5 Cara Menjadi Pelajar Atraktif, Jadi Lebih Keren!

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Cara menjadi pelajar atraktif

Apakah kamu ingin mencari cara menjadi pelajar atraktif? Tidak hanya untuk pria, siswa/i atau pelajar juga butuh menjadi atraktif.

Hal ini berguna untuk kemajuan masa depannya, serta sikapnya di depan banyak orang. Siswa yang atraktif lebih dikenal sebagai siswa proaktif. Ia memiliki ambisi besar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Meskipun begitu, sebagian orang menganggap siswa atraktif adalah penjilat karena mencari perhatian pada guru. Anggapan tersebut lebih baik disingkirkan saja. Sebab, siswa atraktif dengan penjilat berbeda, ya. 

Siswa atraktif adalah orang yang aktif dan memiliki rasa ingin belajar yang sangat tinggi. Ia ingin keaktifan dan rasa keingintahuannya akan berguna untuk kemajuan masa depannya. Sementara itu, siswa penjilat merupakan orang yang mencari perhatian berlebih dan menempel pada seseorang untuk kepentingan tertentu.

Hal ini biasanya merugikan. Sebab, mereka dianggap memiliki dua muka. Di depan A sangat manis, tetapi di belakang malah menggibahinya. Oke, balik ke topik. Lalu, apa itu siswa atraktif?

Apa itu Pelajar Atraktif

Cara menjadi pelajar atraktif

Pelajar atraktif adalah seorang pelajar yang proaktif dalam mencurahkan segala kemampuan dan pikirannya pada kegiatan sekolah. Siswa atraktif akan memberikan perhatian lebih kepada tugas sekolah yang diberikan.

Selain aktif dalam akademik, siswa atraktif juga aktif pada kegiatan non-akademik. Hal ini dilihat bahwa siswa atraktif dengan memberikan kontribusi, seperti rajin latihan, memberikan ide, hingga memberikan prestasi untuk sekolahnya.

Tentunya, siswa atraktif biasanya sering didekati oleh siswa lain karena kemampuannya. Mereka akan meminta beberapa cara menjadi pelajar atraktif.

Lalu, bagaimana cara menjadi pelajar atraktif?

 

5 Cara Menjadi Pelajar Atraktif

Jika kamu adalah seorang pelajar atau siswa, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis, ya. Sebab, cara ini sangat penting agar kamu bisa mendapat prestasi dan membanggakan orang tua, nih. 

 

1. Berpikir Terencana

Seseorang yang atraktif akan berpikir sebelum bertindak. Ia memiliki rencana pendek, menengah, dan panjang untuk memajukan masa depannya. Dengan hal ini, kamu perlu menulis beberapa rencana dan tujuan yang ingin kamu gapai.

Contohnya, dalam minggu ini, kamu fokus belajar untuk mempersiapkan ujian biologi. Maka dari itu, kamu bisa aktif dalam kegiatan komunitas biologi, rajin aktif dan bertanya pada kelas biologi, dan membaca buku tentang biologi di perpustakaan.

Meskipun begitu, hal itu baru satu pelajaran, ya. Kamu bisa memikirkan lebih kompleks, seperti menetapkan timeline belajar dalam satu tahun dan bagikan dua kolom, yakni aktivitas akademik dan non-akademik.

 

2. Jangan Takut Untuk Selesaikan Masalahmu

Perbedaan antara seorang yang reaktif dan atraktif adalah bagaimana cara melihat situasi dan masalah. Orang yang reaktif tidak mau menjadi pelaku yang mana masalah tersebut ada keterlibatannya. Selain itu, orang yang atraktif akan berbesar hati dan mencari cara untuk menyelesaikannya.

Dengan hal itu, kamu akan mendapat pelajaran yang penting dan pengembangan problem solving. Tentunya skill tersebut sangat penting dalam dunia kerja, kuliah, bahkan keluarga masa depanmu.

 

3. Berani Berkata “Tidak”

Jangan jadi Yes People. Ketika di sekolah, mungkin ada seseorang yang meminta PR-mu. Padahal, kamu sudah capek-capek menyelesaikan PR tersebut sebaik mungkin. Ditambah, kamu menguras tenaga, waktu, dan pikiran dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Tentunya, kamu harus berkata tidak terhadap hal ini. Ada juga situasi yang wajib untuk berkata tidak, yakni jangan menyontek saat ujian. Sebagian siswa mungkin akan takut dijauhi oleh siswa lainnya karena tidak memberikan jawaban saat ujian.

Justru, hal itu akan menurunkan value pada dirimu. Ditambah, menyontek adalah perbuatan tercela dan kurang integritas pada diri sendiri. Maka dari itu, berani berkata tidak perlu ditanamkan sejak dini.

Lalu, bagaimana caranya? Pastikan kamu mengatakannya dengan sopan agar tidak melukai perasaan temanmu. Contohnya, ketika mereka meminta jawaban PR-mu, maka jawablah “Maaf ya, tugasmu adalah tanggung jawabmu, saya sudah menguras tenaga dan pikiran untuk PR ini. Jika kamu ingin konsultasi terhadap PR-mu, maka aku bisa memberikannya, tetapi tidak dengan jawaban dari PR-ku. Terima kasih.”

 

4. Bersikap Terbuka

Sebagai siswa, kamu perlu berpikir open minded. Mengapa? Sebab, siswa perlu beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Jika tidak open-minded, mungkin siswa akan selalu mengeluh setiap saat.

Bersikap terbuka akan membuat kamu menjadi seorang pendengar yang baik. Alhasil, kamu akan mendapat berbagai sudut pandang dari siswa lain.

 

5. Bersikap Tenang

Nah, tips terakhir ini membuat kamu keren dan bijak. Bersikap tenang dalam segala kondisi dan kesulitan, akan membuat kamu berpikir secara bijak. Ditambah, keputusan yang kamu ambil secara tenang, pastinya meminimalisir kerugian adn memaksimalkan keuntungan.

Dengan begitu, bersikap tenang akan menjadi kunci seseorang menjadi siswa yang atraktif.

 

Itulah beberapa informasi seputar cara menjadi pelajar atraktif. Tentunya, cara ini juga bisa diberlakukan untuk mempersiapkan masuk sebagai pelajar di SMA Taruna Nusantara. Konsultasikan secara lengkap dan gratis bersama bimbel-tarnus.com.

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus