8 Sekolah Kedinasan Populer di Indonesia, Ada Pilihanmu?

By November 28th, 2023 SMA Tarnus

Apa saja sekolah kedinasan populer di Indonesia? Banyak sekolah kedinasan yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Diketahui, ada dua jenis sekolah kedinasan, yakni sekolah ikatan dinas dan sekolah ikatan non-dinas.

Perbedaan dari jenis tersebut terletak pada prospeknya saja. Sekolah ikatan dinas memiliki prospek bagi taruna ketika lulus akan menjadi PNS. Sementara itu, sekolah ikatan non-dinas, taruna tidak menjadi PNS, tetapi bisa memilih jalur karir lain.

Meskipun begitu, mereka tetap ada kemungkinan besar untuk seleksi CPNS. Balik ke topik, sekolah kedinasan populer di Indonesia akan dirangkum sebanyak 8 sekolah kedinasan.

Untuk itu, berikut sekolah kedinasan populer di Indonesia.

8 Sekolah Kedinasan Populer di Indonesia

Salah satu sekolah kedinasan populer di Indonesia

Polstat STIS. | Sumber: PKL Polstat STIS 59

Mungkin, kamu akan mengetahui beberapa list sekolah kedinasan populer ini. Untuk memperjelasnya, berikut sekolah kedinasan populer dan terbaik di Indonesia.

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

Siapa sih yang tidak kenal dengan sekolah kedinasan paling populer ini? Meski mendapat julukan sebagai sekolah kedinasan terbaik, PKN STAN sering menjadi tempat idaman bagi calon taruna/i untuk melanjutkan studinya.

Diketahui, PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan. Setelah lulus, taruna akan berkarir di Kementerian, lembaga perpajakan, instansi pemerintah, dan/atau melanjutkan studi S2 di bidang keuangan.

Beberapa jurusan di PKN STAN setara dengan Diploma 4 dan 3. Untuk rinciannya, PKN STAN menyediakan program studi, seperti perpajakan, akuntansi, manajemen keuangan, dan aset negara/publik.

 

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Untuk kamu yang ingin bekerja di Kementerian Dalam Negeri, bisa memilih sekolah kedinasan populer ini. Yap, namanya adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Sekolah kedinasan satu ini memang dikenal sebagai persiapan taruna menjadi kader pemerintahan.

Tentunya bagi kamu yang suka politik, IPDN menjadi pilihan yang tepat, nih. Sebab, fakultas dan program studi yang ditawarkan juga berkaitan dengan politik, seperti Fakultas Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

Selain itu, program studi yang bisa kamu pilih juga banyak, tetapi tetap bidang pemerintahan. Contohnya, jurusan Kebijakan Publik, Politik Indonesia Terapan, Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Keuangan Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Administrasi Pemerintahan Daerah, Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan, Perpolisian Tata Pamong, Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik.

Dari sekian jurusan itu, mana jurusan yang akan kamu pilih di IPDN?

 

3. POLTEKIP dan POLTEKIP

Dua sekolah kedinasan secara langsung. Yap, alasannya adalah dua sekolah kedinasan ini bernaung langsung di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Meskipun bernaung di kementerian yang sama, POLTEKIP dan POLTEKIM memiliki ruang lingkup yang sama. Contohnya, POLTEKIP berlingkup pada lingkungan pemasyarakatan dan pembinaan. Tidak heran kalau jurusan yang disediakan juga berkaitan dengan Manajemen, Teknik, dan Bimbingan Kemasyarakatan.

Sementara itu, POLTEKIM beruang lingkup pada imigrasi. Kamu akan ditempatkan di unit imigrasi sebagai perwakilan Indonesia di luar negeri. Dalam POLTEKIM, ada jurusan yang disediakan untuk D3, lo. Secara lengkap, jurusan POLTEKIM, yakni D3 Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, dan D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian.

4. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)

Dulunya bernama STTD, Sekolah Tinggi Transportasi Darat. PTDI merupakan sekolah kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan. Sebenarnya, PTDI menyediakan dua jalur, yakni jalur PNS dan jalur reguler.

Untuk jalur PNS, taruna/i akan mendapat beasiswa yang disubsidi oleh pemerintah dan lulus akan menjadi PNS. Sementara itu, bagi yang memilih jalur reguler, maka akan disediakan tes dan berbayar.

Prospek karir reguler juga terbilang fleksibel karena tidak harus menjadi PNS yang perlu ikut seleksi. Mereka bisa berkarir di bidang transportasi dan melamar di perusahaan transportasi baik negeri maupun swasta.

Beberapa jurusan yang ditawarkan di PTDI, yakni D3 Manajemen Transportasi Jalan, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D4 Transportasi Darat.

 

5. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Bagi kamu yang menyukai teknologi dan data saintis, bisa menuju ke sekolah kedinasan ini. Yap, Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS) sering menjadi pilihan bagi calon taruna/i yang suka Matematika.

Polstat STIS terletak di Otista, Jakarta Timur. Meskipun bernaung di bawah lembaga nonkementerian, Polstat STIS tetap menjadi perguruan tinggi yang penting untuk negara. Sebab, sekolah kedinasan ini bernaung di bawah BPS (Badan Pusat Statistik).

Berikut jurusan yang ditawarkan dalam Polstat STIS: D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

 

6. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI)

Setelah jalur darat sudah dibahas, maka jalur udara juga punya sekolah kedinasan, nih. Masih bernaung di bawah Kemenhub, PPI (Politeknik Penerbangan Indonesia) menjadi pilihan yang tepat bagi kamu, pencinta pesawat terbang.

PPI akan melatih kamu sebagai profesional penerbang bagi pesawat komersil/sipil. Beberapa jurusan yang ditawarkan juga cukup banyak, seperti D3 Teknik Bangunan dan Landagsan, D3 Teknik Mekanikal Bandar Udara, D3 Penerangan Aeronautika, D3 Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, D3 Operasi Bandar Udara, D4 Penerbang, D4 Teknik Pesawat Udara, D4 Teknik Navigasi Udara, D4 Teknik Listrik Bandara, dan D4 Lalu Lintas Udara.

 

7. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

Sekolah kedinasan yang berlokasi di Jakarta Utara. Yap, namanya adalah STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). Sekolah yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan ini berfokus pada jalur transportasi laut. Berikut program studi yang ditawarkan, yakni: D4 Nautika, D4 Teknika, dan D4 Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

 

Itulah beberapa informasi seputar sekolah kedinasan populer di Indonesia. Mana pilihan sekolah kedinasan favoritmu?

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus