Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023

By November 28th, 2023 Contoh Soal
Latihan Soal SMA Taruna Nusantara 2023

Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023

 

Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023-SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di Jalan Raya Purworejo Km.5, Banyurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan.

Di SMA Taruna Nusantara siswa dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia. SMA Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). KataTaruna sendiri biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI. Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.

Sekolah unggulan ini milik Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan (YKPP). LPTTN sebagai unit pengelola SMA TN berkedudukan di Jakarta. Kewajiban dan kewenangan LPTTN menyangkut managemen perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian kegiatan operasional Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023.

Dalam hal ini LPTTN memiliki kewenangan dalam managemen personil atau Sumber Daya Manusia, keuangan, dan material. Dalam bidang SDM LPTTN menyelenggarakan rekruitmen siswa baru, rekruitmen dan pengelolaan/pembinaan personil, serta menetapkan keputusan-keputusan mendasar mengenai siswa dan pamong SMA Taruna Nusantara, seperti penetapan sanksi berat bagi pelanggaran siswa, pengangkatan dan pemberhentian ikatan kerja personil, kenaikan pangkat dan penghasilan.

Dalam hal managemen keuangan LPTTN merumuskan rencana anggaran belanja sekolah berdasarkan pengajuan SMA Taruna Nusantara dengan pertimbangan komite sekolah dan YKPP. Dalam bidang material LPTTN memiliki kewenangan dalam merancang, mengadakan, memelihara serta meningkatkan perangkat keras berupa sarana prasarana dan fasilitas pendidikan.

Disamping itu LPTTN juga memiliki kewenangan dalam konsep dasar dan filosofi pendidikan, strategi pendidikan, kurikulum, serta perangkat lunak pembinaan kesiswaan dan ketenagaan, Seleksi latihan tes SMA Taruna Nusantara 2023 merupakan sebuah proses yang sangat ketat dan panjang. Pada proses seleksi Casis (Calon Siswa), latihan tes SMA Taruna Nusantara 2023 menjunjung tinggi sikap profesional dan integritas sehingga siswa-siswi yang akan diterima adalah siswa-siswi terbaik dari seluruh penjuru nusantara. Salah satu tahapan latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023, antara lain:

  • Meneliti data Casis pada formulir pendaftaran dihadapkan pada persyaratan penerimaan, dilaksanakan di daerah/Ajen.
  • Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 antara lain ,Tes Potensi Akademik (TPA), Placement Test, Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Matematika, IPA dan Wawancara. Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Psikologi, di daerah yang ditunjuk. Seleksi akademik untuk empat mata pelajaran tersebut. Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 terkenal sangat berat. Bobot soal setara pelajaran di tingkat SMA. Lebih dari 70% peserta seleksi gugur pada tahap ini, dari sekitar 2.500 peserta latihan tes SMA Taruna Nusantara 2023 akademik, hanya sekitar 700 yang dinyatakan lolos.
  • Pemeriksaan Psikologi. Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Psikologi akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Kesehatan, di daerah yang ditunjuk.
  • Kesehatan Umum dan Kesehatan Jiwa. Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan akan dipanggil mengikuti Seleksi Tingkat Pusat.

Jika lolos ketahap selanjutnya, Para Calon siswa akan mengikuti tahap wawancara. Tahap Wawancara dilakukan di Balairung Pancasila SMA Taruna Nusantara.

Latihan Soal SMA Taruna Nusantara 2023Berikut ini beberapa Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 :

  • Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 di bidang (TPA)

TPA merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Nilai TPA rerata nasional adalah 500. Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika cerita.

Tes angka berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Tes figural berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang berurusan dengan gambar, simbol dan diagram. Tes ini meliputi tes logika diagram.

  • Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 di bidang psikologi

Ada beberapa jenis pembagian dalam tahapan latihan tes SMA Taruna Nusantara 2023 psikotes, antara lain :

  • Tes kemampuan
  • Tes kepribadian
  • Tes IQ
  • Tes kreatifitas

 

  • Latihan Tes SMA Taruna Nusantara 2023 di bidang Akademik:

  1. Sebuah kotak tanpa tutup memiliki alas berbentuk persegi panjangdengan sisi p dm, (p+ 2) dm, dan tinggi 5 dm. Jika untuk membuat kotakdiperlukan karton seluas 236 dm² maka p = ……

A. 4 dm

B. 6 dm

C. 8 dm

D. 10 dm

E. 12 dm3.

2. Jika A dan B bekerja bersama dapat menyelesaikan pekerjaan dalam 4hari, B dan C bekerja bersama dapat menyelesaikan dalam 3 hari,sedangkan A, B dan C bekerja bersama dapat menyelesaikan dalam 2hari. Apabila mereka bekerja sendiri maka B dapat menyelesaikanpekerjaan dalam ………

A. 4 hari

B. 6 hari

C. 8 hari

D. 10 hari

E. 12 hari

 

  1. Diketahui jumlah dua bilangan adalah 16 dan jumlah kuadratnya adalah146. Hasil kali kedua bilangan itu adalah ……

A. 48

B. 55

C. 60

D. 63

E. 64

 

  1. Dari 8 orang calon pelajar teladan di suatu daerah akan dipilih 3 orangpelajar teladan I, II, dan III.

Maka banyak cara memilih pelajar tersebut adalah …….

A. 6.720 cara

B. .336 cara

C. 88 cara

D. 56 cara

E. 24 cara

 

  1. Peluang bapak A akan hidup 30 tahun dari sekarang adalah 2/7,dan peluang istrinya akan hidup 30 tahun lagi dari sekarang adalah 3/5.Peluang paling sedikit satu dari mereka 30 tahun dari sekarang masih hidup adalah ……..

a.31/35

b.29/35

c.26/35

d.25/35

e.6/35

 

  1. Pesawat terbang Gelatik mendarat di landasan Bandara dengan kecepatan 360 km/jam. Sesaat setelah menyentuh landasan, pilotmengerem sehingga pesawat mendapat perlambatan sebesar 8 m/s.Panjang landasan untuk pendaratan diperkirakan besarnya antara……

A. 300 m sampai 600 m

B. 600 m sampai 800 m

C. 800 m sampai 1000 m

D. 1000 m sampai 1200 m

E. 1200 m sampai 1500 m

 

  1. Sebuah pesawat antariksa bermassa M berada pada ketinggian 2 h diatas permukaan bumi (h = jari-jari bumi). Jika percepatan gravitasi dipermukaan bumi g, maka percepatan gravitasi yang dialami pesawattersebut adalah ………

A. 9 g

B. 6 g

C. 4 g

D. 1 / 4 g

E. 1 / 9 g

 

  1. Sebuah mobil baru yang dirakit di pabrik mobil diangkat setinggi 6 meterdengan menggunakan mesin pengangkat mobil dalam waktu 5 detik. Jikamassa mobil 800 kg, dan percepatan gravitasi 10 m/s, berapa dayamesin pengangkat mobil ?

A. 9.600 watt

B. 12.600 watt

C. 19.200 watt

D. 36.000 watt

E. 48.000 watt

 

  1. Sebuah planet X mempunyai massa 5 kali massa bumi dan jari-jari 2 kali jari-jari bumi. Berapa berat seorang pemuda di planet X jika beratnya dibumi adalah 100 newton?

A. 400 newton

B. 250 newton

C. 150 newton

D. 125 newton

E. 100 newton

 

Questions 10 –12 refer to the following passage.

The sun pours plenty of energy down on the earth, and many homesnow utilize this energy to heat up their water. It is complicated andexpensive to trap solar energy on a large scale but in some sunny pars ofthe world scientists make use of mirrors to reflect can then be used to turnelectric generators.

Many countries now have nucler power stasion. These use a raremetal called uranium as a kind of fuel. Under certain conditions, the nucleusof uranium atom can be given out. The heat produced in a nuclear reactor istaken away by cooling liquid or gas. It goes to a boiler where it boils water toproduce steam.The hot steam powers electric generators to make electricity.

One of the main drawbacks with nuclear power stasion is that itproduces dangerous waste. It is dangerous because it gives out radiationthat can harm most living things. Nuclear engineers have to make very surethat none of the radiation escapes either from the reactor where fissiontakes place or from the waste.

 

  1. Solar energy has not been popular yet because …….

A. It is still very costly

B. The energy produced is not as strong as nuclear

C. It cannot be trapped on a large scale

D. It can be used only for heating water

E. The scientists do not use it for commercial targets

 

  1. Why had the writer thought that this alternative source of energy is harmful?

A. Because it is very expensive and difficult to process

B. Because it will make the earth warmer

C. Because the radiaton will preserve human beings

D. Because the ray may devastate living things

E. Because the waste will contaminate the earth

 

  1. What is the main purpose of this article?

A. The solar energy as the alternative for generating electricity

B. Pros and cons about nuclear energy

C. The danger of nuclear waste

D. New findings about alternative energye. Modern sources of energy

E. Modern sources of energy

 

Questions 13 –14 refer to the following passage.

Acupuncture is one of many approaches used in Chinese medicineand it is part of a 2,000-year-old tradition that differs greatly fromconventional western medicine. According to western medicine, we areconstantly being attacked by germs. Chinese medicine on the other hand,foucsed on the balance of two kind of energy called “yin” and “yang”. When the energies of ‘yin‘ and ‘yang‘ are in balance,we are healthy. When the energy out of balance of the energies. This is done with a combination ofdiet, acupuncture and herbal medicine.

When a patient goes to a doctor of Chinese medicine, the doctoroften spends about twenty minutes taking the patient‘s pulse. The doctoralso looks carefully at the patient‘s tongue and listen to his/her breathing. They perform few of the laboratory tests which are common in westernmedicine.

 

  1. The following are what the doctor of Chinese medicine would do theirpatients, EXCEPT …..

A. Taking the patient‘s pulse

B. Performing laboratory testc.

C. Looking at the patient‘s tongue

D.Listening to the patient‘s breathing

E. Making sure to restore the balance of the energy

 

14. What is the major differences between Chinese traditional medicine andconventional western medicine ?

A. Their opinion about caused of the illness

B. How they perform their laboratory test

C.Variety of health problem‘s treatments

D. The way they threat their patients

E. The idea about difference energy

 

  1. Polusi udara memang terjadi secara alamiah. Sebab fenomena alam seperti letusan gunung berapi,kebakaran hutan, debu, bangkai tumbuh‐tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut,semua dapat mencemari udara. Akan tetapi, semua itu masih dapat dikatakan dalam batas‐batas yang dapat ditoleransi. Artinya proses laju pembersihan polusi dari udara dan laju pencemaran itu masih dalam keseimbangan alami.

Tema penggalan teks wacana tersebut adalah …

A. Terjadinya polusi udara

B. Ancaman polusi udara

C. Jenis polusiudara

D. Akibat polusi udara

  1. Jam meja yang biasanya berdering pukul 05.00 untuk membangunkan saya, sekali ini membisu karena lupa diputar. Akibatnya, saya terlambat bangun. Cepat‐cepat saya pergi ke kamar mandi.Ternyata sabun mandi pun sudah habis, Iupa membelinya kemarin sore. Mau sarapan, nasi hangus. Mau berpakaian, semua baju kotor sehingga tepaksa memakai bajubekas kemarin.Tambah lagi,sewaktu menunggu kendaraan umum untuk pergi ke sekolah, kendaraan selalu penuh.Akhirnya dapat kendaraan yang kosong. Malangnya mogok pula di tengah jalan. Turun dari kendaraan baru melangkah dua tiga Iangkah disambut hujan lebat bagai dicurahkan dari langit. Amboi, tidak hanya terlambat dan badan basah kuyup tetapi di sekolah dapat teguran dari guru.Sungguh sial nasibku hari ini.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …

A. terlambat bangunpagi

B. kesibukansetiaphari

C. kebiasaan setiap hari

D. nasib yang sial

 

  1. Dua peloncat indah Indonesia,Shenny Ratna Amalia dan Ahmad Sukran, gagal menembus babak utama

kejuaraan Dunia Renang (FINNA World Swimming Championship). Dengan demikian, Indonesia tidak

meloloskan satu pun atletnya di babak utama ke juaraan renang yang dimulai pada Juli lalu di Barcelona, Spanyol.

Ringkasan yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut

adalah …

A. Peloncat indah Indonesia mengikuti kejuaraan renang di Barcelona.Spanyol.

B. Indonesia berhasil meloloskan satu atletnya pada babak utama kejuaran renang.

C. Kejuaraan renang FINNA World Swimming Championship diselenggarakan di Barcelona,Spanyol.

D. Tidak satu pun atlet Indonesia yang lolos ke babak utama kejuaraan renangBarcelona.

 

  1. Ada jutaan anak di Indonesia yang terpaksa berhenti sekolah. Bukan kemauan mereka berhenti sekolah dan bukan pula kemauan orangtuanya …

kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian akhir paragraf tersebut adalah …

A. Ini disebabkan mereka malas bersekolah.

B. Hal ini menjadi beban bagi kita semua.

C. Mau tidak mau kita harus membantunya.

D. Keadaanlah yang menyebabkan semuanyaitu.

 

  1. Kalimat yang berisi fakta adalah …

A. Ikan Belosoh adalah ikan kecil yang terdapat hampir di seluruh perairan pantai, kecuali dikawasan kutub.

B. Karang jenis Ascopora yang dibudidayakan dibak diperkirakan memiliki pasar ekspor di sejumlah Negara Eropa.

C. Penangkapan penyu merupakan suatu pelanggaran.

D. Karang yang tumbuh bercabang‐cabang itu boleh diperdagangkan.

 

  1. Kita telah melihat perkembangan pesat telekomunikasi selama 200 tahun terakhir. Dampak yang ditimbulkannya terhadap kita sangat hebat. Seandainya orang yang hidup 200 tahun lampau bisa dihadirkan kembali untuk menyaksikan telepon, radio,televisi, satelit, gambar‐gambar venus, optik, dan sebagainya,merekaakansangatterpesona dan menganggap semua itu perbuatan tukang sihir.

Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraph tersebut adalah ….

A. Mengapa pertumbuhan telekomunikasi Selama 200 tahun terakhir ini sangat hebat?

B. Bagaimana seandainya orang yang hidup pada 200 tahun yang silam melihat kehebatan hasil telekomunikasi?

C. Dampak apakah yang ditimbulkan oleh pertumbuhan telekomunikasi terhadap kehidupan kita?

D. Mengapa mereka akan sangat terpesona dan menganggap semua itu perbuatan tukang sihir?

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus