Tes Masuk SMA Taruna Nusantara

By August 27, 2020 September 12th, 2020 Uncategorized

Tes Masuk SMA Taruna Nusantara

 

SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian. Sebagai salah satu sekolah nasional bertaraf internasional, SMA Taruna Nusantara selalu mencari putra putri terbaik bangsa untuk dididik menjadi seorang pemimpin. Oleh karena itu proses seleksi menjadi siswa SMA Taruna Nusantara sedikit berbeda dengan sekolah sederajat lainnya,

Secara harfiah, Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Oleh karena itu, SMA Taruna Nusantara Magelang berupaya menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia.

 

 

SMA Taruna Nusantara ini memiliki akreditasi A. Memiliki Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan menggunakan kurikulum 2013. Berlokasi di Jalan Raya Purworejo Km.5, Banyurojo, Magelang Jawa Tengah. SMA ini sudah melahirkan alumni-alumni terbaik yang saat ini memiliki jabatan penting diberbagai bidang. Sistem pendidikan yang berkualitas membuat banyak anak bangsa yang ingin masuk ke sekolah ini. Tes Masuk SMA Taruna Nusantara juga tergolong yang paling ketat untuk tingkatan SMA.

Sekolah ini mulai berdiri pada tahun 1990 dan awalnya hanya menerima laki-laki sebagai siswanya. Namun, mulai tahun 1996, SMA Taruna Nusantara membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektare. Sekarang sekolah ini mempunyai siswa sebanyak 1107 orang yang terdiri dari siswa putra dan putri dan keseluruhan jumlah kelasnya ada 30 Kelas. Sekolah memberikan fasilitas kepada para siswanya, seperti : 2 buah Laboratorium Bahasa, Laboratorium kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, studio musik, Ruang Komputer, Perpustakaan, tempat Olah Raga dan sepak Bola serta lapangan tennis, Kolam Renang, Ruang senam. Semua siswa mengenakan pakaian seragam yang diberikan oleh sekolah.

Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) selaku pengelola SMA Taruna Nusantara menerima pendafaran calon siswa (Casis)dengan ketentuan, sebagai berikut :

 

 

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.
  • Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/setingkat TP. 2018/2019 atau 2019/2020.
  • Berijazah SLPT/setingkat.
  • Tidak pernah tinggal kelas selama di SLTP/setingkat.
  • Nilai rapor dari kelas 7 sampai 9 untuk mata pelajaran:
    • 1)    Matematika
    • 2)    IPA
    • 3)    Bahasa Indonesia
    • 4)    Bahasa Inggris

minimal 85 (delapan puluh lima).

  • Usia maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan (Juli 2020).
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangn sehat dari dokter pemerintah/militer), tinggi dan berat badan proporsional.
  • Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kelakuan baik dari sekolah).
  • Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.
  • Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk sekolah setingkat SLTP luar negeri atau Dinas Pendidikan setempat bagi Casis yang berasal dar SLTP berlatar belakang International School di dalam negeri, serta SLTP kurikulum 2013 dari skala 1-4 menjadi skala 0-100.
  • Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah dan sumbangan sukarela sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.
  • Seluruh proses seleksi tidak dikenakan biaya (gratis)

 

 

Tes masuk SMA Taruna Nusantara ini mirip-mirip seleksi masuk Akademi Militer atau Akademi Kepolisian. Mereka harus memenuhi syarat administrasi yaitu nilai raport sester I-V minimal 75 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika ada satu saja mata pelajaran dengan nilai di bawah 75, dalam lima semester tersebut maka dipastikan dia tidak akan lulus seleksi administrasi. Berikut ini Seleksi Tes Masuk SMA Taruna Nusantara, yaitu :

 

 

Seleksi

Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara adalah sebuah proses yang panjang dan ketat. Proses seleksi dijalankan oleh SMA Tarun Nusantara sejak Tahun 1990 dengan penuh integritas dan sikap profesional. Seleksi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu :

Seleksi Tahap 1

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tahap 1, antara lain :
1.    Administrasi: kelengkapan data yang sudah diinput pada saat pendaftaran online dan kesesuaian dengan berkas yang diunggah akan menjadi fokus penilaian. Data dan form ini akan diverifikasi dan divalidasi oleh panitia pusat.
2.    Tes akademik dan prestasi dengan gawai/gadget. Materi: test potensi akademik dan matematika.

Tes Masuk SMA Taruna Nusantara selanjutnya adalah seleksi akademik untuk empat mata pelajaran tersebut. Soal-soal seleksi masuk SMA TN terkenal sangat berat. Bobot soal setara pelajaran di tingkat SMA. Para calon siswa yang nantinya lulus tes akademis ini akan melalui tahapan tes berikutnya.

 

Seleksi Tahap 2

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tahap 2, antara lain :
1)    Tes akademik online. Materi: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, tes potensi akademik.
2)    Tes psikologi. Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan, di daerah yang ditunjuk.
3)    Tes kesehatan
4)    Tes semapta

 

Seleksi Tingkat Pusat/Pantukir (Penilaian Penentuan akhir)

Untuk Tes Masuk SMA Taruna Nusantara Tingkat pusat, antara lain :
1)    Tes akademik
2)    Tes Psikologi
3)    Tes kesehatan jiwa
4)    Tes semampta
5)    Wawancara, salah satu Tes Masuk SMA Taruna Nusantara ini akan dilaksanakan di SMA Taruna Nusantara yaitu di Balairung Pancasila.
6)    Parade

 

 

Pengumuman

Untuk  Pengumuman kelulusan Tes Masuk SMA Taruna Nusantara pada tanggal 3 Juli 2020. Casis yang diterima sebagai siswa baru SMA Taruna Nusantara, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala LPTTN selaku Ketua Panpus. Keputusan Kepala LPTTN tidak dapat diganggu gugat.

 

 

Sekian informasi tentang Tes Masuk SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin mendaftarkan diri ke SMA Taruna Nusantara. Jangan lupa persiapkan diri kalian untuk mengikuti Tes Masuk SMA Taruna Nusantara selanjutnya.

 

Tes Masuk SMA Taruna Nusantara

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus