5 Kebiasaan Membentuk Sikap Taruna

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Kebiasaan Membentuk Sikap Taruna

Apa saja kebiasaan membentuk sikap taruna? Kira-kira apa itu sikap taruna? Perlu diketahui, taruna merupakan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di sekolah tinggi berbasis militer, semi militer, dan kedinasan.

Taruna merupakan profil mahasiswa yang memiliki sikap berani, kuat, tangguh, Pancasila, dan berintegritas. Untuk kamu yang bergabung sebagai siswa di SMA Taruna Nusantara, juga wajib membaca artikel ini.

 

Apa itu Sikap Taruna?

Taruna merupakan profil mahasiswa yang dikenal berintegratis terhadap Pancasila dan komitmen untuk memajukan negara dan bangsa melalui sekolah militer, semi militer atau kedinasan.

Taruna dikenal memiliki seragam dengan atribut yang menentukan status, tingkat pendidikan, dan prestasi mereka. Sebagai taruna, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Meskipun begitu, bagi orang yang mendapat identitas taruna, harus low profile. 

Lalu, apa saja kebiasaan untuk membentuk sikap taruna?

 

6 Kebiasaan Membentuk Sikap Taruna

Kebiasaan kecil ini sebenarnya mudah dan simpel sehingga kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu tidak perlu khawatir karena kebiasaan kecil ini tidak memakan waktu yang lama dan dapat dilakukan dengan senang hati, serta nyaman.

 

Berikut kebiasaan kecil untuk membentuk sikap taruna.

 

1. Tingkatkan Keimanan dengan Ibadah

Sesuai sila pertama, setiap yang beragam memiliki kewajiban masing-masing dalam melaksanakan ibadah. Bentuk ibadah tentunya berbeda-beda di setiap agama.

Untuk membentuk sikap taruna ini, kamu harus rajin beribadah. Contohnya, solat bagi yang beragama Islam, rajin ke gereja bagi yang beragama Kristen, dan agama lainnya. Dengan meningkatkan keimanan kepada Tuhan, maka kamu menemukan pegangan hidup yang menuju cahaya serta kenyamanan dalam hidup.

Sikap Taruna ini menjadi penting karena di SMA Taruna Nusantara diharuskan untuk bersikap toleransi. Sebab, setiap siswa berlatar belakang yang berbeda-beda. Untuk itu, sikap toleransi dan rajin beribadah adalah hal penting bagi setiap umat beragama, tak terkecuali siswa.

 

2. Olahraga

Diketahui, rerata taruna memiliki badan yang kuat dan proporsional. Tidak heran kalau calon Taruna harus memiliki badan yang ideal. Ditambah, banyak sekolah kedinasan yang mensyaratkan fisik ideal.

Selain membentuk badan yang ideal, kamu akan mendapatkan sikap yang tangguh dan konsisten. Sebab, untuk membentuk badan yang ideal, dibutuhkan sikap tangguh dan konsisten.

Beberapa olahraga yang disarankan untuk membentuk badan ideal adalah jogging, lari, push-up, sit-up, pull-up, dan sesekali latihan beban untuk membentuk massa otot. Jadi, apakah kamu sudah olahraga hari ini?

 

3. Membaca Buku

Setiap Taruna wajib berwawasan luas. Hal ini dikarenakan mereka akan menghadapi berbagai tantangan zaman dan perubahan masyarakat yang pasif. Dengan begitu, mereka harus adaptif terhadap perubahan dengan meningkatkan pengetahuannya.

Salah satu caranya adalah rajin membaca buku. Untuk memulai kebiasaan kecil ini, kamu harus membaca buku yang kamu senangi. Tidak harus bertema atau bergenre berat, kamu membaca buku dengan bobot ringan.

Lakukan hal tersebut secara konsisten dan perlahan. Setelah merasa bosan membaca buku tersebut, kamu bisa masuk ke level berikutnya dengan membaca buku menengah, seperti buku kuliah yang tidak terlalu tebal.

 

4. Tidur yang Cukup

Kebanyakan orang terlambat karena kurangnya tidur yang cukup. Alhasil, mereka dianggap kurang disiplin dalam menghargai waktu. Lalu, bagaimana solusi mengatasi keterlambatan dan rasa kurang disiplin?

Tidur yang cukup. Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa tidur yang cukup akan membangkitkan mood. Hal ini mengakibatkan produktivitas belajar dan kerja kita meningkat.

Diketahui, tidur yang cukup adalah 7-8 jam di malam hari. Sudahkah kamu tidur cukup hari ini?

 

5. Bersosialisasi

Interaksi adalah salah satu cara memenuhi kebutuhan sosial bagi manusia. Cara membentuk sikap taruna ini akan menyebabkan kita memiliki banyak teman.

Diketahui, taruna juga perlu berinteraksi dengan taruna lainnya dan masyarakat. Hal ini dikarenakan taruna akan selalu dekat dengan masyarakat. Mereka mengayomi dan melayani masyarakat.

Hal ini sebagai pengembangan diri mereka agar terbiasa terjun di masyarakat. Jadi, jangan terlalu pendam rasa interaksimu, mulailah menambah relasi baru. Dengan relasi baru, akan mendapatkan pengetahuan yang mungkin belum kamu dapatkan dari membaca buku.

 

Itulah beberapa informasi seputar kebiasaan membentuk sikap taruna. Pastikan, kamu menerapkannya dari sekarang, ya!  Apalagi kebiasaan membentuk sikap taruna versi kamu?

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus