6 Cara Menjadi Pribadi yang Tegas dan Berwibawa

Cara menjadi pribadi yang tegas

Bagaimana cara menjadi pribadi yang tegas dan berwibawa? Dalam SMA Taruna Nusantara, kamu wajib memiliki jiwa yang tegas dan disiplin, khususnya pada diri sendiri. Ditambah, sebelum memimpin orang lain, kamu juga wajib memiliki cara menjadi pribadi yang tegas dan berwibawa.

Pribadi yang tegas juga menjadi nilai penting untuk bergabung di SMA Taruna Nusantara. Dengan pribadi yang tegas, kamu telah siap untuk menempuh sekolah berbasis semi militer. Ditambah, kamu akan menjadi pribadi yang disukai, serta dapat diandalkan oleh angkatan kamu.

Lalu, bagaimana cara menjadi pribadi yang tegas dan berwibawa di SMA Taruna Nusantara? Berikut caranya!

6 Cara Menjadi Pribadi yang Tegas dan Berwibawa

Cara menjadi pribadi yang tegas

Pribadi yang tegas akan memberikan kenyamanan pada diri sendiri.

Sebagai calon siswa SMA Taruna Nusantara, pribadi yang tegas memberikan kesan bahwa kamu merupakan kandidat yang terbaik. Ditambah, ketegasan pada diri sendiri akan memberikan nilai plus dari PPDB SMA Taruna Nusantara. Jadi, bagaimana cara menjadi pribadi yang tegas dan berwibawa? Langsung simak poinnya, yuk!

 

1. Berani Berkata Tidak

Terkadang, ada faktor eksternal yang memengaruhi pribadi kita. Alhasil, kamu mungkin akan terjerumus dengan gaya hidup yang merugikan orang lain. Lalu, bagaimana cara menghadapi hal tersebut?

Cobalah untuk berani berkata tidak. Meskipun, ada orang yang tidak enak ketika berkata tidak kepada orang lain, justru hal itu bisa memperburuk situasi diri. Maka dari itu, kamu butuh pelindung atau tameng, yakni ilmu agama.

Agama akan menuntun kamu kepada jalan yang benar dan membedakan mana yang baik, serta jahat. Jadi, jika hal itu bertentangan dengan nilai agama, maka kamu harus berani berkata tidak. Meskipun begitu, cara penyampaiannya juga harus tegas dan sopan sehingga tidak mencela orang lain.

 

2. Disiplin Diri Sendiri

Bagaimana cara mendisiplin kan diri sendiri? Caranya adalah menegaskan pada diri sendiri untuk tetap dalam manajemen atau jadwal waktu yang sudah dibuat.

Salah satu cara manajemen waktu yang baik adalah menentukan skala prioritas yang berguna bagi diri sendiri. Sebagai seorang siswa, kamu akan dihadapkan dengan tugas sekolah, organisasi, atau kegiatan komunitas di luar kelas. Tentunya hal itu akan memberatkan jika tidak diiringi dengan manajemen waktu yang tepat.

Buatlah skala prioritas dengan 4 kuadran, yakni penting dan terdesak, penting dan tidak terdesak, tidak penting dan terdesak, serta tidak penting dan tidak terdesak. Masukkan beberapa kegiatan sesuai dari kuadran tersebut.

Contohnya, kamu memiliki tugas sekolah yang deadlinenya hari itu juga, maka masukkan kuadran pertama. Lalu, kamu ada pekerjaan organisasi yang deadlinenya diselesaikan minggu depan, maka masukkan kuadran ke-2. Lalu, ada panggilan dari ketua organisasi kamu di hari itu juga, maka masukkan kuadran ke-3. Lalu, ada kegiatan rebahan, maka masukkan kuadran ke-4.

 

3. Cobalah Menjadi Ketua Kelompok

Hal yang kecil dalam bentuk leadership dan tegas pada diri sendiri adalah menjadi ketua dalam suatu kelompok. Kelompok yang dimaksud bisa kelompok belajar atau bermain. Dalam hal ini, kamu menjadi ketua dengan beberapa anggota.

Bagaimana cara kamu aktif dalam kelompok dan berkoodinasi pada anggota? Hal itu akan mengukur cara menjadi pribadi yang tegas dan berwibawa kamu. Pastikan sebagai ketua kelompok, kamu bisa menentukan cara kepemimpinan kamu.

Diketahui, ada beberapa jenis kepemimpinan, seperti otoriter, demokratis, laisez faire, dan lain-lain. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

4. Bijak dalam Mengambil Keputusan

Dalam bertindak, kamu harus tahu bahwa ada risiko yang harus diambil. Maka dari itu, bijak dalam mengambil keputusan, khususnya pada diri sendiri adalah faktor yang penting sebagai pribadi yang tegas.

Sebagai siswa, kamu akan dihadapkan beragam pilihan, entah menjadi siswa aktif dalam kelas atau siswa aktif di luar kelas. Ketika kamu mengambil keduanya, mungkin ada kelebihan dan kekurangan.

Kamu tidak bisa optimal di salah satunya. Alhasil, kamu akan merelakan pilihan tersebut menjadi yang kurang maksimal. Pastikan, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan di setiap keputusan yang akan kamu ambil, ya. 

 

5. Bersikap Profesional

Profesional tidak hanya pada kalangan pekerja, melainkan juga pada siswa. Bagaimana cara siswa bersikap profesional? Kamu harus tahu situasi mana yang dibutuhkan cara penyelesaian yang serius dan situasi mana yang perlu hiburan.

Pisahkan dan beri batasan antara hubungan pertemanan dan pekerjaan atau tugas di sekolah. Ketika kamu memberikan keseriusan pada tugas sekolah, maka beri batasan candaan yang merugikan dan memakan waktu.

Jangan sampai tugas sekolah kamu lalai karena kamu sibuk menggibah atau bermain bersama teman. Pastikan, bersikap profesional di kelas ataupun di luar kelas.

 

6. Punya Prinsip

Apa prinsip kamu dalam sekolah di SMA Taruna Nusantara? Prinsip akan menuntun kamu sebagai pribadi yang tegas. Contohnya, prinsip kamu menjadi taruna sejati dan aktif sebagai lulusan terbaik di SMA Taruna Nusantara.

Bagaimana cara kamu mewujudkan prinsip tersebut? Tentu harus ada pijakan dan pemikiran yang bisa menuntun hal itu. Dengan adanya prinsip, kamu akan menghargai nilai-nilai kehidupan pada diri sendiri dan masyarakat.

 

Itulah beberapa cara menjadi pribadi yang tegas dan berwibawa. Jangan sampai kamu kalah dengan pengaruh orang lain, serta lingkungan luar. Bawa dirimu sebagai pribadi yang tegas dan berwibawa, ya

× Coba GRATIS Simulasi Ujian Masuk Tarnus