Seragam SMA Taruna Nusantara

By August 27, 2020 September 12th, 2020 Uncategorized

Seragam SMA Taruna Nusantara

 

SMA Taruna Nusantara atau biasa disebut Tarnus atau TN merupakan sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. SMA Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau).

Kata “taruna” biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI. SMA Taruna Nusantara Magelang menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.

 

SMA TN diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990 dan didirikan oleh Bapak LB Moerdani yang kala itu menjabat Panglima TNI. Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 hektar dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong (guru), di atas tanah milik Akademi Militer. Selama enam tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah ini pun diperluas menjadi 23 hektar.

 

Pakaian seragam sekolah merupakan pakaian yang memperlihatkan identitas dari sekolah tertentu. Melalui pakaian seragam sekolah masyarakat dapat dengan mudah mengetahui di mana seseorang siswa bersekolah. Penggunaan pakaian seragam SMA Taruna Nusantara pun diatur, baik waktu maupun kerapian saat penggunannya. Seragam OSIS biasa digunakan hari Senin dan Selasa, hari Rabu dan Kamis berseragam batik, dan hari Jumat menggunakan pakaian Pramuka.

 

SMA Taruna Nusatara memiliki berbagai jenis seragam yang digunakan siswa mulai dari bangun tidur hingga malam ketika akan tidur.

Berikut ini beberapa seragam SMA Taruna Nusantara yang didapatkan saat kalian masuk SMA Taruna Nusantara, antara lain :

  1. seragam piyama , merupakan Seragam SMA Taruna Nusantara ini digunakan oleh siswa untuk tidur, semua siswa SMA Taruna Nusantara jika akan tidur wajib menggunakan piyama tidur).
  2. seragam JAGRA (Jaga Graha ) merupakan Seragam SMA Taruna Nusantara yang digunakan siswa yang pada hari itu bertugas membersihkan graha/asrama masing-masing. Setiap graha tugas membersihkan graha dilakukan oleh enam siswa. Tugas yang dikerjakan yaitu menyapu, mengepel, merapikan graha, membersihkan lingkungan sekitar graha, menyapu halaman graha, dan membuang sampah yang ada disekitar graha.
  3. Seragam kaos olahraga, merupakan Seragam SMA Taruna Nusantara yang digunakan ketika siswa melaksanakan olah raga pagi pukul 05.00- 06.00 WIB, tujuannya agar badan siswa tetap sehat dan fit agar siap mengikuti kegiatan belajar di SMA Taruna Nusantara.
  4. seragam PDH (Pakaian Dinas Dalam ), yaitu Seragam SMA Taruna Nusantara yang digunakan untuk kegiatan belajar di sekolah yang digunakan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dari pagi hingga malam.
  5. seragam Pramuka, yaitu Seragam SMA Taruna Nusantara yang digunakan pada saat ada kegiatan kepramukaan, biasanya seragam ini digunakan pada hari Jum’at.
  6. seragam batik, yaitu Seragam SMA Taruna Nusantara yang biasanya digunakan para siswa di hari kamis.
  7. seragam dinas pesiar, yaitu Seragam SMA Taruna Nusantara yang biasanya digunakan para siswa yang hendak ingin keluar SMA Taruna Nusantara untuk berkunjung saat libur. Biasanya digunakan pada hari Sabtu dan Minggu.
  8. Seragam Dinas Lapangan, yaitu Seragam SMA Taruna Nusantara yang biasanya digunakan para siswa saat ada kegiatan di lapangan

 

Dalam menegakkan kedisiplinan dan ketaatan terhadap aturan sekolah, para siswa harus mengikuti aturan penggunaan kelengkapan seragam-seragam tersebut. Misalnya pakaian OSIS harus dilengkapi dengan sepatu hitam dan kaos kaki warna putih, ikat pinggang hitam, baju dilengkapi papan nama, pin merah putih, logo OSIS, dan lokasi sekolah, penggunaan dasi warna abu-abu, dan topi berwarna abu-abu. Jika ada salah satu kelengkapan seragam OSIS itu tidak dipakai, maka siswa tersebut dianggap melanggar ketentuan dan aturan berpakaian seragam. Dalam rangka penegakan disiplin, SMA Taruna Nusantara  menggunakan aturan yang lebih ketat kepada para siswanya.

Pengurus OSIS memiliki atribut tambahan pada seragam, yaitu jas yang digunakan pada saat acara sekolah atau saat melaksanakan program kerja bersifat formal dan baju kerja saat acara sekolah atau saat melaksanakan program kerja yang bersifat non formal.

SMA Taruna Nusantara diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 23 hektar dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong (guru), di atas tanah milik Akademi Militer. Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Pada tanggal 31 Maret lalu, berhembus kabar sejuk yang diperuntukan bagi siswa muslimah diperbolehkan menggunakan hijab di SMA Taruna Nusantara.

 

Sekian informasi tentang Seragam SMA Taruna Nusantara, semoga bermanfaat untuk kalian.

 

Seragam SMA Taruna Nusantara

 

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus