4 Tips Kuat Push Up untuk Tes Fisik Tarnus

By November 28th, 2023 SMA Tarnus
Tips Kuat Push Up untuk Tes Fisik

Bagaimana cara tips kuat push up untuk tes fisik Tarnus (Taruna Nusantara)? Bagi kamu yang mendaftar PPDB SMA Taruna Nusantara, wajib untuk membaca artikel ini sampai habis. Diketahui, salah satu rangkaian tes dari SMA Taruna Nusantara adalah tes fisik.

Selain sit-up, push up adalah salah satu gerakan olahraga yang akan dinilai oleh panitia. Tentunya, bagi kamu yang tidak terbiasa push up, akan kesulitan mendapat skor tinggi. Namun, jangan khawatir sebab artikel ini akan merangkum beberapa tips kuat push up untuk tes fisik Tarnus.

 

4 Tips Kuat Push Up untuk Tes Fisik Tarnus

Tips Kuat Push Up untuk Tes Fisik

Tips Kuat Push Up

Mengapa Push Up menjadi salah satu indikator penilaian dalam tes fisik SMA Taruna Nusantara? Sebagai sekolah yang berbasis semi militer, sudah seharusnya siswa/i perlu memiliki fisik yang kuat baik dalam segi perut, tangan, dan leher.

Hal ini membantu mereka dalam proses latihan, serta kegiatan akademiknya. Lalu, bagaimana tips kuat push up untuk tes fisik Tarnus?

 

1. Gunakan Teknik yang Benar

Bagi pemula, teknik push up harus dilakukan dengan benar. Hal ini untuk mencegah risiko cedera dan gangguan fisik. Saat memulai push up, kamu harus meletakkan tangan sejajar di bawah bahu dengan posisi telapak tangan yang lurus.

Hal ini unutk mencegah sakit pada pergelangan tangan. Arahkan pandangan mata ke bawah (tidak mendongak agar tidak sakit leher). Lalu, luruskan tubuh selama push up. Lalu, dorong badan kamu sekuat-kuatnya dengan kaki yang rapat, serta sejajar.

Perlu diingat, jangan sampai memaksakan tubuh kamu melakukan push up. Idealnya bagi pemula sekitar 4-5 kali push up.

 

2. Ingat Ada Pemanasan

Setiap gerakan harus ada pemanasan. Hal ini untuk mencegah cedera otot dan kerusakan fisik yang berlebih. Cobalah untuk berjalan santai sambil meregangkan tangan kamu.

Lakukan selama 5-10 menit agar otot kamu kencang dan siap berolahraga. Pastikan juga dalam segi lingkungan juga membantu. Cobalah untuk pemanasan di tempat yang nyaman.

Jika kamu push up di indoor, pastikan ada tikar yoga agar mengurangi cedera tangan. Jika dilakukan di outdoor, pastikan untuk permukaan halus dan/atau menggunakan sarung tangan.

 

3. Modifikasi Push Up bagi Pemula

Sebenarnya, bagi pemula, tidak semua bisa push-up dengan benar karena kekuatan ototnya belum maksimal. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan otot? Cobalah untuk memodifikasi push up agar terlihat mudah.

Salah satu caranya adalah wall push up. Apa itu? Salah satu modifikasi push up yang mana menggunakan tembok sebagai permukaan push up kamu. Beberapa caranya yakni:

  • Tempelkan kedua telapak tangan di dinding dengan jarak selebar bahu di antara keduanya
  • Langkahkan kaki ke belakang sekitar satu sampai dua langkah sambil mempertahankan posisi tangan. Beri jarak antara kedua kaki yang sejajar dengan bahu.
  • Jangan lupa luruskan tubuh, berikutnya tekuk siku dan gerakkan tubuh atas secara perlahan ke arah dinding. Pandangan lurus ke arah tembok. Kaki tetap rata diatas permukaan.
  • Tahan posisi selama beberapa detik. Selanjutnya, gunakan tangan kamu mendorong tubuh ke belakang secara perlahan dan kembali ke posisi saat memulai.
  • Ulangi gerakan selama beberapa kali.

Selain itu, bagi kamu yang perempuan, bisa gunakan teknik push up yang bernama knee push up. Berikut caranya:

  • Posisikan tubuh mengarah ke tikar yoga dengan kedua tangan dan lutut yang berpaku di atas matras.
  • Sejajarkan kedua tangan di bawah bahu kamu lalu luruskan. Beri jarak nyaman antara tangan dengan lutut.
  • Tekuk siku secara perlahan dan turunkan dada kamu ke arah matras hingga hampir menempel. Pertahankan posisi selama beberapa detik dan rasakan konstraksi pada otot perut dan inti tubuh.
  • Tarik kembali dada kamu menjauh dengan perlurusan tangan kamu. Selanjutnya, kembali pada posisi semula.
  • Ulangi gerakan secara konsisten.

 

4. Latihan Rutin Push Up Dasar

Setiap latihan tidak akan maksimal jika dilakukan hanya sekali. Maka dari itu, kamu perlu melakukan push up secara teratur.

Latihan dasar push up umumnya dilakukan secara tiga set dengan pengulangan. Kamu bisa beristirahat di tiap setnya selama 30 detik. Untuk mengatur jadwal push up, kamu bisa meningkatkan jumlah repitisi setiap minggunya. Contohnya, kamu terbiasa push up sebanyak 10 kali dalam satu set. Cobalah untuk meningkatkan 20 kali dalam satu set.

Perlu diketahui, sebelum push up, pastikan pemanasan terlebih dahulu, seperti joging, bersepeda, atau lompat tali. Jika kamu terbiasa dengan push up, maka diperbolehkan untuk memvariasikannya dengan dumbell. Apakah tips kuat push up untuk tes fisik Tarnus ini membantumu?

 

Itulah beberapa informasi seputar tips kuat push up untuk tes fisik Tarnus. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi CS kami melalui laman resmi, ya. 

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus