Daftar SMA Taruna Nusantara, Cek Persyaratan dan Lokasinya – Akan Dibangun di IKN?

By December 19th, 2023 Uncategorized
SMA Taruna Nusantara

Siapa yang belum tahu SMA Taruna Nusantara?

SMA Taruna Nusantara atau SMA Tarnus sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1990. SMA Taruna Nusantara telah menjadi salah satu Sekolah Semi Militer bergengsi yang ada di Indonesia, dinaungi oleh Kementerian Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia. Sekolah Semi Militer yang berdiri di Jawa, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah ini telah dikenal dengan pendidikannya yang berkualitas dan fokus pada pengembangan karakter serta kepemimpinan siswa-siswinya. Sekolah Semi Militer ini memiliki reputasi yang kuat dalam bidang keunggulan akademis maupun nonakademis dan menghasilkan lulusan yang menjadi pemimpin di berbagai bidang. Dengan demikian, SMA Tarnus menjadi idaman bagi calon siswa/siswi yang ingin bergelut di Akademi Militer maupun yang ingin menjadi taruna.

Kepopuleran SMA Taruna Nusantara menjadikan pembangunan Sekolah Semi Militer ini akan terus disebar di berbagai lokasi di Indonesia. Kementerian Pertahanan dan Keamanan dikabarkan akan membangun kembali beberapa Sekolah Semi Militer di beberapa provinsi di Indonesia, salah satunya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Selain di IKN, akan dibangun juga di lokasi-lokasi lainnya di bawah ini.

  1. Di Cimahi, Jawa Barat
  2. Di Malang, Jawa Timur
  3. Di Maros, Sulawesi Selatan
  4. Di Tanah Datar, Sumatera Barat
  5. Di Nusa Tenggara Timur

Pembangunan sekolah tersebut dengan tujuan untuk memperluas dan mempermudah akses bagi calon siswa/siswi SMA Tarnus, sehingga tidak lagi harus ke lokasi pusat yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Walaupun demikian, ada kabar yang menyebutkan meskipun jika SMA Tarnus telah ada di enam lokasi lainnya, calon siswa/siswi yang akan mengeyam pendidikan di Sekolah Semi Militer ini harus tetap mengikuti pendaftaran serta tes seleksi masuk di lokasi pusat, yaitu SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah.

Selain untuk memperluas dan mempermudah akses, yaitu tersebar luas di berbagi penjuru Indonesia, yang tidak lagi hanya ada di Pulau Jawa saja, pembangunan Sekolah Semi Militer ini juga diharapkan dapat membangun keberlanjutan ekonomi di wilayah sekitarnya.

Untuk bisa lulus seleksi masuk Sekolah Semi Militer ini, pasti tidaklah mudah. Sangat mungkin akan ada banyak persyaratan dan tahap tes seleksi yang harus diikuti dan ditaklukan hingga akhirnya bisa lulus menjadi siswa/siswi SMA Tarnus. Persyaratan untuk mengikuti pendaftaran dan proses seleksi masuk SMA Tarnus melingkupi dua hal, yaitu persyaratan umum dan persyaratan administrasi atau berkas.

A. Persyaratan Umum

Persyaratan umum untuk mendaftar SMA Tarnus meliputi syarat akademis dan nonakademis, seperti:

  1. Nilai rapor (pengetahuan) semester 1-5 di kelas 7-9 SMP/MTS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA memiliki nilai rata-rata per mata pelajaran minimal 85 dan nilai per semester minimal 80.
  2. Bagi calon siswa/siswi yang memiliki prestasi (akademis maupun nonakademis) minimal tingkat kota/kabupaten, nilai rapor (pengetahuan) semester 1-5 di kelas 7-9 SMP/MTS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA nilai rata-rata per mata pelajaran minimal 80 dan nilai per semester minimal 75.
  3. Konversi nilai untuk siswa-siswi Sekolah Internasional disahkan oleh Dinas Pendidikan setempat/Kemendikbudristek.
  4. Memiliki hasil tes IQ minimal 110 (bersifat tidak wajib). Skor IQ yang diperoleh wajib dikeluarkan oleh Anggota Himpunan Psikologi (HIMPSI) yang berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar.

Selain syarat akademis dan nonakademis, persyaratan umum lainnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) usia maksimal 17 tahun pada saat batas akhir pendaftaran.

B. Persyaratan Administrasi

Beberapa berkas atau dokumen yang perlu disiapkan untuk mendaftar di SMA Tarnus, seperti:

  1. Pas Foto (ukuran 4×6) dengan mengenakan seragam sekolah dengan background biru.
  2. Surat Keterangan Sehat dari dokter Pemerintah/Militer.
  3. Foto Kartu Pelajar (SMP).
  4. Akta Kelahiran.
  5. Foto Nilai Rapor yang telah dilegalisir per semester (semester 1-3 untuk kelas akselerasi).
  6. Foto Full Body (ukuran 4R) mengenakan seragam sekolah dan bersepatu.
  7. Foto Data Penghasilan Orangtua atau Wali (khusus untuk calon siswa/siswi jalur beasiswa).
  8. Foto Kartu Keluarga dan KTP Orangtua/Wali.
  9. Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala Sekolah SMP.
  10. Surat Pernyataan dari Orangtua.
  11. Surat Pernyataan dari Calon Siswa/Siswi.
  12. Foto Sertifikat atau Bukti Prestasi.

Berikut tadi adalah informasi umum tentang SMA Taruna Nusantara, meliputi lokasi dan persyaratan pendaftarannya. Mau info lainnya seputar SMA Taruna Nusantara? Klik di sini Ya!

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus