Prospek Karir di SMA Taruna Nusantara: Dari Militer Hingga Wirausaha

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Prospek Karir di SMA Taruna Nusantara

Mengapa sih kamu harus mendaftar di SMA Taruna Nusantara? Lalu, apa itu SMA Taruna Nusantara? Tentunya, di setiap pilihan yang kamu pilih ada prospek karir di SMA Taruna Nusantara. 

 

Prospek karir di SMA Taruna Nusantara terbilang cukup terbuka bagi masa depan kamu. Lalu, apakah sama dengan SMA biasanya? Tidak. Yap, salah satu ciri khas dari SMA Taruna Nusantara adalah kurikulum yang bersifat semi militer. Tidak heran kalau alumnus-alumnus SMA Taruna Nusantara sukses di masa karirnya. 

 

Profil Singkat SMA Taruna Nusantara

Mungkin, kamu pernah melihat beberapa brosur atau spanduk terkait profil SMA Taruna Nusantara. Secara ringkas, SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah semi-militer yang diprakarsai oleh Menteri Pertahanan RI.

 

Ide pembentukan SMA Taruna Nusantara berasal dari Jenderal TNI LB Moardani pada 1985 saat berada di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Demi mewujudkan ide tersebut, terdapat MoU (Nota Kesepahaman) yang dibuat antara ABRI dan Taman Siswa.

 

Baru pada 1990, SMA Taruna Nusantara terbentuk secara resmi. Sekolah ini berisi komplek akademis, asrama siswa, dan perumahan. Diketahui, SMA Taruna Nusantara menerapkan semi militer dan kurikulum yang ditetapkan oleh Depdiknas. Jadi, siswa/i bisa memilih karir yang lebih leluasa antara militer dan non-militer.

 

Indikator Prospek Karir di SMA Taruna Nusantara

 

Ada beberapa indikator yang menjadi tolak ukur bagi siswa/i dalam menentukan karir di SMA Taruna Nusantara. Mereka akan diajarkan beberapa hal sebagai berikut. 

 

1. Pendidikan dan Pelatihan

SMA Taruna Nusantara memiliki sistem akademik yang profesional dan pengalaman di bidangnya. Para guru juga menyediakan pendidikan formal, pelatihan teknis, dan sertifikasi yang mampu menjadi acuan bagi siswa/i sebagai peningkatan karirnya. 

 

2.  Pengalaman Kerja

SMA Taruna Nusantara juga memberikan siswa/i untuk mencari pengalaman kerja dengan pelatihan dan sertifikasi. Pengalaman kerja ini akan membantu siswa/i untuk melamar kerja atau melampirkan sertifikasi ke lembaga pemerintahan. 

 

3. Pengembangan Profesional dan Sikap

Sikap profesional dan disiplin akan selalu melekat bagi siswa/i. Dengan sistem semi militernya, SMA Taruna Nusantara memberikan aturan ketat dan manajemen waktu yang rapi bagi siswa/i-nya. Siswa/i akan diberikan pelatihan dan sosialisasi disiplin untuk meningkatkan kinerja akademik, serta non-akademiknya.

 

Lalu, apa saja prospek karir di SMA Taruna Nusantara?

Prospek Karir SMA Taruna Nusantara

Setelah mengetahui indikator prospek karir di SMA Taruna Nusantara, kamu jadi ada gambaran karir bagi alumnus SMA Taruna Nusantara. Lalu, seperti apa ya?

 

1. Militer dan Polisi

Poin ini menjadi hal yang tidak heran bagi alumnus SMA Taruna Nusantara. Mereka memang akan didaftarkan langsung pada Akademi Militer dan Akademi Polisi. Tentunya, karir tersebut juga cukup benderang karena kamu bisa menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

 

2. Perguruan Tinggi Negeri

 Bagi kamu yang ingin melanjutkan di universitas, SMA Taruna Nusantara juga memberikan kesempatan siswa/i untuk mendaftar pada SNBP atau SNBT. Jadi, bagi kamu yang ingin masuk Universitas Indonesia, tidak perlu khawatir dengan latar belakang pendidikan kamu. 

 

3. Sekolah Kedinasan

Dengan penerapan semi militer, tidak mengherankan jika siswa/i-nya juga berkesempatan untuk melanjutkan studi ke sekolah kedinasan berbasis non-militer, seperti PKN STAN atau IPDN. Prospek karir mereka terbuka lebar dan berpotensi tinggi karena pengetahuan yang dimiliki soal lembaga pemerintahan. 

 

4. Berkarir di Perusahaan Swasta

Dengan landasan disiplin dan kepemimpinan yang kuat, siswa/i SMA Taruna Nusantara juga bisa melamar di perusahaan swasta. Perusahaan swasta juga ingin karyawannya memiliki sikap profesional dan manajemen diri tinggi untuk mencapai target. Jadi, prospek karir ini tidaklah sulit bagi siswa/i SMA Taruna Nusantara. 

 

5. Menjadi Wirausaha

Apakah kamu suka berbisnis? Maka, pilihan ini menjadi cocok sebagai rencana kelulusan kamu. Yap, wirausaha sebenarnya bisa menjadi karir yang mentereng ketika kamu memiliki kemampuan manajemen diri, leadership, dan produksi jasa/barang. Wirausaha menjadi tempat bagi kamu untuk menguji ilmu-ilmu yang sudah didapat di SMA Taruna Nusantara. 

 

Itulah beberapa prospek karir yang bisa menjadi pilihan kamu sebagai alumnus/calon alumnus di SMA Taruna Nusantara. Bagi kamu yang ingin mendaftar di SMA Taruna Nusantara, pastikan kunjungi website bimbel-taruna.com untuk informasi lengkapnya. Apakah kamu sudah mengunjunginya?

 

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus