Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

By March 20th, 2024 SMA Tarnus
Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 – SMA Taruna Nusantara adalah sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Etimologi SMA Taruna Nusantara, yaitu “Taruna Nusantara” berasal dari dua kata, yaitu “Taruna” yang diserap dari bahasa Pali yang berarti ‘muda‘ dan “Nusantara“. SMA Taruna Nusantara juga dikenal dengan sebutan Tarnus atau SMA TN menjadi salah satu sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Sekolah ini dikelola oleh Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada di bawah Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP).

SMA Taruna Nusantara dikenal karena konsep Pembentukan Karakter (Character Building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai Kebangsaan, Kejuangan dan Kebudayaan, serta menggunakan ‘Sistem Among’ sebagai sendi pengasuhan. Sekolah yang berada di Lembah Tidar ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai Kebangsaan dan Kedisiplinan Semi Militer. Di SMA Taruna Nusantara, siswa/i dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan Komparatif, Kompetitif, dan Distingtif pada aspek Karakter dan Kepribadian, Akademik, serta Kesamaptaan Jasmani berdasarkan wawasan Kebangsaan, Kejuangan dan Kebudayaan Indonesia.

SMA Taruna Nusantara mempunyai harapan besar untuk dapat melahirkan calon-calon Generasi Penerus Bangsa yang tidak hanya memiliki Kecerdasan Intelektual yang tinggi, namun juga memiliki rasa Cinta Tanah Air, Kepribadian dan Kesehatan yang kuat. Sekolah yang memiliki budaya Semi-Militer ini memiliki sejarah panjang dari pendiriannya.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Sejarah

SMA Taruna Nusantara mulai berdiri pada tahun 1990. Dikutip dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, ide pendirian Sekolah Menengah Atas berbasis Semi-Militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan (MENHANKAM PANGAB) saat itu, Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Ia memiliki Visi luhur, yakni untuk membangun sekolah yang mendidik manusia – manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator.

Ide ini diteruskan dengan menandatangani Nota Kesepahaman antara ABRI dan Perguruan Taman Siswa, yang merupakan Organisasi Kependidikan pertama di Indonesia, untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Lembaga ini merupakan kristalisasi dari Visi Jenderal Moerdani yang selanjutnya mengawasi proses pelaksanaan sekolah ini.

Setelah melalui perjalanan panjang dan pengembangan, akhirnya SMA Taruna Nusantara bisa berdiri secara resmi. SMA Taruna Nusantara diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada 14 Juli 1990. Sekolah yang menempati lahan seluas 18.5 Hektar, terdiri dari Komplek Akademis, Asrama Siswa, dan Komplek Perumahan Pamong (Guru), di atas tanah milik Akademi Militer, yang berlokasi tidak jauh dari Akademi Militer di Magelang.

Selama 6 tahun pertama sejak pendiriannya, SMA Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun, mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijakan baru dengan menerima Angkatan Putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah pun diperluas menjadi 23 Hektar.

Walaupun SMA Taruna Nusantara sering disebut sebagai sekolah Semi-Militer, kurikulum yang digunakan tidak 100% dari Militer. SMA Taruna Nusantara memakai Sistem Kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas sehingga bisa dibilang SMA Taruna Nusantara sama dengan SMA umum lainnya. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok seperti kesatuan dari seluruh elemen pendidikan dan sistem yang khas yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari serta kegiatan sekolah pada umumnya.

Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, lulusan SMA Taruna Nusantara tidak punya kewajiban untuk memilih Militer sebagai kelanjutan pendidikannya. Bahkan, sebagian besar lulusan SMA Taruna Nusantara melanjutkan pendidikannya di sekolah Non-Militer, walaupun bisa dikatakan kalau yang memilih Militer sebagai kelanjutan studinya jauh lebih besar dari SMA lain pada umumnya.

SMA Taruna Nusantara tergabung dalam Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara), yang didirikan pada tanggal 11 Juni 1994 di Magelang. Ikatan Alumni ini secara rutin menyelenggarakan Pemilihan Pengurus Pusat (PP) Ikastara setiap tiga tahun sekali. Beberapa tokoh yang merupakan alumni SMA Taruna Nusantara antara lain:

  • Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. (TN-1);
  • Kolonel Inf. Dwi Sasongko, S.E. (TN-3); dan
  • Mayor Inf. (Purn.) H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A (TN-5).

Meski berlabel Sekolah Militer, lulusan SMA Taruna Nusantara tak hanya berkarir di dunia Militer namun banyak yang terjun di dunia Bisnis, Pendidikan, dan Politik.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Baca juga: Informasi Biaya SMA TN 2021

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

SMA Taruna Nusantara berupaya menjaring siswa/i berprestasi lulusan SMP/Sederajat dari berbagai strata ekonomi dan sosial serta mewakili daerah-daerah yang ada di Indonesia. LPTTN menawarkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 penuh kepada siswa/i yang diterima dengan dukungan dana dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ABRI yang mempunyai latar belakang Politik dan Keuangan yang kuat. Para Tenaga Pengajar (Pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata, serta fasillitas lainnya.

Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara  (LPTTN) merupakan Lembaga Pendidikan yang merupakan pengejewantahan komitmen bersama antara Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dengan Taman Siswa pada tahun 1989 dalam menjawab kebutuhan akan pendidikan karakter bagi putra-putri Indonesia. Beasiswa Pendidikan menjadi salah satu upaya persiapan SDM unggul tersebut.

LPTTN setiap tahun memberikan kesempatan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 melalui Pemerintah Daerah. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik pada tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 SMA Taruna Nusantara pun menghentikan kebijakan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 penuh ini. Saat ini, hanya pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan yang tetap mendapatkan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 yang diberikan baik oleh Individual, Perusahaan, maupun Pemerintah Daerah.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

V I S I

SMA Taruna Nusantara adalah Sekolah Menengah Atas unggulan berciri Kenusantaraan, untuk membentuk pemimpin Bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan Kenusantaraan serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional dengan Pamong Pengajar Pengasuh dan Pamong Administrasi berkualitas, dibangun dan disiapkan menjadi satu kesatuan utuh dengan sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan yang modern yang mampu mengembangkan siswa secara profesional menjadi lulusan berkualitas tinggi yang siap berkompetisi di tingkat Nasional dan Internasional.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

M I S I

  1. Menyiapkan Pemimpin Bangsa yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyiapkan Pemimpin Bangsa yang Berkualitas, Berkarakter dan Berbudaya.
  3. Menyiapkan Lulusan yang Memiliki Kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Menyiapkan Lulusan yang Memiliki Potensi Kepemimpinan yang Berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan Kenusantaraan.
  5. Menyiapkan Lulusan yang Memiliki Keunggulan Komparatif, Kompetitif, dan Distingtif dalam Aspek Akademik, Kepribadian, dan Kesamaptaan Jasmani serta Kemampuan IPTEK sehingga Mempunyai Daya Saing yang Tinggi di Tingkat Nasional dan Internasional.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Biaya Pendidikan di SMA Taruna Nusantara 2024

1. Jalur Beasiswa

Di Jalur Beasiswa, siswa/i penerima Beasiswa tidak dipungut biaya apapun, mulai dari Pendaftaran dan selama menempuh Pendidikan hingga selesai Pendidikan di SMA Taruna Nusantara.

  • Formulir: Gratis.
  • Uang Pangkal: Gratis.
  • Uang Komite Sekolah: Gratis.
  • Uang Kontribusi Khusus: Gratis.
  • Biaya Operasional Pendidikan: Gratis.
  • Sumbangan Sukarela: Diisi sesuai Kesanggupan (bersifat Sukarela/Tidak Wajib).

2. Jalur Reguler

  • Formulir: Gratis.
  • Uang Pangkal: Rp50 Juta (dibayarkan sekaligus saat calon siswa/i daftar ulang).
  • Uang Komite Sekolah: Rp1 Juta (dibayarkan sekaligus saat calon siswa/i daftar ulang).
  • Uang Kontribusi Khusus: Gratis.
  • Biaya Operasional Pendidikan: Rp5 Juta/Bulan (dibayarkan paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan).
  • Sumbangan Sukarela: Diisi sesuai Kesanggupan (bersifat Sukarela/Tidak Wajib).

3. Jalur Kontribusi Khusus

  • Formulir: Gratis.
  • Uang Pangkal: Rp50 Juta (dibayarkan sekaligus saat calon siswa/i daftar ulang).
  • Uang Komite Sekolah: Rp1 Juta (dibayarkan sekaligus saat calon siswa/i daftar ulang).
  • Uang Kontribusi Khusus: Rp125 Juta.
  • Biaya Operasional Pendidikan: Rp5 Juta/Bulan (dibayarkan paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan).
  • Sumbangan Sukarela: Diisi sesuai Kesanggupan (bersifat Sukarela/Tidak Wajib).

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Baca juga: Contoh Tes Psikologi SMA Taruna Nusantara

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Mengapa Biaya Pendidikan di SMA Taruna Nusantara Terbilang Cukup Mahal?

Biaya Pendidikan di SMA Taruna Nusantara memang terbilang cukup mahal, hal ini dikarenakan SMA Semi-Militer ini merupakan Sekolah Berasrama, jadi biayanya tentu lebih besar daripada sekolah yang tidak berasrama. Selama menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, siswa/i akan mendapatkan cakupan di antaranya seperti:

  1. Asrama Tempat Tinggal;
  2. Biaya Hidup Setiap Hari (Makan 3x Sehari, Minum, Snack/Kudapan Bergizi);
  3. Seragam dan Bekal Awal (Sebanyak 91 Items);
  4. Buku-buku Paket & Buku Tulis (Buku Pelajaran Baru);
  5. Kegiatan Lapangan (Di dalam dan Di luar Sekolah);
  6. Ekstrakurikuler (1 Wajib dan Tersedia 10 Pilihan);
  7. Pelajaran Tambahan (Di luar Jam Formal Belajar);
  8. Perawatan Kesehatan (Dokter dan Obat);

Selain itu, siswa/i juga Bebas Menggunakan Seluruh Fasilitas SMA Taruna Nusantara di lahan seluas ± 24 Hektar, antara lain:

  1. Lapangan Sepak Bola dan Atletik;
  2. Lapangan Bola Basket (1 Indoor dan 2 Outdoor);
  3. Lapangan Futsal Indoor;
  4. Lapangan Bulu Tangkis (3 Line) Indoor;
  5. 5 Meja Tenis Meja;
  6. 2 Lapangan Voli Outdoor;
  7. Lapangan Tenis Outdoor (2 Line);
  8. Tiang Restok Berganda;
  9. Tiang Pull Up;
  10. Kolam Renang Standar Nasional (8 Line);
  11. Panjat Dinding (Tower Serba Guna);
  12. Laboratorium (2-Fisika, 1-Astronomi, 2-Kimia, 2-Biologi, 1-Green House, 2-Komputer, 1-Fasnet, 2-Bahasa, 1-Kepemimpinan, 1-IPS);
  13. Perpustakaan & Ruang Baca (Daya Tampung 400 Kursi).

Selama menempuh Pendidikan di SMA Taruna Nusantara, tidak ada lagi biaya tambahan ataupun biaya tersembunyi untuk mengakses semua fasilitas di SMA Taruna Nusantara, karena semua sudah tercakup dalam Biaya Operasional Sekolah.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Karena Biaya Pendidikan di SMA Taruna Nusantara tidak dapat dicicil, maka untuk membantu calon peserta didik SMA Taruna Nusantara yang ingin mendaftar tetapi terhalang biaya, SMA Taruna Nusantara memiliki pendaftaran dengan Jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024.

Beasiswa akan diberikan kepada siswa-siswi penerima Beasiswa selama menjalankan pendidikan di SMA Taruna Nusantara dan memenuhi Standar Evaluasi Akademik maupun Non-akademik yang ditetapkan oleh Lembaga dan Sekolah.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Kriteria Penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024, sebagai berikut:

Bagi Kalian yang duduk di bangku SMP dan berminat mengikuti program Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) menyediakan +- 100 Beasiswa Prestasi bagi Putra-putri terbaik dari seluruh penjuru Nusantara. Salah satu alasan pemberian Beasiswa adalah memprioritaskan pendidikan kepada siswa/i berpotensi yang ingin masuk SMA Taruna Nusantara. Adapun kriteria penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024, antara lain:

  • Juara Umum atau Pararel;
  • Juara Kelas;
  • Juara OSN atau MSI;
  • Ketua atau Pengurus OSIS;
  • Siswa Berprestasi yang Secara Kemampuan Ekonomi Kurang, akan diberikan Pertimbangan Khusus sebagai Penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Baca juga: 10 Tips Lulus Seleksi SMA Tarnus

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Berikut ini Persyaratan Pendaftar Jalur Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), Laki-laki dan Perempuan;
  2. Usia maks. 17 Tahun saat Masuk Pendidikan di SMA Taruna Nusantara;
  3. Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/Setingkat;
  4. Berijazah SLTP/Setingkat;
  5. Tidak Pernah Tinggal Kelas atau Tidak Naik Kelas selama di SLTP/Setingkat;
  6. Nilai Rapor dari Kelas 7 – 9, min. 85 (Delapan Puluh Lima) untuk Mata Pelajaran: Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris;
  7. Daftar Konversi Nilai dan Ijazah yang Dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk Sekolah Setingkat SLTP Luar Negeri atau Dinas Pendidikan Setempat bagi Calon Siswa/i yang Berasal dari SLTP Berlatar Belakang International School di Dalam Negeri serta SLTP Kurikulum 2013, dari Skala 1-4 menjadi Skala 0 – 100;
  8. Sehat Jasmani dan Rohani (Dibuktikan dengan Foto Surat Keterangan Sehat dari Dokter Sipil/Militer);
  9. Tinggi dan Berat Badan Proporsional;
  10. Berkelakuan Baik (Dibuktikan dengan Foto Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah);
  11. Persetujuan Orang tua/Wali (Foto Formulir Izin Orang tua/Wali), Bersedia Tinggal di Asrama, Sanggup Mematuhi Peraturan Sekolah dan Memenuhi Persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara;
  12. Menyerahkan Daftar Gaji/Penghasilan Orang tua/Wali yang Disahkan oleh Instansi Tempat Bekerja bagi Karyawan; dan Kepala Desa/Lurah bagi Pedagang/Buruh/Tani/Nelayan, dan lain-lain; untuk Wiraswasta dengan Rekening Koran 3 Bulan Terakhir;
  13. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Orang tua/Wali;
  14. Pas Foto;
  15. Foto Seluruh Badan (Terlihat dari Ujung Kaki sampai Ujung Kepala);
  16. Foto Kartu Pelajar;
  17. Foto Akta Kelahiran;
  18. Foto Rapor Semester 1 – 5;
  19. Foto Bukti Prestasi (jika memiliki);
  20. Foto Penghasilan Orang tua;
  21. Foto Kartu Keluarga;
  22. Foto Kartu Tanda Penduduk Orang tua/Wali; dan
  23. Map Biasa (merek Biola) sesuai dengan Warna Formulir yang diambil 3 Lembar.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Kategori Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 Terdiri dari Beberapa Kategori, di antaranya:

  1. Kategori Murni

Adapun syarat untuk kategori ini:

  • Nilai Rapor SMP/Setingkat Semester 1 s.d. 4, MaPel B. Indonesia, B. Inggris, Matematika dan IPA, Masing-masing Nilai min. 85, MaPel Lainnya Masing-masing Nilai min. 80.
  • Penghasilan Ortu/Wali maks. Rp5.000.000/Bulan dengan Surat Keterangan Pejabat yang Berwenang
  1. Kategori Prestasi

Syaratnya:

  • Nilai Rapor Semester 1 s.d. 4, min. Rata-rata 90 untuk Semua MaPel dengan Nilai Terendah min. 85.
  1. Kategori Undangan

Calon siswa/i Jalur Undangan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024:

  • Akan dibebaskan dari Seleksi Administrabsi dan Seleksi Akademik, tetapi tetap melaksanakan Tes Kesehatan Umum dan Tes Wawancara serta Materi Seleksi Lanjutan apabila diselenggarakan.
  • Berhak mengikuti Pembinaan Tim Olimpiade/Tim Lomba SMA Taruna Nusantara.
  • Dibebaskan dari seluruh Biaya Pendidikan hingga lulus dari SMA Taruna Nusantara (selama memenuhi Nilai Kriteria Beasiswa selama Pendidikan).
  • Bagi yang memenuhi kriteria Jalur Undangan, bisa menghubungi Humas LPTTN di nomor: 08119056172.

Syarat Kategori Undangan Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024:

  • Peraih Medali Olimpiade Sains tingkat Internasional (IJSO, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI, IAO/IOAA, IGeo/IESO, IEO).
  • Peraih Medali International Conference of Young Scientists (ICYS).
  • Peraih Medali Emas atau Perak atau Perunggu Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Matematika atau Bidang IPA atau Bidang IPS SMP/SMA.
  • Peraih Medali Emas Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) SMA Taruna Nusantara, Juara 1 s.d. 3 Lomba Matematika Sains dan Bahasa Inggris (MSI) yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara.
  • Peraih Medali Emas, Perak dan Perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN).
  1. Kategori Pemerintah Daerah (Pemda)

Syaratnya:

  • Nilai Rapor Semester 1 s.d. 4 ditentukan Pemda.
  • Penghasilan Ortu/Wali ditentukan Pemda.
  • Ketentuan Lain-lain sesuai dengan yang dituangkan dalam Kerjasama Pemda dan LPTTN.

Untuk mengikuti program Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 ini, calon siswa/i harus lulus Tes Psikologi, Tes Kesehatan dan Kesamaptaan Jasmani. Hal ini penting untuk melahirkan Generasi Penerus Bangsa yang cakap, handal, berkarakter, sehat, dan tentunya memiliki jiwa Patriot dan rasa Cinta Tanah Air.

Proses Seleksi Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 dilaksanakan Pemda setempat. Bagi calon siswa/i yang ditetapkan sebagai penerima Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024, dibebaskan dari kewajiban membayar Uang Pangkal, Uang Komite, dan Iuran Sekolah.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Baca juga: Strategi Menjawab Tes SMA Nusantara

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Taruna Nusantara 2024

Terdapat 3 (tiga) Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Taruna Nusantara 2024, yakni Jalur Beasiswa, Reguler, dan Kontribusi Khusus. Calon siswa dapat memilih salah satu jalur saat mengisi formulir dan masing-masing jalur memiliki Biaya Pendidikan yang berbeda.

Persyaratan Umum Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Taruna Nusantara 2024:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), Laki-laki dan Perempuan;
  2. Usia maks. 17 Tahun saat Masuk Pendidikan di SMA Taruna Nusantara;
  3. Lulus Ujian Nasional (UN) SLTP/Setingkat;
  4. Berijazah SLTP/Setingkat;
  5. Tidak Pernah Tinggal Kelas atau Tidak Naik Kelas selama di SLTP/Setingkat;
  6. Nilai Rapor dari Kelas 7 – 9, min. 85 (Delapan Puluh Lima) untuk Mata Pelajaran: Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris;
  7. Daftar Konversi Nilai dan Ijazah yang Dilegalisasi oleh Kemdikbud untuk Sekolah Setingkat SLTP Luar Negeri atau Dinas Pendidikan Setempat bagi Calon Siswa/i yang Berasal dari SLTP Berlatar Belakang International School di Dalam Negeri serta SLTP Kurikulum 2013, dari Skala 1-4 menjadi Skala 0 – 100;
  8. Sehat Jasmani dan Rohani (Dibuktikan dengan Adanya Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah/Militer);
  9. Tinggi dan Berat Badan Proporsional;
  10. Berkelakuan Baik (Dibuktikan dengan Surat Kelakuan Baik dari Sekolah);
  11. Persetujuan Orang tua/Wali, Bersedia Tinggal di Asrama selama Masa Pendidikan, Sanggup Mematuhi Peraturan Sekolah dan Memenuhi Persyaratan Kriteria Kecukupan Minimal (KKM) yang Ditetapkan SMA Taruna Nusantara;
  12. Menyerahkan Daftar Gaji/Penghasilan Orang tua/Wali yang Disahkan oleh Instansi Tempat Bekerja bagi Karyawan; dan Kepala Desa/Lurah bagi Pedagang/Buruh/Tani/Nelayan, dan lain-lain; untuk Wiraswasta dengan Rekening Koran 3 Bulan Terakhir;
  13. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Orang tua/Wali;
  14. Fotokopi Rapor SLTP/Setingkat Semester 1 – 5 yang dilegalisir;
  15. Dikatakan dalam laman resminya, calon siswa/i SMA Taruna Nusantara boleh Berkacamata, memakai Kawat Gigi, atau Berhijab. Pendaftar juga tidak harus bisa berenang/push up/pull up/sit up 50 kali;
  16. Membuka Link Panduan Pengisian Formulir Online;
  17. Membayar Uang Pangkal, Iuran Sekolah, Iuran Komite Sekolah, dan Sumbangan Sukarela sesuai Jalur Pendaftaran yang dipilih.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Persyaratan Akademis Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Taruna Nusantara 2024:

1. Nilai Rapor (Pengetahuan) untuk Mata Pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris:

  • Nilai Rapor Semester 1 – 5 masing-masing min. 7,00 (Tujuh koma Nol Nol), sedangkan Mata Pelajaran lainnya masing-masing memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM);
  • Nilai Rata-rata per-Mata Pelajaran min. 85 (Semester 1 – 5 di Kelas 7 – 9 SMP/MTs);
  • Nilai per-Semester min. 80;
  • Tidak Ada Nilai di bawah 80;
  • Jika Memiliki Prestasi Juara Lomba min. Tingkat Kota/Kabupaten, Semester 1 – 5 di Kelas 7 – 9 SMP/MTs Rata-rata per-Mata Pelajaran min. 80 dan Tidak Ada Nilai di bawah 75;
  • Memiliki Prestasi (Akademik, OIahraga, Organisasi, Seni Budaya) atau Ketua OSIS.

2. Konversi Nilai untuk Calon Siswa/i Sekolah Internasional:

  • Daftar Konversi Nilai dan Ijazah atau Surat Keterangan yang dilegalisasi oleh Kemdikbud atau Dinas Pendidikan setempat, bagi calon siswa/i yang berasal dari SLTP berlatar belakang International School dan sekolah setingkat SLTP Luar Negeri;
  • Nilai Tambahan (Tidak Wajib);
  • Hasil Tes IQ min. 110 (Dikeluarkan oleh Anggota Himpunan Psikologi (HIMPSI) yang Berlaku maks. 6 Bulan sebelum Mendaftar).

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Dokumen/Berkas-berkas Pendaftaran yang Perlu Dipersiapkan (dalam Bentuk Digital/Scan/PDF, maks. 2Mb untuk di-Upload), yaitu:

  1. Pas Foto Ukuran 3×4 (dengan Seragam Sekolah dan Background Warna Biru);
  2. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah/Militer/Puskesmas (maks. 14 Hari sebelum Hari Terakhir Pendaftaran);
  3. Foto Kartu Pelajar SMP/MTs;
  4. Foto Akta Kelahiran;
  5. Foto Nilai Rapor Semester 1 – 5 yang Telah Dilegalisir per-Semester (Semester 1 – 3 untuk Kelas Akselerasi);
  6. Foto Seluruh Badan (Menggunakan Seragam SMP/MTs Lengkap dan Sepatu, Terlihat dari Ujung Kaki sampai Ujung Kepala);
  7. Foto Data Penghasilan Orang tua/Wali; untuk Wiraswasta Rekening Koran 3 Bulan Terakhir (Khusus untuk Calon Siswa/i Jalur Beasiswa);
  8. Foto Kartu Keluarga;
  9. Foto KTP Orang tua/Wali (salah satu, Ayah atau Ibu atau Wali);
  10. Foto Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP/MTs;
  11. Foto Surat Pernyataan dari Orang tua;
  12. Foto Surat Pernyataan dari Calon Siswa;
  13. Foto Sertifikat Bukti Prestasi (jika Tidak Ada Sertifikat, Bisa dengan Foto Medali atau Piala);
  14. Foto Sertifikat Vaksinasi Covid-19 (Cek Sertifikat Vaksin di Peduli Lindungi atau dari Aplikasi di HP Android).

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

5 Tahap Proses Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Taruna Nusantara 2024

  1. Pendaftaran Online

Pendaftaran dapat diakses secara online di situs https://pensisru.tarunanusantara.id. Langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran adalah:

  • Klik menu Pendaftaran Akun;
  • Buat Username: masukkan nama yang akan dipakai sebagai identitas untuk mengakses situs pensisru (Username harus mengandung kombinasi huruf dengan atau tanpa angka, tanpa spasi. *Contoh: angguncsasmi atau anggun86*);
  • Buat Password: masukkan pilihan kata kunci atau password untuk mengakses situs pendaftaran pensisru (Password minimal 8 karakter);
  • Konfirmasi Password: masukkan password yang sama saat buat password;
  • E-mail: masukkan alamat e-mail aktif yang akan digunakan untuk menerima notifikasi/pengumuman (Jika sudah mendaftarkan akun, akan dikirimkan e-mail notifikasi untuk melakukan Aktivasi Akun dengan klik link Aktifkan Akun yang ada di e-mail notifikasi tersebut. *Jika e-mail notifikasi tidak ada di folder Inbox, coba periksa di folder junk/spam*);
  • No. HP: masukkan nomor Handphone yang aktif untuk nanti digunakan oleh Panitia Pensisru SMA Taruna Nusantara menghubungi calon siswa/i (Masukkan No. HP beserta Kode Negara. *Contoh: 62815123122*);
  • WhatsApp: pilih (Tidak/Ya) untuk menerima notifikasi dari WA Panitia Pensisru SMA Taruna Nusantara (0882-9996-1612) ke No. HP yang di daftarkan;
  • Tahu Pensisru SMA Taruna Nusantara dari: pilih sesuai dengan informasi Pendaftaran SMA Taruna Nusantara 2024 didapatkan dari mana;
  • Klik Kotak CAPTCHA: pastikan Captcha muncul! Apabila tidak muncul, refresh dahulu;
  • Klik DAFTARKAN;
  • Klik Konfirmasi jika semua data yang tadi dimasukkan sudah benar.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

  1. Seleksi Administrasi

Setelah melakukan pendaftaran, terdapat Seleksi Administrasi yaitu proses Verifikasi dan Validasi Data Calon Siswa/i, dan Seleksi Nilai Akademik dan Prestasi Calon Siswa/i SMA Taruna Nusantara 2024.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

  1. Seleksi Tahap 1

Setelah Seleksi Administrasi, terdapat Seleksi Tahap 1, yaitu calon siswa/i akan menjalani Tes Akademik (Online) yang telah dijadwalkan.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

  1. Seleksi Tahap 2

Di Seleksi Tahap 2, calon siswa/i akan menjalani serangkaian tes seleksi, seperti Tes Akademik, Tes Psikologi, Tes Kesehatan, dan Tes Samapta. Untuk lokasi tes akan diumumkan lebih lanjut oleh Panitia Daerah dan Sub-Panitia Daerah.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

  1. Wawancara Online

Tahap terakhir yang wajib dilakukan atau diikuti oleh calon siswa/i SMA Taruna Nusantara yakni Wawancara secara Online.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Adapun pemberitahuan atau pengumuman akan diberikan secara langsung kepada masing-masing calon siswa/i yang sudah mendaftar melalui situs https://pensisru.tarunanusantara.id.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Jumlah pendaftar SMA Taruna Nusantara per-tahunnya bervariasi, sekitar 4.000-5.000 orang. Jumlah calon siswa Laki-laki dan Perempuan juga bervariasi setiap tahunnya, kurang lebih ada 350 orang yang diterima dengan proporsi 250 siswa Laki-laki dan 100 siswa Perempuan.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Sekian informasi mengenai Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024 dan Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Taruna Nusantara 2024, semoga bermanfaat untuk Kamu yang ingin masuk SMA Taruna Nusantara 2024. Mengingat SMA Taruna Nusantara memiliki banyak peminat dan persaingannya yang sangat ketat, maka Kamu perlu melakukan persiapan secara maksimal.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan supaya dapat meraih nilai yang tinggi pada Tes Akademik adalah dengan mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel). Tentunya, mengikuti Bimbel lebih menguntungkan dibandingkan belajar mandiri. Selain dibimbing oleh para pengajar yang profesional, ikut Bimbel juga bisa mempertemukan Kamu dengan teman-teman seperjuangan lainnya.

Untuk persiapan dan hasil yang maksimal, pastikan Kamu memilih Bimbel yang terpercaya, seperti Bimbel Tarnus. Bimbel Tarnus menyediakan Pembelajaran yang lengkap dan berkualitas lho!! Jika Kamu tertarik untuk mengikuti Bimbel, Yuk langsung daftar di Bimbel Tarnus. Sekarang juga yaa!!

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Catatan penting! Jangan pernah percaya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Panitia Pensisru SMA Taruna Nusantara, yang meminta sejumlah uang tertentu dengan jaminan akan diterima masuk SMA Taruna Nusantara 2024.

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

Beasiswa SMA Taruna Nusantara 2024

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus