Namun sekolah ini bukanlah lembaga militer, melainkan sekolah menengah umum dengan standar pendidikan yang tinggi.

2. Pilihan Bebas untuk Karier

Lulusan dari SMA Taruna Nusantara memiliki prospek karier yang tinggi juga untuk bisa bekerja di bidang yang lain. Jadi para siswa dan siswinya bisa bebas menentukan jalan kariernya sendiri, ingin melanjutkan dibidang militer atau non-militer. Mereka tidak akan terikat untuk melanjutkan ke sekolah Akademi Militer atau lembaga pendidikan militer lainnya. Contoh nyata dari lulusan SMA Taruna Nusantara yang tidak melanjutkan karier di dunia militer adalah Bapak AHY, beliau akhirnya memilih untuk meninggalkan kariernya di dunia militer dan hingga saat ini menekuni bidang politik.

3. Reputasi dan Jejaring

Para lulusan SMA Taruna Nusantara memiliki reputasi yang baik dimata orang-orang, karena diakui akan sifat kedisiplinan, kecerdasan, dan juga jiwa kepemimpinannya yang bagus. Hal ini bisa memberikan peluang yang tinggi jika nantinya mereka ingin melanjutkan karier dibidang militer maupun sipil.

 

Pilihan Karier Untuk Lulusan SMA Taruna Nusantara

Apakah Lulusan SMA Taruna Nusantara Harus Masuk Akademi Militer? Fakta dan Pilihan Karier

1. Akademi Militer (Akmil) dan Institusi Militer lainnya

Lulusan SMA Taruna Nusantara yang tertarik dengan karier militer dapat melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), atau Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk menjadi perwira TNI atau Polri.

2. Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta

Banyak lulusan SMA Taruna Nusantara yang memilih untuk melanjutkan bersekolah di pergurun tinggi terkemuka di Indonesia maupun di luar negeri. Mereka dapat memilih berbagai macam jurusan, contohnya seperti teknik, hukum, kedokteran, psikologi, dan lain-lainnya.

3. Karier di Sektor Pemerintah atau Swasta

Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA Taruna Nusantara, mereka bisa bebas memilih jalur karier mereka sendiri. Banyak juga dari mereka yang memilih untuk ber karier di sektor perusahaan swasta, BUMN, institusi pemerintah, atau bahkan ada juga yang memulai untuk membuka usaha sendiri.

4. Beasiswa dan Program Kepemimpinan

Lulusan SMA Taruna Nusantara sering kali mendapatkan peluang beasiswa dan program kepemimpinan karena reputasi mereka. Ini juga bisa menjadi jalan menuju karier akademik atau posisi strategis di berbagai organisani.

Daftar Para Lulusan SMA Taruna Nusantara di Bidang Non-Miliiter

Berikut ini beberapa daftar para lulusan SMA Taruna Nusantara yang terjun di dunia non-militer.

1. Agung Wicaksono

Agung Wicaksono merupakan angkatan ketiga SMA Taruna Nusantara dan lulus tahun 1995. Ia kemudian meraih gelar sarjana jurusan Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000. Agung saat ini menjabat Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Negara Nusantara sejak 16 Februari 2023. Di IKN ia bertanggung jawab untuk mendatangkan investasi.

2. Ari Juliano Gema

Ari Juliano Gema merupakan angkatan kedua SMA Taruna Nusantara dan lulus tahun 1994. Setelah lulus SMA Taruna Nusantara ia mendapat gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, Ari pernah menjabat sebagai Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia, dan Staf Ahli Menteri bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

3. Febrio Nathan Kacaribu

Febrio Nathan Kacaribu merupakan angkatan ketiga SMA Taruna Nusantara ((1993-1996). Selanjutnya, Febrio menjadi mahasiswa jurusan Akuntansi di FEB UI, namun pada tahun kedua pindah menjadi mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan (Ilmu Ekonomi).
Setelah lulus dari FEB UI pada tahun 2002, Febrio melanjutkan pendidikan Master di bidang Ekonomi Pembangunan Internasional di Australian National University (ANU), Australia dan lulus pada tahun 2005.
Setelah itu, Febrio menempuh pendidikan Doktor di bidang Ilmu Ekonomi di University of Kansas, Amerika Serikat dan lulus pada tahun 2012. Ia saat ini menjabat Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, sejak 3 April 2020.

 

Daftar Para Lulusan SMA Taruna Nusantara di Bidang Miliiter

Setelah membahas beberapa lulusan yang memilih untuk melanjutkan karier di dunia non-militer, kali ini kita akan membahas beberapa lulusan yang memilih untuk tetap melanjutkan karier di dunia militer. berikut adalah nama-namnya.

 

1. Muhammad Imam Gogor

Muhammad Imam Gogor adalah alumni SMA Taruna Nusantara yang berada di angkatan yang sama dengan Febrio Nathan Kacaribu dan Agung Wicaksono. Mereka bertiga sama-sama berada di angkatan ke tiga dan lulus pada tahun 1995.  Muhammad Imam Gogor adalah panglima tiggi TNI AD, dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI. Muhammad Imam Gogor pernah menjadi Ajudan Presiden RI Jokowi Dodo, dan kemudian saat ini telah menjadi dosen tetap di Universitas Pertahanan Indonesia.

2. Frederick Situmorang

Frederick Situmorang merupakan alumni SMA Taruna Nusantara angkatan pertama. Setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara Frederick Situmorang memilih untuk melanjutkan pendidiannya di Akademik Angkatan Udara. Setelah menjalani pendidikan selama 4 tahun di lembaga ini, akhirnya pada tahun 1996 Frederick Situmorang lulus dari kecabangan Kors Penerbangan. Hingga saat ini, jabatan terakhir Federick Situmorang adalah Pa Sahli Tk. III Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI.

3. Arief Budiarto

Arief Budiarto adalah lulusan SMA Taruna Nusantara angkatan ke empat. Sama seperti Frederick Situmorang, Arieef Budiarto juga memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke Akademi Angakatan Udara. Pada tahun 1999 Arief Budiarto lulus dari Akademi Angkatan Udara dan meraih medali  Adhi Makayasa (AAU) sebagai lulusan terbaik. Arief Budiarto memiliki pangkat Letkol, namun saat ini ia telah pensiun dini dari dinas militer dan menjadi penerbang komersial

Nah itu dia beberapa para Alumni Lulusan SMA Taruna Nusantara yang melanjutkan karier di dunia non-militer dan militer. Kalian bisa baca lebih lengkapnya disini

 

Dengan demikian walaupun SMA Taruna Nusantara memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan Akademi Militer, namun lulusan SMA Taruna Nusantara tidak diwajibkan untuk masuk Akademi Militer. Mereka memiliki kebebasan untuk mengejar berbagai jalur karier, baik disektor militer maupun sipil, tergantung kepada minat dan aspirasi pribadi mereka. Pilihan ini mungkinkan para lulusan SMA Taruna Nusantara untuk berkembang di berbagai macam bidang yang sesuai dengan passion dan potensi mereka.

 

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus